9 Cara Mudah Merencanakan Keuangan dan Berhemat Untuk Liburan Keluarga

Setiap orang sepertinya selalu memiliki rencana untuk pergi berlibur ke tempat impian mereka, entah di dalam negeri ataupun di luar negeri. Namun, untuk mewujudkannya bisa terasa sulit mengingat berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk berlibur terutama bagi keluarga besar.

Menentukan budget liburan berarti memperkirakan kurang lebih jumlah uang yang akan dikeluarkan untuk semua kebutuhan, seperti transportasi, penginapan, makan, dan oleh-oleh. Dikutip dari salah satu artikel di Kompas.com, pada liburan akhir tahun kemarin, rata-rata orang Indonesia memperkirakan budget liburan adalah sekitar 5 juta rupiah. Cukupkah 5 juta untuk mendapatkan traveling impian? Tentu saja beda orang beda harapan. Berapapun anggaran budget yang sudah disiapkan, perlu persiapan matang.

Khususnya bagi keluarga yang ingin menciptakan  kenangan dan momen yang bermakna bersama anak-anak mereka, dalam merencanakan liburan tersebut perencanaan keuangan selalu membengkak, perencanaan keuangan di awal pun suka berubah-ubah dikarenakan ada biaya yang datang tiba-tiba. Untuk memudahkan hal itu, yuk.

cara hemat liburan keluarga

Simak 9 Cara Mudah Hemat Selama Liburan Keluarga!

1. Membuat Toples Tabungan untuk Liburan Impian Keluarga

Salah satu cara yang menyenangkan dan kreatif untuk menabung untuk liburan impian keluarga Parents adalah membuat celengan atau toples untuk dana liburan di rumah. Ini cara yang sangat menyenangkan saat melihat tumpukan uang tunai bertambah terus. Siapapun di rumah dapat berkontribusi untuk liburan impian keluarga, anak-anak juga bisa saja menyumbangkan uang jajan mereka.

2. Pilih Musim Berbeda untuk Berlibur

Cara mudah untuk menghemat sebagian besar biaya liburan keluarga adalah pergi berlibur bukan di waktu libur. Memang tidak mudah menyesuaikan jadwal untuk ini, terutama kalau anak-anak sudah sekolah. Namun dengan sedikit trik, seperti memanfaatkan hari libur kejepit, atau libur term sekolah yang hanya satu minggu, Anda pasti bisa menentukan waktu liburan yang pas dan dapat membuat perbedaan lumayan besar lho dalam hal anggaran.

3. Cermat memilih Penginapan

Berlibur bersama keluarga artinya rombongan besar. Dan menginap di hotel memang akan menguras dompet karena harga perkamar relatif mahal. Coba pertimbangkan untuk menghemat uang dengan menginap di tempat selain hotel. Cari villa atau rumah biasa yang disewakan via AirBnB atau Traveloka, dengan demikian selain jauh lebih hemat juga tidak akan mengurangi keintiman keluarga.

Jangan lupa juga cermat membuka beberapa penyedia jasa hotel booking untuk membandingkan harga deal di situs mana yang lebih murah. Hotel atau villa yang sama bisa jadi harganya berbeda di setiap situs.

4. Pergi Dengan Keluarga Besar atau Teman

Untuk lebih hemat, boleh juga lho merencanakan liburan beramai-ramai dengan saudara kita dan keluarganya. Atau ajak teman-teman pergi liburan bareng juga. Ini akan sangat membantu dalam rencana mengumpulkan uang untuk berlibur.

Memberi makan kuda poni di The Hill Sibolangit

Baca juga: Main ke Kebun Binatang Mini di The Hill Sibolangit

5. Waspadai Biaya Ekstra

Perhatikan sedikit biaya tambahan yang mungkin harus dikeluarkan saat akan berlibur. Beberapa di antaranya seperti biaya parkir, tol, bensin, sampai asuransi sewa mobil (bagi yang suka menyewa mobil di lokasi liburan). Biaya ekstra saat liburan sudah pasti terjadi, ya. Bila ingin lebih hemat, tak ada salahnya menggunakan angkutan umum atau taksi online untuk jalan-jalan di kota tujuan.

6. Cek dan Gunakan Poin dari Maskapai

Bila Parents sering menggunakan kartu kredit, coba cek poin yang tersedia. Sebagian besar kartu kredit otomatis mengumpulkan poin dari setiap pemakaian yang dapat ditukar dengan voucher untuk kebutuhan sehari-hari sampai potongan hotel dan tiket pesawat. Bila sudah direncanakan, gunakan satu kartu kredit yang sama selama periode pengumpulan dana liburan ya. Agar target poin bisa tercapai.

7. Hemat Aktivitas yang Tidak Terlalu “Seru”

Saat liburan, semua aktivitas terlihat sangat menarik dan ingin diikuti. Berlibur bersama keluarga harus ekstra cerdas memilih aktivitas mana yang harus diikuti dan apakah semua anggota keluarga akan benar-benar menikmatinya. Ada baiknya sebelum berangkat, sudah membeli tiket aktivitas di platform-platform yang menyediakan banyak diskon. Jadi Parents sudah tahu sejak awal, mana yang benar-benar diinginkan.

8. Masak Makanan Anda Sendiri

Nah, ini terkait dengan tips nomor tiga di atas. Sangat menguntungkan bila kita bisa mendapatkan penginapan atau rumah sewa selama liburan yang memiliki dapur. Jadi kita bisa memasak sendiri untuk keluarga, untuk makan selama liburan. Tentu saja bukan berarti kita tidak menikmati kuliner di tempat tujuan ya, tapi kalau menghemat satu atau dua kali makan di rumah/penginapan tentu akan berimbas lumayan ke budget liburan.

9. Coba Resor dengan Penawaran

Ini menarik. Bila sekadar ingin staycation bersama keluarga, liburan santai, Parents bisa mencari paket liburan yang disediakan oleh resor. Sekarang ada banyak resor menyediakan parket menginap sudah dengan makan dan aktivitas. Mungkin ini tidak cocok untuk liburan panjang, tapi kalau hasilnya lumayan dan bisa membuat sekeluarga senang, why not?

Pembaca punya tips lainnya? Jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar.

Sharing is Caring

by

About Zizy Damanik Passionate in travel, photography, and digital content. Drop your email to hello@tehsusu.com to collaborate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *