Menginap di Hotel Bersama Anak? Cek Panduannya Ya!

Spread the love

Tips menginap di hotel bersama anak

Baru saja long weekend ya, habis liburan ke mana saja? Saya nonton berita ternyata hampir tempat wisata penuh oleh pengunjung, semoga semua tidak melupakan protokol pencegahan COVID-19 ya.

Namun selain berlibur ke tempat wisata, sebenarnya long weekend pun tetap bisa dipakai untuk menginap di hotel bersama keluarga. Terutama buat anak-anak, tidak melulu harus dibawa ke tempat wisata, karena menginap di hotel pun bisa menyenangkan.

Sebelum mengajak anak menginap di hotel, ketahui dulu beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih hotel yang cocok dan nyaman buat anak. Apa saja tips menginap bersama anak di hotel biar liburan lebih seru dan nyaman? Saya membuat beberapa panduan singkat ini berdasarkan pengalaman saya menginap di hotel bersama anak dan para keponakan.

Panduan Memilih hotel

Cari hotel yang dekat dengan tempat wisata

Orang tua harus memasukkan ini sebagai tips pertama bila akan mengajak anak berlibur di hotel, yaitu mencari hotel yang berjarak dekat dengan tempat wisata yang akan dikunjungi nanti.

Karena itulah, sebelumnya orang tua mesti menentukan lokasi wisata mana saja yang ingin dikunjungi bersama anak, termasuk juga untuk transportasinya nanti. Sangat tidak disarankan untuk memilih hotel yang jaraknya jauh dari tujuan wisata, sebab anak-anak biasanya cepat bosan dan kelelahan bila terlalu lama di perjalanan. Misalnya kita berencana untuk membawa anak berwisata di Seaworld Ancol, maka tentunya harus mencari hotel yang dekat dengan Ancol.

Seaworld Ancol

Baca juga: Tips Mencari Hotel Murah untuk Liburan

Pilih hotel yang menyediakan sarapan

Saya selalu memasukkan fasilitas sarapan sebagai kriteria kedua hendak menginap bersama anak di hotel. Untuk orang tua yang anaknya sangat picky soal makanan, memang selain membawa makanan sendiri, makan sarapan di hotel bisa jadi pilihan yang aman, sebab biasanya hotel menyediakan banyak pilihan makanan dan rasa, sehingga orangtua punya banyak pilihan untuk dicoba ke anak. Akan tetapi bila satu dan lain hal entah karena potongan harganya jadi lumayan orang tua memilih paket room tanpa breakfast, maka harus pikirkan juga bagaimana mencari tempat makan yang buka sejak pagi dan dekat dari hotel.

Namun trik lainnya bisa dicoba, yaitu membeli makanan siap saji dan bisa disimpan di lemarin pendingin di kamar. Esok paginya bisa dikeluarkan dalam suhu ruang, dan tinggal dinikmati.

Memilih hotel yang menyediakan fasilitas untuk anak

Setelah mendapatkan list hotel yang dekat dengan tujuan wisata, saatnya mensortir kembali dan mencari hotel yang memiliki fasilitas untuk anak. Fasilitas untuk anak itu seperti taman bermain, kolam renang, ruang menggambar dan ruang membaca. Anak-anak akan senang bila tiba di hotel yang memiliki fasilitas yang bisa membuat mereka juga bisa puas bermain selain beristirahat. Pertimbangkan juga bahwa hotel memiliki kolam khusus anak, yang kedalamannya rendah dan memang untuk anak-anak.

Mencari hotel dengan fasilitas kolam renang bisa menggunakan situs penyedia layanan hotel seperti  PegipegiTiket.com atau Traveloka. Cari penawaran dari ketiganya mana yang terbaik.

Hotel dengan fasilitas kolam renang

Pilih tempat tidur dan kamar

Bila anak kita masih balita, maka saat memilih kamar perlu dipertimbangkan tipe kasur yang tersedia. Biasanya lebih aman bila anak tidur dengan orangtuanya di king bed, tapi kalau memang anak sudah cukup besar dan sudah terbiasa tidur di bed ukuran kecil (seukuran double bed), mungkin pilihan double beda tidak masalah.

Saya paling suka menginap di hotel yang memiliki fasilitas connecting room, yaitu dua kamar berbeda di hotel yang dilengkapi dengan pintu penghubung. Sangat cocok untuk yang menginap beramai-ramai, baik yang membawa kakek-neneknya, atau yang membawa banyak anak, seperti saya yang menginap dengan para keponakan.

Punya fasilitas air panas dan pemasak air

Rasa-rasanya hampir semua hotel yang punya fasilitas kolam renang tentunya kamarnya juga memiliki fasilitas air panas. Fasilitas air panas memang penting bila kita membawa anak dan bayi menginap di hotel, karena anak-anak lebih gampang tidur bila sudah dimandikan dengan air hangat.  Apalagi kalau sudah habis berenang tentunya badan lebih segar dan enak ketika sudah mandi air hangat atau mencuci tangan dan wajah dengan air hangat ketika malam tiba.

menginap di hotel bersama anak

Selain itu, alat pemasak air panas atau termos listrik juga sebaiknya masuk kriteria, ini sangat berguna untuk membuat bubur bayi atau juga membuat susu buat anak.

Baca juga: Bawa Starter Pack Traveling Ini Kalau Mau Liburan di Era New Normal

Persiapan Sebelum Menginap: Perlengkapan

Bawa makanan dan minuman

Jangan mentang-mentang mau ke hotel lalu lupa bawa makanan dan minuman anak, ya! Membawa makanan dan minuman anak adalah wajib, ini akan menjadi penyelamat pertama ketika anak bosan dan lapar dalam perjalanan ke hotel. Ini pun seperti yang saya sebutkan di atas, kalau anak kita picky maka membawa makanan dan minuman kesukaannya adalah wajib.

Selain itu, saat tiba di hotel dan check in biasanya kita masih lelah dan mau istirahat sebentar sebelum keluar ke tempat wisata. Anak bisa menghabiskan beradaptasi dengan kamarnya sambil menikmati makanannya, ini sekaligus bisa menghemat pengeluaran ketimbang membeli makanan di hotel, sebab kita tahu harga makanan di hotel pastinya jauh lebih mahal.

Sekaligus mengingatkan juga, agar tidak lupa membawa tas belanja sendiri dan juga tumbler stainless sebagai botol minum anak yang ramah lingkungan.

Bawa mainan dan barang favorit anak

Satu lagi tips membawa anak menginap di hotel yang tak boleh dilupakan adalah membawa perlengkapan mainan dan barang favorit anak. Mungkin ada yang merasa ribet karena harus membawa banyak mainan, tapi tentu saja tak perlu semua dibawa. Kalau dibawa semua sama saja pindahan dong.

Sortir dulu mana mainan favorit anak yang tidak pernah bosan dia mainkan. Misalnya, lego, boneka atau mobil-mobilan. Mainan dan barang kesayangannya bisa membantu anak merasa betah dan tidak rewel saat harus menginap di tempat baru saat traveling dengan orangtuanya. Anak yang lebih besar mungkin sudah sangat nyaman dengan tontonan di YouTube, karena itu orang tua juga harus memastikan bahwa tablet dan chargernya juga dibawa.

Nah, kalau ternyata hotel yang dipilih juga punya fasilitas taman dan trek olahraga yang luas atau letak hotel berdekatan dengan pantai seperti di Bali, tak ada salahnya membawa sepeda kecil atau otoped anak. Bisa istirahat, bermain sekaligus berolahraga.

Baca juga: Tips Liburan ke Bali dengan Keluarga

Jadi, sudah siap untuk membawa Si Kecil mau menginap di hotel? Semoga tips di atas membantu.

Salam,

-ZD-

by

About Zizy Damanik Passionate in traveling, photography, and digital content. I have a professional experience as a digital marketer and social media strategist at Telco and OTT. Drop your email to zizydamanik22@gmail.com to collaborate.

3 thoughts on “Menginap di Hotel Bersama Anak? Cek Panduannya Ya!

  1. Pingback: Pengalaman Menginap di Wyndham Casablanca Jakarta | Life & Travel Journal Blogger Indonesia

  2. Zam

    kalo memang tujuannya adalah staycation, sangat perlu untuk cek apakah hotel tersebut ramah anak atau tidak. namun jika misal hanya untuk tempat istirahat, apakah fasilitas seperti ini tetap dipikirkan? ?

    • Zizy Dmk

      Kalau sekadar istirahat mgkn kolam renang dll tidak terlalu urgent, tapi kamar yang nyaman dan restoran yang lengkap di hotel itu mesti ada. Biar bisa rileks bener2 dan tetap makan enak…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *