Butuh Refreshing? Staycation aja Yuk.

Akhir tahun memang identik dengan libur panjang dan saatnya rileks, santai sejenak dari rutinitas. Umumnya orang sudah punya rencana liburan jauh-jauh hari, tapi ya liburan mendadak juga boleh saja sih.

Liburan, memang jadi kebutuhan tiap orang. Baik orang dewasa yang sudah kerja setiap hari maupun anak sekolah juga butuh liburan. Semua aktivitas yang kita lakukan secara berkala memang bisa menimbulkan tekanan pada pikiran. Jadi liburan adalah salah satu cara untuk melepaskan penat. Setuju kan?

Pilih Vacation atau Staycation?

Jaman saya kecil dulu ya tahunya liburan ya liburan. Tapi sekarang perkembangan jaman mulai membedakan liburan jadi dua jenis. Yaitu vacation dan staycation. Apa sih bedanya?

Vacation.

Adalah kegiatan berlibur dengan melancong ke suatu destinasi wisata yang berada di luar kota atau luar negeri. Rangkaian aktivitas yang dilakukan saat vacation pastinya mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di sana. Ya seperti kalau kita tinggal di Jakarta lalu terbang ke Singapura, ke Seoul, atau ke Bali, itu disebut vacation.

Staycation.

Staycation, yang berasal dari kata stay dan vacation, kalau dilansir dari kamus Google artinya aktivitas berlibur di rumah atau di satu lokasi dengan hanya mengunjungi area yang tidak jauh dari tempat tinggal. Dengan kata lain, kita jadi turis di kota sendiri.

Aktivitas yang bisa dilakukan saat staycation contohnya mengunjungi museum, nonton event musik, rekreasi dan piknik ke taman, atau pergi ke pantai, termasuk menginap di hotel atau resort.

Konsep staycation yang sedang tren dan sangat populer di Indonesia adalah konsep menginap di hotel di daerah tertentu dan menghabiskan liburan tanpa bepergian dari hotel atau resort. Jadi benar-benar menikmati liburan hanya di hotel, seperti maraton nonton film, pesan room service untuk makanan, party pool, dan games-games lainlah yang mungkin saja disediakan hotel untuk yang staycation.

Nah, kalau memang kita hanya punya waktu liburan yang singkat, atau bajet liburan juga tipis karena baru saja liburan tengah tahun kemarin, atau tidak bisa escape jauh-jauh karena takut mendadak dipanggil bos (ini sih sedih kali, ya!), maka staycation bisa jadi alternatif liburan. Untuk poin terakhir, termasuk sering dilakukan mereka yang tinggal di Jakarta, sebagai solusi liburan singkat saat weekend biar fresh saat ngantor lagi.

Tips Mencari Hotel untuk Staycation

Pada umumnya, para penikmat staycation memilih hotel sebagai akomodasinya. Berikut ini beberapa tips mencari hotel untuk kalian kalau ingin melakukan staycation sebagai alternatif liburan.

tips mencari hotel untuk staycation

1. Memutuskan Lokasi Hotel untuk Staycation

Tips mencari hotel untuk staycation yang pertama adalah memutuskan lokasi. Lokasi menjadi target utama yang harus dilakukan ketika mulai merencanakan staycation. Lokasi hotel yang ideal adalah yang dekat dengan destinasi wisata tujuan.

Kalau saya, biasanya mencari lokasi hotel yang cukup dekat dengan tempat kuliner. Juga dengan mall, berjaga-jaga saja siapa tahu mendadak harus membeli sesuatu yang dibutuhkan saat staycation.

Lokasi Strategis untuk Staycation

2. Mengkondisikan Biaya Akomodasi dengan Budget

Meski hanya staycation, yang juga penting adalah menyiapkan budget yang cukup. Harus mulai menyisihkan dana jauh-jauh hari sebelum melakukan staycation.

Sebaiknya pun booking hotel jauh hari, karena biasanya biaya sewa kamar hotel akan jauh lebih murah. Pertimbangkan juga diskon dan promo yang ditawarkan oleh hotel tersebut. Penyedia layanan perjalanan wisata juga sering kasih harga khusus untuk harga kamar hotel, jadi penting juga untuk diintip.


Baca juga: Yuk Cari Hotel Murah Buat Liburan. Begini Caranya.


Biaya booking kamar hotel bervariasi satu sama lain, biasanya disesuaikan dengan fasilitas yang telah disediakan. Melakukan solo staycation tentu lebih murah dibandingkan dengan staycation bersama keluarga. Kalau ingin melakukan staycation bersama keluarga, maka pilihlah layanan hotel yang sedang melakukan promo khusus untuk penginapan keluarga.

3. Mencari Tahu Fasilitas Hotel

Selanjutnya adalah mencari tahu dan mempertimbangkan fasilitas yang disediakan hotel. Fasilitas hotel sangat berdampak pada kenyamanan dalam melakukan liburan. Staycation di hotel berarti sebisa mungkin tidak keluar dari hotel, jadi fasilitas yang disediakan oleh hotel misalnya kolam renang, tempat makan, atau taman sebaknya ada dalam lis fasilitas yang kita cari.

Jangan lupakan juga pentingnya fasilitas breakfast atau WiFi gratis. Breakfast termasuk perlu masuk dalam pertimbangan, karena bila kita liburan dengan keluarga, tidak perlu keluar pagi-pagi mencari sarapan.

Breakfast di hotel

Dan yang tidak kalah penting adalah, fasilitas kamar hotel. Kalau kita mau staycation bersama keluarga, maka luas kamar dan jumlah tempat tidur harus menjadi pertimbangan. Sekarang sudah banyak hotel yang menyediakan sampai 3 bed di dalam room, untuk mengakomodir liburan keluarga atau grup teman.

Kalau saya biasa mencari King Bed dengan tambahan satu single bed untuk liburan bertiga.

kamar luas buat staycation bareng keluarga

4. Baca Review dari Pilihan Hotel

Untunglah sekarang sudah jaman digital. Jadi kita bisa dengan mudah menemukan review hotel dari orang yang sudah pernah menginap di hotel tesebut. Biasanya saya melihat reviews dari aplikasi yang menjual layanan hotel, lalu kemudian saya juga baca dari Google Reviews apa saja kesan pelanggan mengenai hotel, baik dari pelayanannya hingga fasilitas yang disediakan.

5. Evaluasi atau Perbandingan Terhadap Keunggulan dan Kekurangan

Tips mencari hotel yang ini harus dilakukan setelah mencari tahu mengenai review hotel. Dari review tersebut, kita dapat mengevaluasi kekurangan dan kelebihan hotel pilihan.

Setelah mengevaluasi dan membandingkan keunggulan dan kekurangannya, kan akan mengerucut tuh jadi dua atau tiga besar rekomendasi. Nah saatnya memutuskan untuk memilih hotel yang mana yang cocok atau mungkin mau berubah pikiran beralih memilih hotel yang lain.

6. Mendiskusikan Hotel Pilihan

Memilih hotel buat staycation memang susah-susah gampang, sebab harus yakin bahwa ini adalah pilihan terbaik. Jadi kalau mau melakukan staycation bersama keluarga, maka sebaiknya segeralah mendiskusikan pilihan hotel dengan keluarga.

Kalau saya, misalnya mau staycation dengan keluarga, yang saya pastikan adalah anak saya juga suka dan setuju dengan pilihan hotelnya.

fasilitas pool di hotel

7. Lakukan Pemesanan Secara Online

Keuntungan melakukan pesan kamar hotel online adalah, bukan hanya memudahkan kita saat melakukan pembayaran dan dan kepastikan mendapat kamar hotel, tapi juga bisa untuk menggali informasi terkait hotel.

Mulai dari tingkat rating yang dimiliki hotel berdasarkan kepuasan pelanggan, budget untuk penginapan, serta fasilitas yang disediakan oleh hotel tersebut. Semuanya ada.

8. Cari Alternatif Akomodasi Selain Hotel

Akomodasi memang bisa jadi pengeluaran terbesar saat liburan jika tidak dikelola dengan baik. Tapi ya, meski kita selera akomodasi tiap orang beda-beda, ada satu kesamaannya: yaitu pengen dapat akomodasi dengan harga murah. Hahah…

Selain menggunakan hotel, masih banyak akomodasi lain yang bisa dipilih untuk staycation. Tips mencari akomodasi pada dasarnya sama saja dengan tips mencari hotel. Lokasi, budget, fasilitas, review, dan waktu adalah bagian dari tips mencari akomodasi untuk staycation secara umum.

Tips mencari akomodasi selain dari hotel untuk staycation, yang utama adalah mempertimbangkan budget yang kita sediakan. Alternatif yang bisa dipilih adalah Hostel, Apartemen, Homestay (Rumah Penduduk), atau Camping (berkemah).

Namun, dari semua akomodasi yang ada, akomodasi paling populer untuk kegiatan staycation adalah hotel.

Bagaimana? Daripada stress ya, bingung mau escape ke mana sementara gak punya jatah cuti cukup, kenapa gak coba staycation aja?

-ZD-

by

About Zizy Damanik | A Passionate Traveler and Photographer | Coffee Lovers | Beach Addicted |

One thought on “Butuh Refreshing? Staycation aja Yuk.

  1. Pingback: Cara Liburan Hemat di Singapura 2020 | Mom Travel & Photography Blog - Zizy Damanik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.