Megahnya Masjid Islamic Center Mataram Lombok

Lombok memang terkenal sebagai pulau dengan objek wisata yang sangat melimpah. Mulai dari wisata alam (terutama pantai-pantainya yang begitu mempesona), wisata adat juga budaya.

Tambahan lagi, Lombok pun dikenal sebagai pulau seribu masjid, karena di setiap perjalanan kita akan menemui banyak masjid yang berdekatan. Salah satu masjid yang terkenal adalah Masjid Islamic Center yang berada di Mataram Lombok. Menurut saya, apabila berkunjung ke Lombok, maka mampirlah ke masjid ini.

Berikut adalah beberapa fakta yang saya dapat mengenai Masjid Islamic Center Lombok.

Masjid Megah dengan Desain Unik dan Menakjubkan di Lombok

Memang benar ada banyak masjid di Lombok, tapi kemegahan masjid yang satu ini pasti membuat siapapun yang melihat akan terpesona. Rumah ibadah dengan menara artistik memang terbilang baru di Lombok. Pembangunannya sendiri dimulai sejak 2010.

Kubah dari bangunan utama Masjid Islamic Center Lombok sangat menarik, karena dihiasi dengan motif batik khas dari Nusa Tenggara Barat, motif batik sasambo.

Tidak hanya kubah, ternyata langit dari ruangannya juga memiliki sentuhan batik dengan warna biru putih. Tembok dan tiang yang dicat warna keemasan semakin membuat tempat ibadah ini kelihatan megah dan mengagumkan.

Masjid Islamic Center memiliki 5 menara yang tinggi, dengan ketinggian 99 meter. Menara ini juga dilengkapi dengan fasilitas lift lho, untuk para wisatawan yang ingin menuju puncak menara.

Saat malam tiba, menara masjid ini akan berubah-ubah warna. Indah betul.

Masjid Islamic Centre terdiri dari 4 lantai, dan lantai bangunan masjid didominasi dengan warna-warna cerna, seperti tosca, putih, kuning.

Memiliki Ballroom

Masjid ini memiliki ballroom. Area parkir di luar saja bisa menampung hingga 2000 kendaraan roda dua, dan 200 mobil. Melihat luasnya bangunan masjid ini, tak heran kalau kapasitas jamaah di dalam bisa sampai 15 ribu jamaah.

Area Masjid yang sangat luas

Infonya, luas area masjid ini sekitar 7,6 hektar, dengan luas bangunan utamanya adalah 3,6 hektar.

Saat saya dan teman-teman ke masjid ini, sudah lewat maghrib saat itu. Kami masuk dengan mobil ke dalam halaman masjid, dan mencari tempat untuk parkir. Kemudian masuklah kami ke dalam untuk beribadah.

Saat masuk itulah saya mendapati bahwa masjid ini sungguh luar biasa. Di bagian luar saja ada banyak tempat wudhu yang bisa digunakan, sehingga memudahkan jamaah berwudhu di mana saja. Disediakan juga batu-batu yang bisa dipakai duduk sambil berwudhu.

Baca juga: Kalau ke Bandung Enaknya Nginep Di Mana Ya

Naik ke lantai dua saja pakai eskalator, seperti masuk ke mall. Saya memutar pandangan dan melihat dinding-dindingnya yang dipenuhi motif yang indah.

Tak salah jika tempat ibadah ini menjadi salah satu tujuan wisatawan muslim. Jangankan saat bulan puasa, di bulan biasa pun masjid ini sangat ramai, katanya ramainya seperti di Tanah Suci. Sampai-sampai wisatawan mancanegara pun banyak yang datang ke Mataram Lombok untuk dapat melihat keindahan tempat ibadah ini.

Mau wisata ke Lombok? Sempatkan mampir ke sini biar bisa buktikan sendiri megahnya.

-ZD-

by

About Zizy Damanik | A Passionate Traveler and Photographer | Coffee Lovers | Beach Addicted |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.