Indahnya Nusa Penida Tak Terperi

Akhirnyaaaa….!
Kesampaian juga saya ke Nusa Penida. Weekend kemarin baru saja escape sebentar bareng keluarga i-Fotografi Indosat Ooredoo. Buat yang belum tahu, i-Fotografi ini adalah klub internal Indosat Ooredoo buat para karyawan yang hobi fotografi. Meski demikian, para lulusan alias mantan karyawan (seperti saya) juga masih boleh bergabung.

Spot Wisata Favorit di Nusa Penida

Nusa Penida sendiri diklaim sebagai salah satu pulau terindah di Bali, dan itu memang benar sih. Hampir gak ada pantai di tempat ini yang gak indah, itu saja satu contohnya. Ada banyak spot indah di Nusa Penida, jadi mungkin cocoknya 3-4 hari liburan ke sini.

Berlibur ke Nusa Penida itu wajib, karena di sini kita bisa menemukan view sejauh mata memandang, pantai dengan warna biru dan turqoise yang sungguh memabukkan. Nusa Penida sendiri sangat luas, jadi umumnya wisatawan yang akan stay lama di pulau ini menyewa sepeda motor biar mudah berkeliling dan mengakses spot yang lokasinya lebih mudah diakses dengan motor ketimbang mobil.

Memang untuk mencapai beberapa tempat ada yang berdekatan dan ada pula yang butuh waktu, dan butuh perjuangan. Perjuangan itu antara lain, jalanan rusak yang belum diaspal (maka siapapun di dalam mobil akan terguncang-guncang hebat), cuaca panas dan berdebu (saking berdebunya, tanaman di Nusa Penida juga berubah warna jadi abu-abu karena jarang mandi), akses turun naik ke spot yang memang relatif melelahkan.

Baca juga: Danau Tamblingan: Dingin, Mistis, dan Misterius

Kenapa? Karena perjuangannya luar biasa. Yang pertama saja, saat menyeberang ke Nusa Penida dari Sanur. Karena untuk naik ke kapal tidak dari dermaga, artinya harus basah-basahan kan. Kapal kami berangkat ketika air sudah agak naik. Jadi ombak-ombak datang silih berganti. Alhasil basahnya sampai ke pinggang, padahal sudah pakai celana pendek juga. Hahahah…. Kalah set sama ombak.

Berikut spot-spot yang kemarin kami kunjungi saat ke Nusa Penida. Pastinya setelah ini langsung ingin ke sana, deh.

1. Crystal Bay

Pantai ini sebenarnya dikenal sebagai pantai buat para pecinta diving. Ombak yang tenang, air jernih dan tentunya indahnya terumbu karang jadi daya tarik pantai ini. Sayang saya sudah beberapa tahun terakhir gak diving jadi belum bisa merasakan langsung keindahan alam bawah lautnya.

Meski demikian, sekadar berjemur di pantai juga oke lho. Jangan lupa pakai sunblock dulu, karena panasnya matahari kemarin itu terasa sangat luar biasa.

2. Pasih Uug alias Broken Beach

Tempat ini benar-benar mengagumkan keindahannya. Sulit dirangkai dengan kata-kata. Batu karang kokoh yang bisa diibaratkan ibu yang menjaga anak-anaknya. Lalu ombak-ombak besar dan kecil yang berlomba masuk ke dalam batu karang, ibaratnya anak-anak yang asyik bermain.

Saat memasuki spot ini ada papan petunjuk peringatan, semua resiko ditanggung sendiri. Jadi berfoto di tempat ini memang harus hati-hati, karena memang spot di atas ke bawah tidak dipasang pagar. Apalagi angin di atas sangat kencang.

3. Angel’s Billabong

Ini adalah spot instagramable di Nusa Penida. Letaknya satu lokasi dengan Pasih Uug. Spot ini adalah muara aliran air sungai sebelum sampai ke laut. Angel’s Billabong ini uniknya karena bentuk tebingnya yang sangat artistik, dan karena air kolamnya sangat jernih, maka karang-karang di dasar kolam terlihat begitu jelas.

Bagi yang mau berenang bisa turun ke bawah dan mencoba mandi-mandi di kolamnya.

4. Rumah Pohon

Di Nusa Penida pasti ada banyak hotel dan penginapan. Tapi jelas beda rasanya dibandingkan kalau bisa menginap di Rumah Pohon ini. Kalau pergi bersama pasangan, cobalah menginap di sini. Sensasinya pasti luar biasa, bangun pagi menatap matahari jatuh pas di cakrawala, dan sore hari pun bisa menikmati juga perjalanan matahari beristirahat. Sewa rumah pohon info terakhir sekitar Rp350 ribu per malam.

Kami kemarin hadir sangat pagi, ketika matahari baru bangun. Ah, indah betul.

5. Raja Lima Bukit Atuh

Tempat ini indah sekali. Luar biasa. Perjuangan sampai ke sini juga luar biasa, hahaha. Sebabnya karena kami harus berjalan kaki melintasi sepanjang sisi bukit dari Rumah Pohon. Kebetulan jalanan sedang ada renovasi, jadi mobil agak repot untuk memutar dan tidak bisa langsung sampai ke sana. Jadi kami tracking membelah hutan kering sepanjang bukit, dengan pemandangan hamparan laut luas di sebelah kanan.

Gugusan karang di sini benar-benar luar biasa indah. Bagi yang ingin menikmati berenang di pantai, bisa turun melalui anak tangga yang disediakan. Jumlah anak tangganya ada 250, jadi lumayan effort. Effort buat naik lagi ya! LOL.

6. Kelingking Beach

Kelingking Beach adalah icon Nusa Penida. Kalau dari puncak bukit, batu karang dengan liukan indah ini sungguh mempesona. Dari atas saja sudah indah, apalagi berenang di bawahnya, dengan pantai berpasir putih. Kalau datang saat weekend tempat ini memang pasti penuh oleh wisatawan, namun tak perlu khawatir, ada banyak tempat untuk mengambil foto.

Sebagai penutup, inilah kami keluarga besar i-Fotografi. 

-ZD-

by

About Zizy Damanik | A Passionate Traveler and Photographer | Coffee Lovers | Beach Addicted |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.