9 Cara Cari Hotel Murah Buat Liburan ala TehSusu.com

Katanya, karyawan yang gak pernah liburan adalah golongan orang yang merugi. Hahah… benar gak? Menurut saya benar. Bayangkan saja sudah harus kerja lima sampai enam hari seminggu, sering harus lembur sampai malam, baru merem eh sudah pagi dan harus ke kantor lagi. Belum lagi kena macet parah setiap hari.

Jadi, kalau sudah beberapa tanggal merah berdekatan atau saatnya musim liburan, ayolah luangkan waktu buat liburan. Karena refreshing memang perlu untuk mengurangi stress dan mengembalikan energi positif.

Tips Mencari Hotel Murah untuk Liburan

Tapi, keuangan lagi agak ketat nih. Oke, memang yang namanya traveling atau liburan, tentu ada pengeluaran wajib yang biasanya bikin dompet sedikit koyak. Yaitu biaya akomodasi. But, berdasarkan pengalaman saya, biaya akomodasi atau menginap bisa kok agak ditekan selama kita tahu cara cari hotel murah namun juga berkualitas.

tips mencari hotel murah

Di bawah ini beberapa tips yang bisa dicoba untuk berburu hotel murah:

1. Pilih waktu liburan yang tepat

Hindari memesan kamar hotel saat high season, sebab di hari libur termasuk long weekend, permintaan kamar hotel biasa tinggi. Jadi otomatis harga kamar juga ikut naik. Coba cari kamar untuk hari biasa, pasti lebih santai karena di saat orang lain kerja, kita sudah liburan. Boleh juga cari-cari kamar saat low season, sebagai contoh di bulan Januari dan Februari.

Jangan ragu untuk cuti satu dua hari dari pekerjaan. Berlibur saat low season justru menyenangkan karena tidak terlalu ramai oleh wisatawan. Mau santai-santai di pool hotel seharian, bebas. Mau jalan ke tempat wisata juga enak, karena tidak akan terlalu berdesak-desakan dibanding saat high season.

2. Pilih Hotel Baru

Hotel baru biasanya suka kasih harga promo untuk menarik pelanggan baru. Selain harga kamar yang relatif murah dari hotel lain, suka ada bonus lainnya seperti voucher diskon spa yang bisa kamu gunakan begitu tiba di hotel.


Baca juga: Kalau ke Bandung, Enaknya Nginep di Mana ya?


3. Beli paket hotel

Ini termasuk yang cukup sering saya lakukan. Yaitu kalau berniat ke satu destinasi, saya suka cari paket tour wisata yang sudah sekaligus dengan akomodasi. Buat saya selain lebih praktis karena tak usah repot cari satu-satu tempat wisata tujuan, juga jadi hemat dibandingkan pesan terpisah.

hotel murah berkualitas

4. Berburu harga murah di situs diskon

Sekarang ada banyak situs diskon atau situs promo di Indonesia yang bisa kalian intip untuk mencari produk apapun dengan harga miring.

Diskon kamar hotel salah satunya. Cuma butuh ketelitian saja untuk mengecek situs diskon mana yang menawarkan diskon kamar hotel yang murah.

5. Cari kupon potongan harga kamar hotel dari e-commerce

Semua orang pasti suka belanja online. Nah, biasanya setiap kali selesai belanja di e-commerce, kita suka dapat point reward kan? Secara reguler perusahan e-commerce ini akan mengeluarkan ragam kupon yang bisa diklaim pelanggan dengan poinnya. Kupon potongan harga hotel biasanya ada tuh.

Nah kamu harus rajin periksa apakah point kamu sudah cukup dan belum kadaluwarsa. Dan harus segera ditukarkan dengan kupon potongan harga sebelum kehabisan.

6. Manfaatkan Promo Kartu Kredit

Sekarang banyak hotel yang sudah bekerjasama dengan bank penyedia layanan kartu kredit. Lumayan kan, credit card kita bisa dipakai untuk dapat potongan harga. Belum lagi, kalau ternyata point reward dari kartu kredit kita bisa dipotong langsung ke diskon menginap. Wah, udah. Langsung ambil.

berburu hotel untuk liburan2

7. Pilih kamar tanpa ‘free cancelation’

Setiap kali mengintip harga kamar hotel, saya harus membaca dengan sangat telilit. Ada kamar hotel dengan pilihan bebas biaya pembatalan kamar, dan sebaliknya. Ini adalah opsi yang bisa dipilih.

Tapi sebenarnya, opsi ini berpengaruh terhadap harga kamar, lho. Jadi kalau kita pesan kamar tanpa fasilitas “free cancelation” yang artinya harus langsung dibayar begitu pemesanan selesai, itu harga kamarnya biasanya lebih murah ketimbang kamar dengan opsi free cancelation. Lumayan bisa dapat selisih harga 10-15%.


Baca juga: Tempat Terindah di Bali yang Bikin Jatuh Cinta


8. Coba cari hotel murah ke agen travel

Beli ke agen travel nanti sekalian ditawari paket tour? Ya gpplah itu biasa kan, namanya juga marketing. Nah travel agent sudah pasti punya kerjasama dengan banyak hotel, dan harga yang mereka dapat biasanya lebih murah daripada harga resmi di hotelnya. Di samping itu, suka ada diskon khusus juga buat travel agent buat mereka yang mau liburan, selain harga kamar murah mungkin bisa dapat diskon juga untuk harga sewa mobil.

Kalau kalian tidak sempat mendatangi kantor travel agent, bisa pesan kamar hotel secara online ke travel agent kok. Begitu buka situs travel agent, biasanya suka ada pop up Chat Box yang keluar. Tinggal menyampaikan saja apa yang dicari.

9. Tanyakan harga khusus langsung ke Hotel

Jangan ragu untuk menelepon hotelnya dan menanyakan deals yang sedang berlangsung. Biasanya mereka akan menginformasikan dulu promo-promo dari kartu kredit. Tapi sekarang pihak hotel juga suka membuat paket menginap khusus dengan harga lebih murah dibandingkan memesan permalam. Paket menginap dari hotel pastinya lengkap, mulai dari makan pagi, makan siang dan juga makan malam.

Jadi bila kalian berencana menginap lebih dari semalam, coba diskusikan dengan pihak hotel, karena bukan tidak mungkin mereka akan kasih harga khusus yang lebih murah.

Gimana? Sudah gak sabar mau liburan? Ayolah langsung mulai hunting harga kamar murah dari sekarang.

-ZD-

by

About Zizy Damanik | A Passionate Traveler and Photographer | Coffee Lovers | Beach Addicted |

2 thoughts on “9 Cara Cari Hotel Murah Buat Liburan ala TehSusu.com

  1. Pingback: Cara Liburan Hemat di Singapura 2020 | Mom Travel & Photography Blog - Zizy Damanik

  2. Pingback: Tips Mencari Hotel untuk Staycation | Mom Travel & Photography Blog - Zizy Damanik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.