Menua Dengan Sehat, Bagaimana Caranya?

Spread the love
  • 1
    Share

tehsusu.com

Menjadi tua tidak bisa dicegah. Dan jelas ada banyak masalah kesehatan yang akan kita hadapi dan harus diwaspadai di masa tua, karena itu kalau bisa disadari dengan lebih cepat tentu lebih baik.

Bila Anda ingin diri bisa terus terjaga dalam kondisi terbaik, tentu ada hal-hal yang harus dilakukan untuk menjaga pikiran selain tubuh Anda. Mari kita bahas apa saja yang bisa dilakukan untuk menjaga pikiran agar bisa tenang seiring bertambahnya usia. Artikel ini tidak hanya akan membantu pembaca blog ini namun juga akan bermanfaat buat para orang tua kita di rumah agar bisa  dengan sehat.

MAKAN YANG ENAK DAN MAKAN DENGAN BAIK

Ya. Meskipun diet yang kita lakukan penting untuk kesehatan fisik, namun sesuatu yang dimakan juga mempengaruhi kesehatan mental kita, dan jangan lupakan bahwa ini juga akan berpengaruh pada kemampuan kita menggunakan pikiran kita sebaik yang kita harapkan. Sel-sel otak kita harus diberi makanan yang sehat, banyak buah dan sayuran yang seimbang, dan jauhi makanan olahan. Makanan organik, dalam artian adalah makanan yang bisa Anda olah sendiri di rumah akan membantu Anda memiliki pikiran yang sehat dan kuat sampai masa tua nanti. Dapatkan pilihan terbaik untuk makanan organik di Ruparupa.com untuk memenuhi kebutuhan makanan sehat.

WASPADA TERHADAP PENURUNAN KOGNITIF

Satu hal yang perlu Anda waspadai dalam semua ini adalah upaya untuk mencoba dan mencegah penurunan kognitif yang mungkin terjadi. Penurunan ini pasti terjadi, dan seharusnya dalam jumlah yang wajar sebagai bagian dari proses penuaan normal. Yang bisa dilakukan adalah melatih sesering mungkin kemampuan kognitif kita. Mulailah dengan membuat agar pikiran tetap aktif, menggunakan otak sebanyak yang Anda bisa dan melatihnya pula. Beberapa pendapat mengatakan bahwa bermain game puzzle di smartphone bagi orang tua akan membantu melatih otak, karena otak akan dilatih untuk mengingat setiap langkah dari visual.

Akan tetapi, bila terjadi penurunan kognitif disertai gangguan pendengaran, maka tak ada salahnya melakukan perawatan juga ya.

KEMBANGKAN POLA PIKIR YANG LEBIH BAIK

Berpuluh tahun hidup dengan pola pikir yang terbentuk sejak belia, apakah mungkin bagi kita mengadopsi pola pikir yang berbeda? Tentu bisa, karena kita punya tujuan agar selain badan, pikiran pun harus sehat. Cara paling dasar yang bisa dipikirkan adalah mengubah langsung sudut pandang kita tentang tujuan kita menjadi sehat fisik dan jasmani di usia tua. Kembangkanlah pola pikir yang lebih positif yang akan membantu Anda menjalani hidup dengan lebih sepenuhnya.

MERAWAT KESEJAHTERAAN MENTAL ANDA

Sebagian besar dari menjaga pikiran Anda seiring bertambahnya usia adalah menghindari stress berlebihan, karena ini adalah hal yang dapat membuat perubahan besar pada cara bagaimana Anda menua, dan khususnya seberapa baik atau buruknya Anda menjaga pikiran Anda. Ingin meningkatkan semua itu? Sebisa mungkin fokuslah pada kesejahteraan mental Anda, dengan demikian impian untuk menjadi tua dengan fisik yang masih cukup fit dan pikiran yang sehat bisa terwujud.