Membebaskan Aliran Darah dengan Air Hangat

Spread the love
  • 1
    Share

Sehat itu mahal atau murah, bakal bergantung bagaimana treatment yang diterima. Supaya bisa sehat, ada waktu luang yang harus dikorbankan, selain juga harus tega mengakhiri nikmatnya sebuah rebahan. Begitu juga, tidur teratur perlu mengorbankan kesempatan lembur. Semisal masih tak cukup, Ariston Nuos Primo punya apa yang paling dibutuhkan.

Kalau telanjur sakit ada sejumlah obat yang perlu ditebus. Ada sejumlah pantangan yang menghentikan selera makan; semua serba jangan dan jangan. Mendadak, terjadi waktu luang panjang, pesakit dilarang sibuk mencari uang. Lantas siapa yang membayar tagihan bulanan? Tuhan? Negara? Medical Check Up rutin tidak ditanggung asuransi kesehatan pemerintah, bukan?

Begitu banyak faktor memicu tekanan darah, meski penyebab primernya jarang sekali diketahui. Rata-rata munculnya hipertensi diawali kondisi kesehatan yang lebih dulu ada, seperti masalah ginjal, tiroid, juga konsumsi obat tertentu. Tapi kafein dan garam seringkali jadi kambing hitam, dipersekusi atas nama darah tinggi.

Mencegahnya kambuh kembali gampang-gampang susah, seringkali karena tak bisa menahan diri. Padahal ada begitu banyak jenis makanan enak pencegah naiknya tekanan darah tinggi yang bisa dinikmati. Oatmeal, ikan, sayuran, semangka, dan yogurt adalah beberapa. Sisanya, selalu menjaga diri dengan cara yang tidak menyakitkan.

Menekan Tekanan Darah

Sudah mahal-mahal membeli makanan sehat, menebus obat, dan meluangkan waktu olahraga, tapi tekanan darah tinggi masih saja sering terjadi. Bisa jadi ada yang salah dengan sikap dan pikiran. Bagaimana bisa? Sabar, menyikapi sebuah permasalahan dengan marah hanya akan memaksa jantung memompa darah lebih cepat lagi.

Fungsi pikiran adalah untuk mengendalikan, dan mengendalikan sikap untuk tidak marah-marah itu mudah. Tarik napas dalam-dalam dan pejamkan mata, ada begitu banyak ketenangan di sana. Intinya, pikiran rileks membantu mengontrol sirkulasi darah supaya tak terlalu menekan sempitnya dinding arteri.

Pada kondisi rileks, tubuh memproduksi endorphin sebagai analgesik alami untuk meredakan rasa sakit akibat hipertensi. Pun tubuh akan mengaktifkan sistem syaraf parasimpatetis yang berfungsi menurunkan detak jantung, napas, dan tekanan darah. Tapi hal penting yang tidak dijual serta dalam kemasan obat adalah rileksasi.

Satu jurnal psikologi mengatakan bahwa rileksasi merupakan suatu prosedur dan teknik yang bertujuan mengurangi ketegangan dan kecemasan. Contohnya yoga, meditasi, dan latihan pernapasan. Tapi tentu ini harus ada pemandunya, kecuali memang sudah tahu seperti apa cara melakukannya.

Tapi tidakkah ada cara lain yang lebih menyenangkan yang tak perlu teknik khusus dan bantuan orang lain?

Mandi Air Hangat

Atas nama rileksasi, mandi air hangat tidak harus menunggu waktu malam hari sebagaimana budaya luar negeri. Ariston Nuos Primo memudahkan mandi air hangat dengan tidak perlu merepotkan diri memanaskan air di kompor, menenteng ke kamar mandi, lalu menanggung risiko kena tumpahan air panas. Belum lagi menakar seberapa hangat suhu air yang pas. Susah!

ariston nuos primo

Mengapa susah-susah kalau ada cara yang lebih praktis dan tak memakan waktu? Selain instalasi cukup mudah, fitur i-memory bakal membantu mengingat seberapa panas suhu air yang jadi favorit selama empat minggu. Tak perlu khawatir soal tanggungan listrik, karena terbukti 50% lebih hemat daripada pemanas air listrik paling efisien sekalipun.

Di Jepang—mungkin juga negara lain yang berada di iklim subtropis, mandi air hangat sudah jadi budaya sebelum Zaman Edo dan Sadanobu Matsudaira melarang pria dan wanita mandi bersama. Sebelum era itu, onsen, atau yang dikenal dengan pemandian air panas, hal buruk seringkali terjadi.

Di Jepang pula, ritual mandi sekali sehari dengan menggunakan air hangat di malam hari dilakukan. Sementara di Indonesia mandi malam dianggap sebagai penyebab masuk angin. Masuk akal? Rata-rata orang Indonesia mandi malam tetap dengan air dingin. Saat cuaca dingin, wajar saja suhu tubuh menurun dan sekuat tenaga mengembalikan kestabilan suhu dengan cara menggigil.

Padahal malam hari cuaca sedang dingin-dinginnya, tubuh sedang lelah-lelahnya, pikiran sedang suntuk-suntuknya, dan terlebih sakit karena hipertensi, mandi air hangat jadi solusi untuk rileksasi. Kenapa harus malam? Menurut orang Jepang, ritual mandi yang tak sebentar butuh waktu luang yang cukup lumayan. Dan malam adalah waktu yang senggang.

Seorang dengan tekanan darah tinggi yang susah mengontrol emosi, perlu menghadiahi diri sendiri dengan treatment terbaik dari pemanas air. Selain memiliki elemen panas yang terintegrasi, pemanas air mampu meningkatkan efisiensi energi. Ditambah teknologi baru, ritual rileksasi jelas lebih nyaman terkendali.

Manfaat mandi air hangat memang memicu pikiran jadi rileks. Pikiran rileks berkontribusi membuat otot-otot tenang sehingga mudah tidur, dan irama napas teratur. Kalau cukup waktu, bolehlah meniru gaya orang Jepang saat mandi air hangat. Di bathub atau ofuro, mereka biasa menambahkan rempah-rempah seperti matcha untuk menyegarkan badan. Aroma wangi khas yang ditimbulkan menambah ketenangan yang dibutuhkan seorang pengidap tekanan darah tinggi.

Kuncinya yaitu rileksasi, dan mandi air hangat merupakan cara terbaik untuk memulai. Semisal tak mampu menyamai metode khas Jepang, bolehlah Ariston Nuos Primo yang dipajang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *