5 Tips Agar Anak Tidak Bosan Saat Perjalanan

Spread the love

tips agar anak tidak bosan saat traveling

Saat traveling dengan keluarga, baik itu dengan kereta api, jalan darat dengan mobil, atau naik pesawat, semua orangtua pasti pernah mengalami momen mendengar satu kalimat yang paling ditakuti dari anak, “Bosan, Ma.” Dan mungkin di dalam hatipun Anda juga merasakan kebosanan tapi tentu tak mungkin berkata terus terang di depan anak-anak kan?

Dalam postingan kali ini saya telah membuat daftar cara agar Anda bisa menghilangkan kebosanan selama perjalanan baik untuk Anda dan juga anak-anak Anda. Daftar ini mengacu pada pengalaman saya pribadi melakukan perjalanan dengan anak saya dan juga para keponakan.

Cuz mulai!

Cara Menghilangkan Kebosanan Anak di Perjalanan

SIAPKAN KEJUTAN

Kejutan apa ya maksudnya? Ketika saya bepergian dengan anak-anak, saya selalu tak lupa memasukkan beberapa benda yang akan menjadi kejutan buat anak-anak, yang saya simpan di tas saya dan juga di dalam tas mereka. Biasanya saya mengisinya dengan buku, mainan, atau benda kecil yang bisa mereka pakai untuk jadi lebih kreatif dan bisa menghilankan rasa bosan selama traveling.

Anak saya Vay, dulu sering saya kasih kejutan buku sticker baru! Hanya dengan merobek plastiknya aja dia udah senang banget, hilang sudah bosannya. Bila Anda naik pesawat, agar anak jadi lebih nyaman di pesawat, boleh juga mencoba menitipkan kejutan kecil itu melalui pramugari. Anak kita pasti langsung merasa semakin spesial, dan rasa gundah serta bosan bisa hilang.

BIKIN TRAVEL JOURNAL

Memulai perjalanan dengan buku catatan baru baik lho buat kita, kita jadi terbiasa menghabiskan waktu entah itu saat di perjalanan, atau saat istirahat di hotel dengan membuat dokumentasi perjalanan. 

Beberapa tahun terakhir ini anak saya Vay suka membawa diary, atau lebih tepatnya sebuah buku tulis cantik yang dia beli, dan dipasangkan dengan pulpen cantik juga. Saya biasanya memintanya menulis apa saja yang dia lakukan setiap hari, namun saya tidak memaksanya. Kalau dia memutuskan untuk merangkumnya keesokan harinya, atau nanti saat pulang ke rumah (!) tak masalah, karena yang penting adalah dia tetap bisa membuat jurnal perjalanan dia. 🙂

Kalau saya biasanya menulis sedikit catatan langsung di laptop atau di ponsel, maklumlah tangan sudah tidak terbiasa menulis, lelah. LOL. 

BAWA PERMAINAN NON DIGITAL

Anak saya paling suka main kartu! Itu sebabnya setiap kali bepergian saya selalu menyiapkan kartu, juga permainan papan. Pertama kali mengajarkan anak-anak (Vay dan para keponakan saya) main kartu itu di Medan, setelah itu selama beberapa hari mereka terus menghabiskan waktu dengan bermain kartu. Rasa puas saat menjadi pemenang atau rasa penasaran karena kalah, berhasil mengatasi kebosanan mereka.

Ada juga permainan scrabble yang suka saya kasih ke anak saya,  sekaligus untuk melatih kosa kata. Jenis permainan scrabble ini macam-macam, misalnya kalau buat anak yang lebih kecil, bisa pakai buku bergambar, seperti “Seek and Find” seperti berikut ini. Kita harus mencari dan menemukan kata yang diminta di antara gambar. Menarik dan ternyata tidak mudah!

seek and find book

Permainan lain yang bisa dibuat tanpa harus mengeluarkan banyak budget adalah permainan tebak nama, entah nama buah, nama makanan, sampai judul film. Cukup menggunakan kertas yang sudah ditulis dan digulung, dan anggota dibagi perkelompok. Permainan ini dulu pernah saya jadikan salah satu game untuk para creator telco yang saya bawa jalan ke luar kota.

Bermain petak umpet juga adalah favorit anak-anak. Biasanya kami memainkan ini di Rumah Siantar, karena ada begitu banyak pintu dan akses yang bisa digunakan anak-anak untuk bersembunyi.

ISI GADGETNYA DENGAN VIDEO, MUSIK DAN GAME TERBARU

Anak jaman now tentu tak bisa lepas dari gadget. Tak apa membiarkan anak sedikit bersenang-senang dengan tabnya, asal tidak berlebihan. Untuk anak yang lebih kecil, lengkap tabletnya dengan games terbaru yang bisa menghilangkan kebosanannya selama di jalan, misalnya perminan dress up yang bisa dimainkan offline saat di pesawat. Anak-anak yang lebih besar bisa dibekali permainan seperti Roblox atau Among Us yang memungkinkan mereka bermain di server yang sama, jadi perjalanan dengan mobil atau kereta tidak akan terlalu terasa membosankan. 

Baca juga: Top 10 Roblox YouTubers That You Should Watch and Subscribe

Download juga video-video favorit anak, agar sewaktu-waktu dia bisa menonton tanpa harus repot mencari sinyal. Anak-anak yang sudah lebih besar biasanya juga membutuhkan playlist baru di gadgetnya. Ingatkan untuk mengunduh offline, dan berikan anak Anda headset baru yang akan membuatnya senang selama perjalanan.

MAKANAN RINGAN

Liburan itu sama dengan memberi sedikit kelonggaran pada makanan. Jadi selain menyediakan beberapa cemilan sehat yang bisa dimakan saat perjalanan, beberapa snack yang katanya banyak penyedap rasa juga saya sediakan. Namun saya memberikan batas pada anak dan juga keponakan saya, berapa banyak yang boleh dihabiskan.

Kalau di perjalanan, misalnya di pesawat, di kereta, atau saat lagi jalan kaki di tempat wisata, saya menghindari memberikan mereka coklat (selain bisa bikin sakit perut juga bisa belepotan). Saya memilih menyediakan pisang dan jeruk. Susu UHT juga jadi pilihan. Begitu sudah sampai di hotel, atau di rumah kerabat, baru koleksi makanan ringan keluar. Stok susu UHT, es krim, biskuit, keripik, kacang, semua harus ada. Sesekali saya keluar membawa anak-anak ke minimarket agar mereka bisa belanja snack sendiri. Percaya deh, mereka akan senang sekali bisa membelanjakan uang yang diberikan dengan semuaaa kesukaan mereka.

snack buat bekal perjalanan

Traveling dengan anak memang tidak gampang, tapi juga sangat menyenangkan, karena actually kita sebagai orangtua jadi banyak belajar kan? 🙂
Salam saya,
-ZD-

by

About Zizy Damanik Passionate in traveling, photography, and digital content. I have a professional experience as a digital marketer and social media strategist at Telco and OTT. Drop your email to zizydamanik22@gmail.com to collaborate.

2 thoughts on “5 Tips Agar Anak Tidak Bosan Saat Perjalanan

  1. Mainan yg mereka suka itu yg paling srg aku sediain kalo sdg dlm perjalanan jauh :D. Kalo si kaka LBH gampang Krn dia udh terbiasa traveling jauh, dan skrpun udh agak gedean.

    Tp adeknya yg masih 4 THN rada effort sih :p. Kdg masih suka mainan A, tp ntr bisa aja dia bosen sekejap mata. Jd memang hrs sediain banyak alternatif :p. Kalo sdg jalan darat sih, aku biasanya brenti dulu di rumah makan, swalayan ato tempat dgn view bgs. Jd mereka bisa happy dan lemesin kaki :D.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *