Gaya Asyik Para Skateboarder – Street Style Photography

tips street style photography

Saya mau melanjutkan sedikit tentang street style photography. Mungkin tulisan ini akan pendek saja, tapi ya tak apalah.

Seperti yang sudah pernah saya tulis di artikel street fashion photography, street style photography adalah tentang merekam mereka yang berada di jalanan dengan gaya mereka secara natural, tanpa harus mengarahkan untuk berpose.

Mudahkah mengambil gambar orang-orang di jalan dengan gaya mereka? Ya bisa dibilang gampang-gampang susah, karena ini jatuhnya jadi street photography, dan dalam beberapa kondisi, kan tidak semua orang suka diambil fotonya diam-diam, apalagi sekarang setiap orang bisa dengan mudah memotret diam-diam dengan handphone untuk kemudian dibahas di media sosial. Yeah kalau itu namanya jelas tidak terpuji.

So ceritanya beberapa waktu lalu saya dan teman-teman berjalan-jalan di daerah Sudirman untuk memotret. Saat itu hari sudah sore dan banyak pula anak muda yang sedang bersantai di sekitar Stasiun Sudirman. Tempatnya memang cukup cozy kalau sore hari, tak heran bila banyak orang yang datang ke sana untuk sekadar menikmati suasana Jakarta saat menjelang malam.

Setelah mengambil beberapa gambar gedung bertingkat, kami berjalan ke atas, tepatnya ke arah jalan raya Sudirman, dan ternyata di sana ada sekelompok anak muda sedang bermain skateboard. Mereka kelihatan asyik sekali.

Nah, di beberapa sumber disebutkan bahwa gaya anak-anak skateboard dapat disebut sebagai salah satu street style photography.

Kalau kalian lihat di foto-foto berikut ini, saya (dan juga ada beberapa teman lain yang memotret) mengambil gambar mereka tidak dengan meminta izin terlebih dahulu. Dalam artian mereka sudah paham bahwa selalu ada kemungkinan mereka akan difoto oleh siapa saja yang ada di sana, jadi buat mereka tak masalah. Mereka tetap asyik latihan lho.

Tapi setelah selesai memotret, kami semua berkumpul dan saling memperlihatkan hasil foto. Anak-anak skateboard itu ternyata sudah ada di sana sejak jam 12 siang. Mereka berlatih, seperti ada salah satu yang beraksi dan yang lainnya merekam dengan handphone, bagaimanapun bikin konten untuk media sosial tetaplah jadi agenda.

Saya menggunakan external flash untuk memotret mereka, karena saya memang suka mendapatkan ambience biru langit sore yang akan keluar bila difoto dengan flash. Settingan kamera pakai manual karena kalau pakai AV, biasanya kamera akan menyesuaikan menjadi terang, dan saya tidak ingin begitu. Bila dalam kondisi seperti ini, saya lebih suka memiliki kontrol penuh atas kamera.

contoh foto street style photography

Hmmm kalau foto di bawah ini memang bukan skateboarder, but menurut saya ini juga masuk dalam kategori street style. Karakter orang yang berhasil ditampilkan dari gayanya.

foto street style photographyskateboarder jakarta

-zd-

Sharing is Caring
  • 5
    Shares

by

About Zizy Damanik Passionate in traveling, photography, and digital content. I have a professional experience as a digital marketer and social media strategist at Telco and OTT. Drop your email to zizydamanik22@gmail.com to collaborate.

2 thoughts on “Gaya Asyik Para Skateboarder – Street Style Photography

  1. Ini salah satu genre fotografi favorit saya, Mbak Zy. Selain tampak natural, street photography bisa sekalian mendokumentasikan zaman.

    Btw, itu foto skateboarder lagi ngetrik keren banget Mbak Zy. Susah itu ngambilnya. 😀

    • Zizy Dmk

      Mas sebenarnya saya cuma standby. Yg bolak-balik jatuh si stkateboardernya wkwkkww…

Comments are closed.