Liburan di Jakarta Enaknya ke Mana

Spread the love

Semoga belum bosan dengan tulisan serba liburan, ya. Memang sekarang sedang libur jadi saya menyempatkan menulis beberapa tulisan tentang tips liburan. Semoga berguna.

Hampir 13 tahun sudah saya jadi penduduk Jakarta. Teringat dulu ketika masih tinggal di Medan, kalau sudah ada dinas ke Jakarta pasti excited. Sudah langsung membuat itinerary khusus setelah training, kita mau ke mana saja.Biasanya belanja ada di urutan pertama. Soalnya dengan waktu luang yang sedikit, kuliner dan belanja adalah yang tercepat. Dan namanya juga orang daerah, apa yang kita cari adalah yang tidak ada di daerah kita.

Jadi ingat, saat bus Trans Jakarta baru beroperasi pertama kali, saya dan teman saya selesai training langsung naik dari Halte BI ke Mangga Dua. Mau belanja tas di sana. LOL.

Namun begitu sudah pindah ke Jakarta, eh ternyata saya tidak terlalu excited lagi kayak dulu. Mungkin karena sudah jadi rutinitas ya. Pagi buta bangun, ke kantor, lalu sore jelang malam baru pulang. Weekend juga maunya santai. Kalaupun mau keluar, carinya yang enak, mall juga. Hahaha…

Lalu saya pikir, kalau saya memang sudah jadi orang Jakarta maka sudah seharusnya saya mulai eksplor apa saja yang ada di Jakarta. Dan ketika mulai eksplor, rasa excited itu kembali. Ternyata ada terlalu banyak tempat di Jakarta ini yang harus banget dikunjungi, lho.

Tempat Wisata di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Sebagai salah satu kota metropolitan terbesar di Asia Tenggara, Jakarta memang tak pernah sepi. Selain jadi pusat pemerintahan, pusat bisnis, pusat kebudayaan, Jakarta juga berkembang pesat untuk bidang pariwisata. Ada banyak tempat wisata di Jakarta yang menarik untuk minta wisatawan mancanegara. Dari wisata sejarah, wisata permainan atau wahana, wisata pemandangan dan pantai, wisata kuliner sampai wisata belanja, semua lengkap di Jakarta.

Berikut ini beberapa tempat wisata yang cocok dipakai untuk menghabiskan waktu liburan di Jakarta.

1. Monumen Nasional (Monas)

Tempat wisata di Jakarta yang pertama yang harus dikunjungi adalah Monas yang menjadi ikon dari kota Jakarta. Lebih dari sekadar wisata edukasi sejarah, di Monas pun bisa melakukan banyak hal. Mulai dari naik kereta wisata, melihat air mancur, melihat dan memberi makan rusa, masuk ke museum Monas, menikmati karya seni rupa, sampai naik ke puncak Monas.

Bagi yang suka berolahrga, Monas juga punya fasiltas olahraga yang bisa dipakai, seperti lapangan futsal, lapangan basket, dan lapangan voli.

Tempat makan juga ada di daerah Monas. Jalan sedikit ke daerah parker IRTI, kita bisa menemukan makanan khas Jakarta, contohnya kerak telor. Harga berkisar Rp20RB – Rp30RB. Sekalian bisa beli souvenir khas Jakarta di sana.

Nah, akhir tahun ini di Monas juga ada video mapping, pertunjukan video yang diputar menyelimuti badan Tugu Monas. Dan akan ada sampai akhir tahun 2019.

2. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Tempat wisata di Jakarta yang bisa dibilang legend dan masih populer adalah Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Saat berkunjung ke TMII, kalian akan disuguhkan berbagai macam wahana menarik yang lengkap untuk anak-anak, kaum muda, dan orang tua.

Sebut saja kolam renang Snow Bay, Taman Among Puro, Taman Ria Atmaja, kereta gantung dan puluhan wahana hiburan lainnya. TMII juga menyediakan wisata edukasi untuk pendidikan anak.

Anak saya masih suka kalau diajak ke sini. Apalagi kalau naik kereta gantung, excited banget dia.

3. Taman Impian Jaya Ancol

Tempat wisata di Jakarta yang harus dikunjungi selanjutnya kalau liburan ke Jakarta adalah Ancol Dreamland atau Taman Impian Jaya Ancol. Ancol Dreamland telah banyak menarik minat wisatawan dari mancanegara. Bukan hanya karena tawaran wahana hiburan yang ada saja, tetapi karena letak Ancol Dreamland cukup strategis sehingga mudah dijangkau dari berbagai arah.


Baca juga: November Rain di Dunia Fantasi Ancol


Dunia Fantasi (Dufan) menjadi wahana bermain favorit di Ancol Dreamland. Mulai berdiri sejak tahun 1985, kini Dufan punya banyak wahana baru agar pengunjung tidak bosan. Wahana permainan yang paling saya suka waktu dulu ‘menjelajah’ Dufan adalah Halilintar, Gajah Bledud, dan Istana Boneka. Selain tiga wahana di atas, ada banyak wahana di dalam Dufan yang bisa dimainkan kok. HTM Dufan musim liburan ini ada di angka Rp375RB ya.

Dufan Ancol

Nah, kalau ingin merasakan petualangan dunia laut, maka Ancol Dreamland menyediakan wahana hiburan Sea World Ancol. Tempat ini memiliki koleksi biota laut yang terdiri dari 22.000 ekor ikan dengan 126 spesies, 28 reptil dengan 5 spesies berbeda, dan biota perairan laut lainnya. HTM Sea World Ancol sendiri kalau weekend dan musim liburan Rp105RB.

Sea World Ancol

Saran saya kalau mau wisata ke Taman Impian Jaya Ancol, datanglah sepagi mungkin ketika suasana masih segar. Lalu jangan cepat pulang juga, karena kalau sudah sore sunset di Ancol pun sangat indah.

4. Kawasan Kota Tua Jakarta

Tempat wisata kawasan kota Tua Jakarta tepatnya terletak di Jakarta Pusat termasuk objek wisata yang menarik dan tidak boleh kamu lewatkan.

Kawasan Kota Tua Jakarta menjadi tempat nongkrong dan liburan yang paling digandrungi anak-anak muda dan orang-orang yang suka foto. Banyak yang suka mengambil gambar dengan efek available light dari jendela yang terbuka. Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta terkenal dengan cafe-cafe yang dilengkapi live music. Kalau mau mencoba, cafe Batavia atau cafe Gazebo bisa jadi pilihan.

Di Kawasan juga ini juga banyak musem yang bisa dinikmati, mulai dari Museum Fatahillah, Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Bank Indonesia, Museum, Seni Rupa dan Keramik.

5. Restoran Bandar Djakarta

Bandar Djakarta merupakan tempat wisata kiliner yang cukup populer di Jakarta. Interiornya tenang dan unik, ditunjang oleh hidangan seafood yang menggugah selera.

Bandar Djakarta

Lokasiya berada di dalam komplek Ancol Dreamland. Dan biasanya selalu ramai, karena banyak pengunjung yang juga suka bikin acara di sini. Dengan pilihan tempat makan dari lesahan, ruangan hingga yang dekat ke pantai, rasanya nikmat saat bisa menikmati makanan sambal menatap matahari terbenam.

6. Kepulauan Seribu

Ingin mencari suasana pantai yang alami di seputaran Jakarta? Bisa. Menyeberang saja ke Kepulauan Seribu. Mau menginap semalam dua malam di pulau-pulau indah seperti Pulau Harapan, Pulau Bidadari, Pulau Tidung, Pulau Pari, atau hopping island ke pulau-pulau kecil di seputaran pulau-pulau tadi juga bisa.

Kita juga bisa menikmati keindahan alam bawah laut yang sangat mempesona dengan snorkelling atau diving (tapi khusus diving make sure sudah punya license ya!), bermain di pasir putih bersih yang halus, dan menikmati pemandangan matahari tenggelam yang cantik di Kepulauan Seribu.

Pulau Pari

7. Neo Soho Mall (Jakarta Aquarium)

Neo Soho Mall merupakan pusat perbelanjaan yang mengusung konsep masyarakat urban Jakarta. Kalian bisa datang ke Central Neo Soho atau MOEJOE Man kalau ingin berbelanja fashion, furniture dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

Neo Soho Mall dilengkapi juga dengan berbagai macam restoran yang bisa buat kita ketagihan. Sebut saja makanan khas dari Jepang di Sanukiseimen Mugimaru, lalu makanan khas Korea di restoran Born Ga. Jika kamu suka makanan jenis seafood, maka kamu bisa mencobanya di PINGOO Restaurant.

Untuk yang liburan bersama keluarga khususnya membawa anak-anak, juga ada wahana bermain Chipmunks Playland. Ingin yang lebih edukatif, ajak Si Kecil ke Jakarta Aquarium. Di sana kita menyaksikan keunikan 600 jenis satwa dan beberapa atraksi yang telah disediakan oleh Jakarta Aquarium.


Baca di sini: Liburan ke Jakarta Aquarium


Jakarta Aquarium

8. WestWard Coffee Tebet

WestWard Coffee adalah salah satu kedai kopi yang berada di daerah Tebet, tepatnya di Jalan Tebet Barat Dalam Raya No. 29, Jakarta.

Kedai kopi ini tidak terlalu besar, cukup nyempil, tapi sangat asri karena dipenuhi oleh tanaman hijau, itu sebabnya kalau nongkrong di sini saat siang menjelang sore rasanya seperti nongkrong di teras rumah. Saya suka ngopi di sini, karena mereka menyediakan jenis Kopi Simalungun, kopi paling enak dan jarang ditemukan di kedai-kedai kopi.

Di WestWard Coffee juga ada live music, dan bila beruntung kalian bisa menikmati lagu dari penyanyi-penyanyi solo terkenal Indonesia yang lagi jam session di sana. Tidak percaya? Coba saja datang jelang weekend.

Bagaimana, sudah ada rencana untuk mengisi liburan Tahun Baru 2020 nanti? Jika belum, pilih beberapa tempat di atas sebagai referensi ya.

 

-ZD- 

by

About Zizy Damanik Passionate in traveling, photography, and digital content. I have a professional experience as a digital marketer and social media strategist at Telco and OTT. Drop your email to zizydamanik22@gmail.com to collaborate.

One thought on “Liburan di Jakarta Enaknya ke Mana

  1. Pingback: Halo 2020! Apa Kabar? | | Mom Travel & Photography Blog - Zizy Damanik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *