51 Tips Aman Traveling Pakai Mobil Setelah Pandemi COVID-19

tips traveling pakai mobil

Pasca pandemi COVID-19, tren pariwisata diprediksi berubah. Diprediksi bahwa akan terjadi pergeseran dari traveling jarak jauh menjadi mikro traveling, perjalanan domestik, dalam kelompok kecil atau solo traveling. Pemerintah Indonesia saat ini juga fokus kepada proses pemulihan pariwisata seperti melakukan kegiatan yang terkait dengan peningkatan standar kebersihan, kesehatan dan keselamatan.

Perjalanan darat atau traveling menggunakan mobil pastinya akan semakin menjadi tren karena memungkinkan pelancong bisa menjelajahi setiap daerah, dengan fleksibilitas dan otonomi total terhadap privasi dan keamanan selama traveling.

Sekarang kan sudah akhir tahun, sebagian dari kita mungkin ingin menyalurkan hasrat jalan-jalan dengan pergi bersama teman atau keluarga, setelah sekian bulan tidak kemana-mana. Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu membuat perjalanan darat dengan mobil pribadi menjadi lancar dan berkesan:

Tips Saat Membuat Rencana Traveling Pakai Mobil

  1. Begitu sudah memutuskan tujuan liburan, hal pertama yang harus kalian lakukan adalah menandai rute dan peta yang akan memberi gambaran kasar berapa lama waktu mengemudi dan apa saja yang akan dilalui.
  2. Ingatlah untuk memeriksa kondisi cuaca di tempat tujuan, karena beberapa tempat biasanya punya kondisi alam yang berbeda di waktu-waktu tertentu, sehingga tentunya kalian butuh persiapan.
  3. Memiliki rencana fleksibel. Cari tahu tempat menarik yang bisa sekaligus dilihat saat melewati rute perjalanan, bahkan tidak ada salahnya juga sih kalau berbelok sedikit. Mumpung menyetir sendiri, tak ada halangan untuk explore kan?
  4. Bila kalian akan menempuh perjalanan yang cukup lama di jalan, mungkin lebih dari dua belas jam, maka rencanakan untuk dapat beristirahat pada malam hari. Lakukan reservasi hotel terlebih dahulu ya.
  5. Jangan lupa juga untuk langsung melakukan booking hotel di tempat tujuan, terutama kalau berliburnya pas peak season atau di long weekend. Jadi kalian akan lebih nyaman begitu tiba tinggal masuk kamar.
  6. Sebelum memutuskan untuk liburan dengan mobil, pastikan juga untuk mengecek ulang tujuan perjalanan, apakah rutenya aman untuk perjalanan darat.
  7. Ini penting. Servis dulu mobil kalian sebelum berangkat untuk memastikan mobil dalam keadaan baik. Periksa oli mesin, aki, penunjuk dan tangki bahan bakar, AC, tekanan ban, lampu-lampu, dan lain sebagainya.
  8. Jangan sampai ketinggalan ban serep, lalu peralatan ganti ban dan pompa untuk emergency.
  9. Sediakan car charger adapter dengan multi port untuk mengakomodir kebutuhan pengisian daya perangkat para penumpang.
  10. Menyetirlah demi keselamatan dan kenyamanan. Pertahankan kecepatan sedang, tak perlu terburu-buru karena tempat tujuan tak pernah lari. Kalau bisa hindari rute dengan jalan rusak.
  11. Saat memuat barang bawaan ke mobil, letakkan koper pakaian atau tas dengan barang-barang yang tak terlalu urgensi dibutuhkan di bagian belakang. Kemudian barang-barang yang akan sering diperlukan di perjalanan, seperti botol air, makanan ringan, tas perlengkapan ibadah, bantal, kamera, harus berada dalam jangkauan.

Baca juga: Mau Liburan Tapi Malas Packing? Cuma Butuh 3 TIPS PACKING ini.

Tips Saat Packing untuk Traveling Pakai Mobil

  1. Persiapan pertama packing adalah memastikan semua dokumen penting lengkap dan masih berlaku, seperti KTP, SIM, STNK, dan kartu asuransi kesehatan.
  2. Packing light. Meskipun naik mobil sendiri bukan berarti harus membawa barang sebanyak mungkin. Akan lebih nyaman buat penumpang dan akan lumayan menghemat bakan bakar bila mobil tidak kelebihan muatan.
  3. Siapkan tas menginap. Kalau kalian akan menghabiskan beberapa malam menginap di perjalanan darat, lebih baik siapkan tas khusus ini, lengkap dengan toiletries, pakaian ganti dan pakaian tidur.
  4. Packing juga perlengkapan untuk kondisi darurat, seperti kotak P3K, segitiga pengaman, air bersih, selimut, senter. Bahkan bila memang kalian akan pergi mengeksplor tempat yang cukup terpencil, tak ada salahnya membawa bahan bakar cadangan
  5. Siapkan juga perlengkapan bersih-bersih dalam tas khusus untuk kebutuhan di perjalanan. Tisu basah, tisu kertas, kantong sampah, hand sanitizer, karet atau penjepit bungkus makanan, dll.
  6. Sediakan air minum yang cukup untuk semua orang di mobil. Beli stok agak banyak, agar semua tetap terhidrasi.
  7. Agar tidak bosan di perjalanan, bawalah makanan ringan yang cukup untuk semuanya. Roti, kacang, buah, adalah snack yang cocok untuk mengganjal perut cukup lama sebelum sampai di tempat tujuan.
  8. Bawa juga uang tunai yang cukup, dengan beberapa pecahan. Siapkan juga beberapa kartu e-toll dengan saldo yang cukup, untuk menghindari salah satu kartu rusak atau terjatuh entah di mana.
  9. Bawa juga bantal kecil dan selimut, bila sewaktu-waktu butuh istirahat di rest area jadi lebih nyaman
  10. Persiapan playlist lagu-lagu favorit untuk di perjalanan.

Tips Saat Sudah Memulai Perjalanan Darat dengan Mobil Pribadi

Bukit Holbung Samosir

  1. Karena kalian akan mengandalkan GPS, pastikan sudah mendownload peta (offline maps) agar tidak tersesat ketika mendadak sinyal seluler hilang.
  2. Meski mengandalkan GPS, kalian juga tetap harus rajin bertanya pada orang sekitar yang lebih tahu lapangan, kondisi jalan dan situasi.
  3. Mengambil jalan alternatif atau perkampungan mungkin akan sedikit memperlambat waktu tempuh, tapi keuntungannya adalah kalian bisa melihat pemandangan spesial dan bertemu penduduk tempat.
  4. Selamat melewati rute perjalanan, nikmati dan jelajahi tempat kuliner yang paling direkomendasikan oleh penduduk sekitar.
  5. Makan secukupnya dan perbanyak serat. Makan terlalu banyak bisa menyebabkan perut tidak nyaman selama perjalanan, bahkan bisa menyebabkan kantuk datang. Maka lebih baik makan secukupnya, dan penuhi lambung ketika sudah sampai di hotel untuk beristirahat.
  6. Beristirahat setiap beberapa jam. Minimal tiap 3 jam berhenti sebentar untuk merenggangkan kaki dan juga memeriksa kembali rute perjalanan.
  7. Bergantian mengemudi dengan penumpang lain juga bisa dilakukan agar tidak kelelahan. Sebelum berangkat, tentunya sepakati dulu shift menyetir dengan rekan semobil.
  8. Road trip memang lebih efektif bila dilakukan sebelum jam sibuk atau sesudah jam sibuk, maka mulailah perjalanan sepagi mungkin untuk menghindari kemacetan. Namun sebaiknya hindari melakukan perjalanan malam, apabila kalian kurang yakin dengan keamanan rute perjalanan atau juga karena tak yakin dirimu kuat menahan kantuk pada malam hari.
  9. Siapkan spare time! Kadang ada saja kejadian di luar rencana, seperti mendadak ada rekomendasi tempat bagus dan kalian harus memutar balik keluar dari rute. Tak masalah, nikmati ajalah!
  10. Menyiapkan aktivitas atau permainan yang menyenangkan untuk di perjalanan, sehingga semua penumpang bisa senang dan terselamatkan dari kebosanan.
  11. Bila melakukan perjalanan bersama anak-anak, maka bawalah buku mewarnai, buku seek and find, atau film favorit yang sudah didownload offline di gadgetnya.
  12. Bila ingin jalan darat dengan teman, pilihlah teman yang cocok dan sepemahaman, karena kalian pasti butuh mood booster dan rasa nyaman selama perjalanan.
  13. Traveling dengan mobil idealnya adalah isi kendaraan tidak terlalu full atau padat agar semua penumpang merasa nyaman dan tak mudah capek.

Baca juga: Tips Agar Anak Tidak Bosan Dalam Perjalanan

Tips Agar Aman selama Perjalanan Darat Menggunakan Mobil

  1. Jangan sepelekan tidur. Pastikan kalian cukup tidur sebelum melakukan perjalanan. Dan ingat selalu bahwa ini adalah perjalanan jauh, jadi kalian mesti pastikan mengemudi dengan aman dan efisien.
  2. Dalam perjalanan darat, kalian harus mengetahui batasan mengemudi dan bagaimana gaya mengemudi yang pas. Kita tidak kenal rute, bahkan tidak tahu sejauh mana jarak tempuh kecuali apa yang dikatakan oleh GPS, karena itu mengemudilah dengan aman, tidak terburu-buru, dan patuhi navigasi.
  3. Selalu waspada. Menyetir di rute yang bukan dalam wilayah jajahan kalian berarti harus ekstra konsentrasi dan waspada. Bukan tak mungkin ketika melintasi hutan ada binatang yang melintas. Dan yang utama adalah ekstra waspada pada pengemudi lain yang agresif. 
  4. Jangan menepi di tepi jalan yang gelap tanpa penerangan, apalagi di jalan tol. Kecuali dalam kondisi darurat. Usahakan mencari rest area terdekat demi keamanan.
  5. Setiap kali berhenti di rest area, pastikan tidak meninggalkan barang-barang berharga di dalam mobil. Namun bila terpaksa harus ditinggal, pastikan barang tidak diletakkan di tempat yang mencolok.
  6. Bila kalian mengantuk berat dan ingin tiduran dalam mobil, pastikan untuk mematikan mesin dan membuka sedikit kaca jendela. Jangan tidur dengan kondisi mesin mobil menyalan dan semua tertutup rapat karena penumpang bisa keracunan CO2.
  7. Bila bepergian dengan anak-anak, maka pastikan untuk mengaktifkan child lock pada pintu.
  8. Rajin-rajinlah memberitahu teman atau keluarga posisi kalian ada di mana.

Tips Tetap Sehat saat Traveling Pakai Mobil

  1. Pastikan kalian melakukan disinfeksi pada mobil, sebelum memulai perjalanan. Bawa juga cairan disinfektan spray yang bisa disemprot setiap kali kalian turun dari mobil.
  2. Jangan terlalu sering mampir ke tempat keramaian.
  3. Waspada di fasilitas umum. Saat mampir ke SPBU atau ke rest area, harus ekstra waspada saat menggunakan toilet atau ke minimarket.
  4. Cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer setiap kali kalian selesai bersinggungan dengan permukaan yang juga disentuh banyak orang. Seperti misalnya setelah uang cash, kartu, meja kasir, mesin edc, termasuk juga pintu mobil.
  5. Selalu mengenakan masker saat keluar dari mobil atau ketika harus berinteraksi dengan orang lain di perjalanan
  6. Jangan makan sembarang tempat. Makanlah hanya di restoran yang bersih, dan yang menyediakan minuman botolan.
  7. Saat membooking hotel, cari hotel yang menerapkan protokol pencegahan COVID-19. Lalu gunakan juga disinfektan spray untuk menyemprot kamar demi rasa nyaman.
  8. Perjalanan jauh pastinya butuh stamina fit. Rutinlah mengonsumsi vitamin dan perbanyak minum air putih.
  9. Ingat selalu pentingnya menjaga jarak dengan orang lain. Jangan mengabaikan protokol kesehatan, dan jangan segan pula untuk mengingatkan orang lain.

Itu dia sedikit tips tentang bagaimana mempersiapkan perjalanan darat yang aman dan berkesan. Tentu saja selain tips di atas, kalian juga jangan lupa untuk bersenang-senang dan menikmati setiap momen saat traveling dengan mobil. Perbanyak mengambil foto, perbanyak berinteraksi dengan sesama penumpang, agar perjalanan menjadi penuh kesan.

-zd-

 

Sharing is Caring

by

About Zizy Damanik Passionate in traveling, photography, and digital content. I have a professional experience as a digital marketer and social media strategist at Telco and OTT. Drop your email to zizydamanik22@gmail.com to collaborate.

One thought on “51 Tips Aman Traveling Pakai Mobil Setelah Pandemi COVID-19

  1. Pingback: Bukit Gajah Bobok, Tempat Wisata di Merek, Kabupaten Karo | Life & Travel Journal Blogger Indonesia

Comments are closed.