5 Rekomendasi Channel YouTube untuk Mengasah Skill Fotografi

Spread the love

Fotografi adalah hobi yang semakin populer sejak beberapa tahun belakangan. Tak perlu heran, karena social media khususnya Instagram memegang peranan penting tentang arti visual yang indah, sehingga setiap orang pun ingin memiliki foto yang indah dan bagus di feed-nya.

Para atpm gear pun memanfaatkan peluang ini dengan rajin meluncurkan kamera dan lensa yang bisa mendukung hobi fotografi.  Lalu bagaimana cara kita belajar fotografi dengan mudah? Selain dengan praktek langsung dan join dengan komunitas, manfaatkan juga social media.

Referensi channel YouTube tentang fotografi berikut ini adalah channel-channel dari para fotografer yang suka membagikan tips dan trik fotografi secara cuma-cuma. Lumayan kan bisa belajar gratis.

Langsung simak siapa saja mereka.

1. Jessica Kobeissi

Fotografer yang satu ini suka memberikan trik bagaimana mengambil foto dengan bagus meski di tempat yang gak oke. Apa sih tempat yang gak oke menurut kasat mata kita? Ya seperti halaman dengan pohon yang itu-itu saja, tempat sampah, gudang, atau di tepi jalan yang kering.

Jessica juga sering membuat challenge seperti 4 Fotografer 1 Model, untuk melatih semuanya memotret dengan sisi kreatifnya masing-masing. Ini menarik, karena ciri khas fotograger akan terlihat dari hasil foto masing-masing. Pada dasarnya, kalau kita suka memotret outdoor maka saya merekomendasikan kalian untuk subscribe channel ini. Idenya banyak, dan bisa kita coba untuk berlatih sendiri.

Baca juga: Tips Memotret Tanpa Menggunakan Tripod

2. Xing Liu

Nah, bagi yang suka dengan foto portrait dan beauty, channel dari Xing Liu ini bisa dijadikan rekomendasi. Saya suka melihat hasil fotonya karena fotografer yang satu ini punya ciri bahwa dia selalu menggunakan JPEG (bukan RAW), sehingga fotografer pemula juga bisa langsung melihat hasil jadi. Dan, dia hampir tak pernah menggunakan flash, semuanya difoto dengan available light.

Liu juga sering membagikan hasil memotret dari penggunaan gear dan lensa yang berbeda-beda. Awal kemunculannya saya ingat dia menggunakan Fujifilm namun belakangan dia juga mulai mencoba beberapa merek lain seperti Sony, Canon dan Nikon. Seringkali ia juga membagikan tips, seperti bagaimana mengakali WB pada Sony A7iii.

Bila kalian sedang mencari rekomendasi kamera dan lensa untuk portrait, sebelum memutuskan membeli, coba intip contoh-contoh hasilnya di channel Xing Liu ini.

3. Darwis Triadi

Siapa yang tidak kenal sama beliau? Sebagai seorang master portrait photography, kemampuannya sudah tak diragukan lagi. Babeh Darwis (demikian beberapa kalangan fotografer memanggilnya) sering memberikan tips fotografi kreatif dan simpel untuk bisa diikuti siapa saja, termasuk bagaimana cara fotografer bisa selfie sendiri dengan keren.

Babeh juga punya kelas fotografi di Jakarta, dan beberapa kali pula membuka kelas gratis untuk umum. Eniwei, saya pernah sekali mengikuti kelasnya dengan teman-teman saat itu, dan ada lomba fotonya. Dan menang lho dapat juara 3. Duh, senangnya foto saya bisa dikomentari dan dinilai oleh Babeh Darwis. Kata teman-teman saya itu benar-benar sebuah compliment :).

pemenang lomba fotografi darwis triadi

Channel Babeh Darwis berisi banyak tutorial tentang portrait photography, baik yang di dalam studio maupun outdoor. Street photography juga ada.

Kalau kalian mencari tips tentang foto portrait dan lighting, bisa menjadikan channel Darwis Triadi sebagai rekomendasi. 

4. Manny Ortiz

Satu lagi fotografer portrait prefesional, yaitu Manny Ortiz yang berbasis di Chicago. Fotografer yang satu ini suka membagikan tips fotografi dan teknik memotret dengan natural light atau off flash. Teknik-tekniknya patut dicoba kalau kalian ingin mencoba memotret model outdoor dengan strobisan. Keren lho hasil-hasilnya.

Baca juga: Inspirasi Foto Hitam Putih Buat Belajar Foto BW

5. Mark Denney

Bagi yang menyukai atau ingin belajar landscape photography, coba intip saluran YouTube Mark Denney ini. Dia adalah seorang landscape photographer professional yang berbasis di North California.

Video-videonya bercerita tentang tips fotografi serta teknik pengambilan foto landscape, yang semuanya berdasarkan pengalamannya. Yang menarik adalah, dia tidak hanya menampilkan sisi sempurna foto yang sudah jadi, tapi juga menampilkan foto-fotonya yang failed, di masa-masa pertama memotret landscape.

Baca juga: Tips Memotret Human Interest

Setelah subscribe 5 youtube channel fotografi di atas, selanjutnya adalah ambil kamera dan mulailah memotret!

-ZD-

by

About Zizy Damanik Passionate in traveling, photography, and digital content. I have a professional experience as a digital marketer and social media strategist at Telco and OTT. Drop your email to zizydamanik22@gmail.com to collaborate.

5 thoughts on “5 Rekomendasi Channel YouTube untuk Mengasah Skill Fotografi

  1. pengeeen deh liat semua channels yang direkomendasikan di sini.. yang pasti kalau Babeh Darwis kami ikuti juga di IGnya mbaaa… senaang deh kalau liat foto keren – keren tuuuh

  2. Zam

    aku malah sering random liat-liat tips fotografi (terutama dengan ponsel) di Instagram atau TikTok.. menarik karena ngga cuma soal teknis memotret atau ngulik kamera (karena kamera ponsel kan terbatas) tapi bagaimana ide untuk menghasilkan efek menarik (bukan pake filter aplikasi)..

    • Zizy Dmk

      Benar. Sekarang semua bisa kita temukan di socmed, mana yang mudah diaplikasikan langsung gitu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *