6 Barang Penting yang Tak Boleh Ketinggalan Saat Traveling dengan Keluarga

Spread the love

Tak ada yang lebih menyenangkan dari kegiatan merencanakan liburan bersama keluarga. Saya selalu tak sabar kalau ada kesempatan untuk bisa traveling dengan keluarga kecil kami atau bersama keluarga di Medan. Bukan hanya soal menikmati tempat wisata, tapi jalan-jalan dengan keluarga bagian dari sebuah pengalaman emosional, bukan hanya untuk orangtuanya saja, tapi juga buat anak.

Dengan traveling, anak akan bertemu dan mengenal banyak orang. Bagus untuknya sejak dini mulai mengenal banyak karakter, mendapatkan banyak pengalaman (yang kemudian nanti menjadi kenangan), belajar mandiri, bertoleransi hingga mengambil keputusan. Banyaklah positifnya.

Baca juga: Tips Liburan ke Bali dengan Keluarga

Kemudian buat saya sendiri tentu saja tak jauh beda. Traveling dengan keluarga berarti kembali mengistirahatkan tubuh, hati dan pikiran. Kasihan kan selama ini dipaksa kerja keras, hehe. Contoh istirahat pikiran adalah mencoba memandang segala sesuatu dengan lebih sederhana, seperti bagaimana memilih apa yang harus kami bawa dalam perjalanan kami, yang bisa memberikan manfaat sekaligus penyelamat nantinya.

Kalau untuk keluarga saya, berikut ini adalah barang-barang andalan yang selalu saya bawa bila traveling dengan keluarga. Sesuatu yang pasti aja selalu kepakai di saat-saat genting.

barang yang wajib dibawa saat traveling

1. Tas ransel anti Air (waterproof ransel)

Dalam keseharian, pergi jalan atau ngantor saya memang tak pernah menggunakan ransel. Namun kalau pergi dengan keluarga, dan ada anak-anak yang ikut, maka tas ransel pun keluar. Enaknya pakai ransel ya bisa muat banyak dan ringkas untuk bergerak cepat selama perjalanan.

Anak saya Vay juga saya pakaikan ranselnya sendiri untuk membawa barang-barang pribadi yang ringan, sementara ransel saya isinya lebih komplit, semacam kantong Doraemon. 

2. Vaseline repairing jelly

Ini selalu saya bawa karena memang banyak manfaatnya. Salah satu contoh dari manfaat Vaseline buat saya yang memang tak pintar makeup dan cuma mengandalkan CC cream dan bedak, biasanya saya pakai sedikit jel ini untuk kelopak mata sebelum menggunakan eye shadow coklat, jadi biar tahan lama kalau lagi di luar, dan jel ini juga bisa dipakai lagi nanti untuk membersihkan make up.

Belum lagi kalau ada kulit wajah kering atau tangan memerah karena terbakar akibat sinar matahari, atau bibir kering, ya cukup pakai ini. Anak saya tidak suka dengan yang terlalu lengket, jadi biasanya kalau dia sudah selesai mandi baru jel ini diaplikasikan di kaki, siku, hingga lengannya yang sedikit memerah akibat seharian di luar. Dipakai di tumit juga bisa, biar gak lecet. Canggih sih memang Vaseline ini.

3. Tumbler atau botol minum

Botol minum sudah pasti wajib dibawa. Kalau lagi jalan, sewaktu-waktu haus tinggal minum. Biasanya kalau pergi-pergi begini, saya bawa dua macam, yang berbahan plastik padat seperti Tupperware juga tumbler stainless.

Untuk ransel anak pakai botol minum yang ringan biar punggungnya gak keberatan, sementara buar orangtuanya, pakai stainless biar bisa diisi kopi atau teh.

tumbler stainless for traveling

4. Ziplock

Plastik jepit alias ziplock adalah yang harus dibawa, ukuran besar dan sedang. Biasanya saya pakai untuk menyimpan barang-barang beresiko tumpah, baik dalam koper atau dalam ransel. Jadi seperti cemilan anak, pasti dalam ziplock. Lalu botol minum juga dalam ziplock sendiri. Ziplock juga saya pakai untuk membungkus baju kotor di dalam ransel, termasuk juga sandal jepit.

5. Sandal jepit

Nah! Sandal jepit wajib dibawa, untuk berjaga-jaga kalau mendadak kaki lecet atau kalau mendadak kita mau main basah-basahan. Jadi di dalam ransel pun sudah ada, di dalam ziplock itu. Terutama buat anak, jadi anytime butuh sandal tinggal dikeluarkan.

Baca juga: Tips Packing Liburan ke Pantai

6. Kursi lipat portable

Percayalah, ini penting. Bawa yang ringan, kuat dan gampang dikemas, jadi bisa dicantol ke ransel kalau jalan. Ini penyelamat kalau lagi di satu lokasi wisata ternyata tempat duduk penuh atau kalau lagi mengantri di satu tempat. Bahkan mau mendadak piknik sore-sore di pantai juga tinggal buka kursi ini. Dan akan terasa pentingnya ini ketika kita jalan bareng orang tua atau anak kecil yang mudah lelah.

kursi lipat portable

*Tapi saya sendiri pun suka pakai ini, kalau pergi motret suka saya bawa juga, biar duduknya enak.

So itu beberapa barang yang selalu saya bawa kalau traveling dengan keluarga. Pembaca blog TS, apa nih bawaan wajibnya kalau traveling dengan keluarga?

Salam,

-ZD-

 

 

by

About Zizy Damanik Passionate in traveling, photography, and digital content. I have a professional experience as a digital marketer and social media strategist at Telco and OTT. Drop your email to zizydamanik22@gmail.com to collaborate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *