Tips Menjaga Kepala dan Pikiran Tetap Positif Selama Menjalani Kehidupan

Spread the love
  • 1
    Share

Semua tentu setuju bahwa pandemi COVID-19 memberi banyak sekali tantangan dalam kehidupan kita saat ini. Sebelum ada pandemi, masalah saja sudah banyak, apalagi sekarang. Orang-orang harus menghadapi berbagai jenis masalah yang dapat berdampak nyata pada kesejahteraan mental, fisik, dan sosial.

Kehidupan sudah pasti penuh dengan rintangan, dan manusia dituntut untuk dapat menghalau semua masalah dengan penuh percaya diri. Kejadian yang dialami setiap manusia ada pasang surutnya, namun kita semua harus dapat mengatasi dengan baik saat berada dalam kedua kondisi itu. Seperti ketika kondisi sedang baik, bagaimana menikmatinya namun juga tidak lupa diri agar ketika keadaan berbalik terbalik, kita pun tidak akan down.

Untuk dapat menjalani kehidupan ini secara maksimal setiap harinya, kita harus menguasai bagaimana cara berpikir dengan tepat. Bila kita tidak siap secara mental, maka kita sudah pasti kalah sebelum memulai. Pastinya sebagian orang memang memiliki motivasi tinggi dan mampu melawan apapun rintangan di depan mereka, namun sebagian lagi ada yang hanya berdiam diri dengan khawatir berlebihan.

Ada sebagian yang membutuhkan orang lain untuk memberikan dukungan pada dirinya tentang bagaimana bisa menjadi orang yang berbeda di dalam isi kepala. Bila Anda termasuk orang yang seperti itu, maka yang harus dilakukan adalah mulai berubah. Saat Anda bisa melakukan itu, maka Anda pasti akan mampu mengatasi lebih banyak hal dalam hidup. Berikut adalah hal-hal yang mungkin saja ingin Anda lakukan untuk mengubah isi kepala menjadi lebih positif: 

tips menjaga kepala dan pikiran tetap positif

PIKIRKAN INI, BILA DALAM LIMA TAHUN KEDEPAN GAK AKAN JADI MASALAH, LUPAKAN

Tanamkan pikiran ini di dalam kepala. Rasa khawatir di dalam kepala jangan dibiarkan mengendap terlalu lama di sana. Ada banyak hal yang harus Anda pikirkan dan harus Anda selesaikan dalam waktu dekat, dan bila masalah yang dihadapi saat ini tidak akan mempengaruhi hidup Anda dalam waktu lima tahun, maka berhentilah terlalu khawatir untuk saat ini. Para ahli berpendapat bahwa dalam empat lima tahun kedepan juga orang akan lupa apakah kemarin Anda baru saja melakukan sesuatu yang memalukan.

TERATUR MENGUNJUNGI DOKTER DAN CEK KESEHATAN

Kan tidak sakit? Untuk apa ke dokter? Justru itu, Anda sebaiknya mengetahui betul tentang kesehatan fisik dan mental Anda, jangan hanya mengunjungi dokter dalam keadaan darurat saja. Bila Anda secara rutin melakukan pemeriksaan, Anda pasti akan merasa jauh lebih baik karena Anda tahu posisi Anda sekarang ada di mana, dan mengetahui semua yang terkait dengan kesehatan Anda. Termasuk pula di sini adalah berbicara dengan dokter bila Anda mengalami ketegangan dan kekhawatiran mental.

Baca juga:

SELAMA ANDA BISA, TETAPLAH OPTIMIS DAN POSITIF

Di luar sana banyak jiwa yang pesimis dan negatif, dan merasa bahwa ide untuk tetap berpikir positif adalah sekedar menggurui. Tapi bukankah Anda akan merasa berbeda ketika Anda mengubah mindset menjadi orang yang positif? Saat Anda tersenyum dan berkata bahwa Anda yakin hari ini akan jadi hari yang baik, maka itu saja sudah bisa meningkatkan hidup Anda. Mulailah dengan melihat segala sesuatu dari sisi positifnya dulu, bahkan ketika keadaan sedang tidak baik. Ini bukanlah menutup mata, tapi lebih kepada bagaimana menata isi kepala terlebih dahulu. Orang yang negatif akan mengkhawatirkan segalanya bahkan ketika mereka seharusnya bergembira. Perbanyaklah berlatih menjadi orang yang optimis dan bersyukur dan hidup Anda akan berubah. Caranya? Bergaul dengan orang-orang yang positif dan singkirkan mereka yang dapat membuat hidup Anda jadi negatif.

RUTINLAH BEROLAHRAGA

Berolahraga secara rutin akan menjaga aliran darah tetap rutin serta otak menjadi lebih segar dan Anda menjadi lebih bersemangat. Ini juga berpengaruh sangat penting bagi kesehatan mental. Ingat, tak perlu jadi atlet hanya untuk menjadi bahagia. Berolahraga adalah tentang bagaimana secara rutin dan produktif menggerakkan badan.

CARI TEMAN CURHAT YANG BISA DIPERCAYA

Kenapa begitu? Tentu saja mengunjungi dokter akan sangat membantu, namun bila dapat berbicara pada seseorang mengenai masalah yang dialami, ini akan benar-benar membantu menyelamatkan jiwa, membuat Anda tetap waras. Jangan menyimpan semuanya sendiri di dalam kepala, karena justru itu akan mempengaruhi cara Anda berpikir, dan isi kepala akan semakin penuh bila tidak dikeluarkan. Carilah orang lain untuk membantu Anda, bisa seorang sahabat baik atau bisa juga seorang terapis. Yang pasti Anda harus yakin bahwa mereka adalah orang yang tepat dan juga bisa memberikan solusi.

Semoga bermanfaat!