15 Permainan Bebas Teknologi Yang Bisa Dilakukan Bersama Anak di Rumah

Permainan Bebas Teknologi Yang Bisa Dilakukan Bersama Anak di Rumah

Semua orang berharap agar di tahun 2021 ini keadaan semakin membaik dan orang-orang bisa segera pergi liburan tanpa rasa khawatir oleh pandemi. Dengan kondisi sekarang, yang membuat semua orang masih berada di dalam rumah hampir setiap hari, tentu tidak mudah untuk membuat anak-anak yang masih kecil tetap terhibur. Pilihan yang paling mudah apalagi kalau bukan menghibur anak dengan video game, iPad, atau televisi, dan memang itu pun bisa bermanfaat selama orangtua selalu mengawasi.

Baca juga: Pantau Aktivasi Internet Anak dengan Aplikasi Parental Control

Namun sebagai referensi selain permainan seputar teknologi, berikut ini yang bisa dilakukan di rumah bersama anak.

1. Yoga bersama Anak

Ajak anak berlatih yoga ringan bersama. Bila punya smart tv di rumah, gunakan untuk untuk menonton video yoga dengan gerakan yang mudah diikuti oleh anak. Bukan sekadar mendapatkan bonding, tapi orangtua juga ikut berolahraga.

2. Camping atau piknik di rumah

Sebuah kemah yang dibangun di dalam rumah bisa membuat anak terhibur lebih lama. Kegiatan lain yang dia sukai juga bisa dilakukan di dalam kemah kesayangannya itu seperti mewarnai, membaca cerita, sampai main masak-masakan. Ajak anak piknik di halaman, boleh dengan tenda ataupun sekadar memidahkan meja dan kursi ke luar untuk mendapatkan suasana berbeda.

Piknik di luar ruangan bersama anak

3. Membaca buku

Memang kegiatan membaca tidak melulu menarik bagi anak-anak karena dia harus duduk cukup lama membaca. Sebagai solusi, berikan buku bacaan yang bertema, misalnya tentang hewan-hewan, atau yang melibatkan tokoh anak dengan cerita sehari-hari.

4. Permainan adonan

Main adonan mungkin cukup merepotkan untuk urusan bersih-bersih kalau sudah berantakan, tapi ini permainan yang bagus dan menyenangkan buat anak-anak. Gunakan adonan dari bahan makanan, seperti tepung untuk membuat playdoh sehingga aman buat anak-anak.

5. Bermain jadi chef di sebuah kafe

Ini pun menyenangkan. Kita orangtua menjadi tamu, dan anak yang akan menjadi chef. Pasti berantakan juga seperti saat membuat permainan adonan, tapi anak-anak jadi senang ketika berperan seperti orang dewasa.

6. Mandi dan main air

Buka kolam plastik di halaman, lalu isi air dan tambahkan mainan-mainan karet seperti bebek-bebekan dan semprotan.

7. Bikin kebun binatang di rumah

Ya, kalau tidak punya binatang peliharaan di rumah, menggunakan boneka binatang mainan juga bisa sama menyenangkan. Hiaslah kamar-kamar menjadi kandang dari setiap binatang, lalu ajak anak mengunjungi setiap kamar dan mempelajari fakta berbeda tentang setiap hewan.

Permainan Bebas Teknologi Yang Bisa Dilakukan Bersama Anak di Rumah

8. Ajak anak membuat kartu ucapan

Isi kartu ucapan dengan kata-kata manis untuk teman, keluarga, kerabat, tetanga, atau siapapun yang menurut kalian adalah mereka yang memang membutuhkan kasih sayang.

9. Melakukan pekerjaan rumah tangga

Tak perlu yang berat-berat karena tujuannya adalah untuk membuat anak merasa senang dan terhibur. Contohnya mengajak anak membantu untuk mengangkat baju dari jemuran dan melipatnya dengan rapi, lalu membantu mencuci piring, apa aja yang sebenarnya bisa melatih mereka untuk jadi mandiri. Saya suka memasang musik dan bersama-sama anak menyapu halaman.

10. Buka board game

Permainan papan tak pernah pudar oleh waktu. Ada banyak board game yang bisa dimainkan oleh semua umur, dan anak-anak biasanya suka permainan satu lawan satu dengan orangtuanya, apalagi kalau mereka berhasil menjadi pemenang. Permainan catur, ludo, juga ular tangga akan membuat anak-anak cukup terhibur seharian.

11. Permainan treasure hunt di rumah

Saya sering melakukan ini untuk anak saya. Berburu harta karun sangat disukai oleh anak-anak. Sembunyikan cemilan favorit atau hadiah buku bacaan dan biarkan anak mencarinya.

12. Menulis cerita bersama

Buatlah cerita dengan alur yang menyenangkan, lalu bacakan sambil membuat ilustrasinya bersama anak-anak. Lalu gantian meminta anak membacakan ceritanya dengan lantang di depan keluarga.

13. Membuat kerajinan DIY, seperti membuat lilin, membuat baju tye dye, dll.

14. Memanggang dan menghias kue

15. Menari dan berolahraga

Sedikit berbeda dari poin nomor 1, di sini ajaklah anak melakukan aktivitas di luar rumah bersama dengan orangtua. Putar musik di halaman lalu menari bersama, jadikan ini seperti kompetisi singkat, siapa yang terbaik menari akan mendapatkan hadiah.

Seperti dikatakan di atas, menonton film pada malam hari atau bermain game di iPad memang tidak salah, namun agar imajinasi anak juga tetap terasah dan fisik juga terlatih, permainan-permainan kuno dan tradisional perlu dilakukan. Selain itu bounding dengan semua anggota keluargapun akan semakin erat.

Ada yang punya ide permainan lain yang bisa dilakukan saat berada #dirumahaja?

-zd-

Sharing is Caring

by

About Zizy Damanik Passionate in travel, photography, and digital content. Drop your email to admin@tehsusu.com to collaborate.