9 Cara Liburan Hemat di Singapura Tahun 2020 ala TehSusu.com

Spread the love

Saat mau menulis ini saya teringat kalau ternyata sudah lama juga saya gak main ke Singapura. Awal tahun lalu sempat ke sana bersama Nona Vay meski hanya dua hari satu malam, yang benar-benar kita pakai untuk city tour dan shopping. Untuk shopping, sebenarnya itu Nona Vay yang tiba-tiba ingin sekali beli stationery Smiggle yang memang kemarin belum ada store resminya di Indonesia. Baru kemudian gak lama akhirnya buka juga di Jakarta. Meskipun tentu saja koleksinya gak sebanyak di store aslinya, sih. Tapi lumayan menghibur buat para penggemar Smiggle.

Singapura memang negara yang sangat populer untuk mengisi liburan. Bukan hanya wisatawan Indonesia, tapi wisatawan mancanegara juga termasuk yang menjadikan Singapura penuh saat musim libur.

Selain wisata shopping, Singapura juga dikenal punya banyak wisata ramah keluarga yang bisa dikunjungi selain tempat wisata iconic yang dimiliki.

liburan ramah anak di singapura

Kalau untuk wisatawan Indonesia, memang Singapura ini selalu ada di urutan teratas, sebab sebagai negara tertangga yang dekat dengan Indonesia, tempat wisata di sana juga sangat memanjakan, dan juga bisa hemat.

Tapi, bagi yang baru berencana liburan ke Singapura untuk pertama kali, biasanya suka kurang yakin kalau kita itu bisa kok liburan hemat di Singapura. Nah, untuk menghilangkan keraguan itu, simak dulu tips berikut ya, biar tahun 2020 bisa liburan di Singapura.

Tips Liburan Hemat di Singapura

1. Pesan Tiket Pesawat saat Harga Murah

Samalah ini seperti membeli tiket pesawat untuk perjalanan ke luar negeri pada umumnya, harus pesan tiket jauh-jauh hari dan saat harga murah. Rajin-rajinlah buka situs penjualan tiket pesawat seperti Traveloka, karena beberapa airlines juga suka kasih potongan harga kalau pas off-season.

Kalau ada pameran agen perjalanan, juga biasanya ada diskon khusus tiket pesawat. Nah itu saatnya memesan tiket pesawat. Karena harga promonya bisa lumayan lho selisihnya dengan tiket pesawat reguler.

2. Pesan Kamar Hotel saat Masih di Indonesia

Setelah tiket pesawat kelar, lanjut deh hunting hotel atau penginapan. Ini lebih mudah karena dari situs booking online, kita bisa lihat segala jenis penginapan dengan fasilitas yang diinginkan dan sesuai kantong kita. Biasanya suka ada promo khusus juga dari hotel atau penginapan buat yang ingin liburan. Bisa saja beruntung dapat promo diskon hingga 60%.

Tidak perlu mencari hotel bintang 4 atau bintang 5, justru di Singapura ada banyak hotel murah, apartemen hingga hostel. Kalau pesannya sebelum dekat hari H, kalian bisa dapat promo juga.

Rekomendasi hotel dan penginapan yang terbilang murah ada di daerah Bugis, Little India, Lavender, Clarke Quay. Di tempat-tempat ini banyak tersedia hotel dengan tarif di bawah dua ratus ribu rupiah permalam. Ingat, pesannya harus jauh-jauh hari, saat masih di Indonesia.

3. Bawa Uang Tunai dan Bikin Catatan Maksimal Pengeluaran Perhari

Saya biasa membawa uang tunai yang cukup saat akan liburan ke Singapura. Membawa uang tunai jauh lebih efektif dibandingkan menggunakan kartu kredit atau kartu debit. Selain biar di sana tidak repot mencari ATM buat tarik tunai, nilai tukar kursnya juga sudah jelas.

Namun, meski demikian kartu kredit atau kartu debit tetap harus dibawa untuk berjaga-jaga, siapa tahu terjadi pengeluaran di luar rencana. Misalnya saat lagi liburan mendadak tidak enak badan sehingga harus berobat ke klinik di Singapura.

Bikin juga patokan maksimal cash yang akan dipakai untuk kebutuhan perhari di Singapura. Seharusnya ini sudah bisa dihitung sebelum berangkat ke Singapura. Biasanya ya untuk transportasi, makan minum, jajan-jajan kalau ada snack unik misalnya. Tetap harus dijatah ya biar bisa hemat.

4. Jalan-jalan di Singapura Pakai GPS atau Peta Saja, Gak perlu Pakai Tour Guide

Tips berikutnya biar liburan hemat di Singapura adalah tak perlu menyewa jasa tour guide. Cukup bermodalkan smartphone dan koneksi internet.

Untuk mencari informasi mengenai destinasi liburan di Singapura, sebelum sampai di Singapore sebaiknya sudah mulai browsing informasi, mana saja tempat yang bisa dikunjungi dalam jarak berdekatan. Sementara peta Singapura bisa diperoleh wisatawan ketika pertama kali mendarat di Bandara Changi.

5. Naik Transportasi Umum seperti MRT dan Hindari Naik Taksi

mrt china town

Yang membuat wisatawan suka berkunjung ke Singapura adalah transportasinya yang terintegrasi. Karena itu kalau kalian liburan ke Singapura maka harus mencoba transportasi publiknya. Jangan sampai naik taxi (soalnya jelas mahal banget) kecuali terpaksa.

Cobalah MRT, transportasi publik yang paling nyaman untuk dinaiki selama liburan di Singapura. Cukup beli kartu EZ Link sekali saja, yang bisa dipakai untuk naik MRT dan bus. Jelas akan berhemat banyak dibandingkan naik taksi.

6. Bawa Botol Minum Sendiri

Kalau baru pertama kali ke Singapura, jangan langsung tergoda untuk membeli air mineral dengan merk asal Indonesia. Harganya jauh lebih mahal dibandingkan merk lokal. Jadi biar lebih hemat, selama liburan di Singapura, biasakan membawa botol minum sendiri.

Di beberapa tempat wisata di Singapura juga disediakan layanan isi ulang minum secara cuma-cuma, seperti di stasiun MRT, taman, hingga Bandara.

7. Cobain Kuliner Lokal yang Murah

Jalan-jalan ke tempat baru pasti dong mau cobain kulinernya juga. Singapura punya banyak wisata kuliner yang tak kalah enaknya dengan kuliner Indonesia.

Tempat yang cocok untuk memilih kuliner dengan murah adalah Hawker Center, Food Junction, La Pa Sat, dan Orchard Road. Di tempat-tempat tersebut, kalian dapat menikmati makanan yang terjangkau namun lezat.

8. Memilih Tempat Belanja yang Murah

Nah ini yang paling menarik. Meski Singapura dipenuhi mall yang megah dan mentereng, tapi juga banyak tempat wisata oleh-oleh dengan harga yang bisa ditawar sedikit.

Rekomendasi buat cocok buat kalian yang mau belanja murah saat liburan di Singapura adalah Mustafa Centre, Bugis Street, dan Lucky Plaza, Chinatown, dan Geylang Gallery. Carilah souvenir, pakaian, aksesoris lucu sampai coklat, buat oleh-oleh.

hotel di china town singapura

9. Datangi Destinasi Wisata yang Murah atau Gratis

Untuk liburan hemat di Singapura, sebaiknya tentukan tujuan wisata yang murah atau bahkan gratis. Universal Studios Singapore (USS) sebagai salah satu wahana terpopuler di Singapura termasuk yang wajib dikunjungi kalau liburan di Singapura, apalagi kalau liburannya bersama anak dan keluarga.

uss singapore

Harga tiket masuk USS memang cukup mahal sih. Jadi saran saya memang siapkan budget khusus untuk ini. Dan sebaiknya juga terus mencari perkembangan informasi di internet karena USS sering ada promo juga.

Beberapa destinasi wisata gratis yang bisa dikunjungi antara lain Indoor Waterfall Changi Airport, Garden by the bay, Marina by Sand, Henderson Waves, Singapore Botanical Garden, dan yang terpenting adalah landmark dari negara Singapura, yaitu Merlion Park. Jadi bisa mengambil foto dengan latar belakang patung Merlion. Mumpung patungnya masih ada dan belum kena gusur, lho. Hehhee..

Nah itu dia beberapa tips liburan hemat di Singapura yang bisa diterapkan. Pada dasarnya kunci utama dari kesuksesan liburan hemat adalah merencanakan setiap detail pengeluaran secara matang. Setuju kan?

Selamat liburan hemat di Singapura Tahun 2020!


Baca juga:


-ZD-

by

About Zizy Damanik Passionate in traveling, photography, and digital content. I have a professional experience as a digital marketer and social media strategist at Telco and OTT. Drop your email to zizydamanik22@gmail.com to collaborate.

One thought on “9 Cara Liburan Hemat di Singapura Tahun 2020 ala TehSusu.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.