6 Pelajaran Keuangan Agar Anak Melek Finansial

Saat kita menjadi orang tua, salah satu hal terpenting untuk diajarkan kepada anak adalah bagaimana bertanggung jawab secara finansial. Karena bagaimanapun, pengelolaan uang adalah keterampilan hidup yang penting. Begitu kita menjadi orang dewasa, tanggung jawab hidup tidak lepas dari yang namanya finansial.

Literasi keuangan sebaiknya dimulai sejak usia sekolah, dan sebaiknya diajarkan oleh orang tua, karena kitalah yang paling sering memberikan uang pada anak, saat mereka usia sekolah. Berikut ini beberapa pelajaran yang bisa mulai diajarkan pada anak mengenai keuangan, agar anak bisa melek finansial sejak dini.

Dasar-dasar pengeluaran dan tabungan

menabung sejak dini

Setiap orang tua ingin anak mereka bertanggung jawab secara finansial, dan salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah mengajari mereka dasar-dasar pengeluaran dan tabungan sejak usia muda. Jelaskan kepada anak tentang nilai uang, dan betapa pentingnya menabung untuk hal-hal yang mereka inginkan, dan bantu mereka menetapkan tujuan menabung.

Pada saat yang sama, ajari anak tentang pengeluaran yang bertanggung jawab, orang tua bisa menunjukkan kepada mereka bagaimana membandingkan harga dan mencari penawaran yang tepat. Menurut Financial Express, ini akan membantu mengembangkan sifat bahwa uang adalah sumber daya untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup sehingga harus digunakan dengan bijaksana. Dengan menanamkan kebiasaan menabung pada anak dapat mengurangi kemungkinan menjadi boros ketika mereka tumbuh dewasa.. 

Penganggaran (Budgeting)

Tanggung jawab keuangan sebagian besar adalah mempelajar cara membuat anggaran dengan benar. Bantu anak mengatur anggaran dan melacak pengeluaran mereka, sehingga mereka tahu ke mana saja uang mereka pergi setiap bulan. Contohnya kalau anak saya, dari uang bulanannya, dia sudah menganggarkan berapa untuk dibelanjakan (dan apa saja), dan berapa yang ditabung.

Mengajarkan penganggaran akan membantu mereka membuat keputusan yang lebih tepat tentang pengeluaran mereka, dan belajar untuk tetap berpegang pada anggaran di masa depan.

Pentingnya perencanaan keuangan

Salah satu pelajaran terpenting yang dapat diajarkan kepada anak adalah pentingnya perencanaan keuangan. Bantu mereka memahami pentingnya menetapkan tujuan dan membuat rencana untuk mencapai tujuan tersebut. Ini akan mengajari mereka cara memetakan masa depan keuangan mereka, dan membuat keputusan yang lebih baik dengan uang mereka.

Investasi

Berinvestasi adalah cara yang bagus untuk menumbuhkan uang dari waktu ke waktu, dan itu adalah sesuatu yang setiap orang harus mulai lakukan sedini mungkin. Jelaskan kepada anak cara kerja investasi, kalau perlu buatkan mereka sebuah rekening invetasi yang sederhana. Ini untuk mengajari mereka pentingnya menabung untuk masa depan dan bagaimana cara menumbuhkan uang dari waktu ke waktu. Untuk jaman digital sekarang, tepat juga untuk memperkenalkan mereka pada cryptocurrency dan blockchain.

Pinjaman dan kredit

Kehidupan tak lepas dari kredit dan pinjaman, dan penting untuk memahami dasar-dasarnya. Anak perlu diajarkan mengenai suku bunga, biaya keterlambatan pinjaman, biaya administrasi yang membebani nasabah setiap bulang, serta lainnya yang terkait peminjaman uang. Jelaskan pada anak bahwa mengambil pinjaman hanya boleh dilakukan bila mereka sudah melakukan perhitungan yang tepat mengenai biaya-biaya di atas.

Pajak

Pajak tak bisa dihindari, dan setiap warga negara sudah pasti kena pajak. Ajaarkan anak untuk memahai cara kerja pajak, bagaimana pajak dihitung, dan bagaimana sistem pajak bekerja.

Penutup

pelajaran keuangan untuk anak

Kita sebagai orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Cara terbaik adalah mengajari mereka manajemen uang sejak usia muda. Ini memastikan mereka memiliki pengetahuan yang baik tentang budgeting, tabungan, dan finansial sejak dini. Mereka memang pasti akan belajar tentang uang dari pelajaran di sekolah, namun tentu lebih baik bila kita sebagai orang tua juga membekali mereka dengan dasar-dasarnya agar memiliki kebiasaan yang sehat secara finansial.

Sharing is Caring
  • 1
    Share

by

About Zizy Damanik Passionate in travel, photography, and digital content. Drop your email to hello@tehsusu.com to collaborate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *