Pertama Kali Naik Kereta Api? Tetap Bisa Nyaman Kok.

Selalu ada momen pertama kali buat apa pun. Ya kan? Demikian juga soal naik kereta api. Saya tuh pertama kali naik kereta api waktu mau jalan-jalan ke Jogja, ketika baru tamat sekolah menengah atas, berdua dengan teman. Kedua kalinya naik kereta api, juga ke Jogja. Haha… memang jodohnya begitu, Jogja. Dan saya sangat menikmati naik kereta api, lho.

Tips Buat Yang Baru Pertama Kali Naik Kereta Api

Moda transportasi kereta api memang banyak penggemarnya. Ini adalah salah satu moda transportasi publik yang ongkosnya relatif murah, dan cepat juga sampainya. Jadi ya gak heran kalau banyak pelancong yang lebih suka pakai kereta api kalau mau ke luar kota.

Bagi saya yang sekarang ini cukup sering melakukan perjalanan di seputaran pulau Jawa, saya termasuk yang rutin menggunakan kereta api. Soalnya naik kereta api itu seru, apalagi kalau ramai-ramai bareng teman. Dijamin akan penuh tawa dan cerita.

Keseruan naik KA ramai-ramai

Keseruan naik KA ramai-ramai

Biasanya kalau kita sudah punya rencana jalan ramai-ramai entah bulan depan atau beberapa bulan kemudian, salah satu dari kami sudah harus langsung cek jadwal dan harga tiket kereta api.

Lalu bagaimana sih sebenarnya cara agar nyaman naik kereta api, terutama yang baru pertama kali mencoba moda transportasi ini. Ya kalau kita pergi bareng teman kita yang sudah pengalaman ya aman yaaa… Tapi kalau sama-sama belum pernah naik kereta api bagaimana? Santai, gak terlalu sulit kok.

Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan, berdasarkan pengalaman pribadi saya yang sudah cukup sering naik kereta api.

Pesanlah Tiket Kereta Api Secara Online

Untunglah sekarang kita semua sudah masuk jamannya digital. Jadi mau beli tiket pun gak harus antri panjang di loket stasiun. Sekarang gampang, mau beli tiket bisa langsung online dari website atau dari aplikasi Traveloka.com. Lebih cepat dan praktis karena kamu bisa langsung pilih kelas yang diinginkan dan juga nomor kursi. Saat memilih kelas dan kursi juga bisa lebih tenang karena tidak perlu mengkhawatirkan orang yang antri di belakang kita andai kita mengantri di stasiun.

Kalau kamu sudah berhasil membeli tiket secara online, nanti kan akan dikirimkan e-ticket berisi kode booking tuh. Disimpan ya. Nanti untuk cetak boarding pass.

Baca juga: Cantiknya Panorama di Air Terjun Kedung Kayang

Siapkan Kartu Identitas Saat akan Berangkat

Ingat ya, selalu perhatikan jam batas check in yang tertera di e-ticket. Jangan sampai datang terlalu mepet, karena kamu masih harus ngeprint boarding pass.

Sudah tiba di stasiun? Nah, siapkan kode booking yang tadi sudah dikirim via email dan juga kartu identitas. Di tahap ini nanti kan kamu harus print boarding pass dulu di mesin check in mandiri yang berada di stasiun.

Sebenarnya yang kamu butuhkan hanyalah kode booking. Namun ketika situasi sangat ramai, biasanya ada petugas yang akan membantu proses print, biar antrian di mesin check in tidak terlalu lama, dan pak petugas juga suka meminta ditunjukkan kartu identitas.

Boarding pass sudah di tangan? Sip. Berarti sudah aman, bisa langsung masuk ke gerbang keberangkatan untuk menunggu. Boarding pass dan kartu identitas langsung saja pegang di tangan, jadi saat pemeriksaan juga cepat.

Pakai Pakaian Yang Nyaman

Bepergian dengan kereta api memang nyaman tapi juga bisa melelahkan. Jadi sebaiknya kita mengenakan outfit yang nyaman dengan bahan yang adem pula. Jangan sampai nanti kita sendiri yang kerepotan dengan yang kita pakai.

Sneaker, jeans atau celana katun yang nyaman bisa jadi pilihan. Kalau saya, pasti akan menghindari sepatu hak tinggi, dan baju dengan rok terlalu panjang dan lebar. Saat turun dari kereta api nanti, biasanya suasana akan cukup padat, jangan sampai keramaian membuat baju tersangkut, atau kaki tersandung.

Bawa Bekal Cemilan Makanan dan Minuman

Perjalanan jauh pasti akan lumayan menguras energi. Lalu kalau duduk lama di kereta api pun kita pasti cepat bosan, dan salah satu cara mengatasi bosan adalah mengunyah. Bawa cemilan favorit kamu, tapi jangan yang terlalu berbumbu juga, biar tidak sakit perut. Jangan lupa pula bawa air putih yang cukup.

Untuk makanan berat, di kereta api juga ada restorasi kok, biasanya pramugara pramugari KA akan lewat menawarkan menu yang tersedia. Tapi memang pilihan tidak terlalu banyak, jadi cemilan yang dibawa tadi akan sangat berguna.

Jangan lupa bawa buku bacaan dan charger

Makanan sudah habis tapi masih bosan? Masih ada smartphone untuk main game atau sekadar chatting dengan teman di grup messenger. Kalau begitu pastikan bawa charger ya, karena di kereta api disediakan fasilitas colokan di setiap jendela, jadi bisa dimanfaatkan untuk menambah daya smartphone. Kalau ada powerbank disimpan saja untuk keperluan di lokasi tujuan nanti.

Buku bacaan juga wajib bagi yang suka baca. Boleh novel, komik, majalah, sampai buku tts juga gpp sih. Lumayan kan mengasah otak isi tts sepanjang jalan.

Bawa Obat-obatan Pribadi

Pengalaman naik KA pertama kali tentunya akan punya efek berbeda bagi setiap orang. Jangan lupa bawa obat-obatan pribadi di tas, siapa tahu dibutuhkan mendadak.

Biar tidur nyaman, bawa bantal leher dan jaket

Kalau naik kereta api kelas executive, sudah disediakan selimut dan bantal. Tapi buat jaga-jaga bawalah jaket pribadi dan juga bantal. Kan kita tidak tahu sedingin apa AC di kereta api, apalagi kalau berangkatnya malam hari.

Nah, gampang kan naik kereta api? Jangan lupa untuk mematuhi peraturan yang berlaku ya, biar nyaman dan tenang sampai di tujuan. Dan tentu saja, jangan malu untuk bertanya pada petugas bila ada yang kurang jelas.

-ZD-

by

About Zizy Damanik | A Passionate Traveler and Photographer | Coffee Lovers | Beach Addicted |

2 thoughts on “Pertama Kali Naik Kereta Api? Tetap Bisa Nyaman Kok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.