Informasi Penting Buat Kamu Yang Mau ke Nusa Penida

Minggu lalu saya dapat direct message dari seorang teman lama di Medan. Katanya dia dan keluarganya berencana berlibur ke Nusa Penida, dan karena baru pertama kali, ingin tahu lebih banyak tentang persiapannya. Karena kami saling follow di Instagram, dia tentu kalau saya sudah pernah menginjakkan kaki ke pulau eksotis itu.

Nusa Penida merupakan salah satu pulau yang masih menjadi bagian dari Pulau Bali namun dipisahkan oleh Selat Badung. Pulau yang terletak di sebelah tenggara Bali ini memang menjadi salah satu destinasi liburan favorit karena daerahnya yang masih alami.

Bagian perairan Nusa Penida juga terkenal dengan airnya yang jernih sehingga menjadi pilihan wisatawan untuk menyelam. Kawasan yang terkenal untuk menyelam seperti Malibu Point, Manta Point, Bali Meling, Batu Lumbung, Batu Abah, Toyapakeh dan Crystal Bay.

Namun pesona Nusa Penida bukan hanya khusus untuk para diver saja. Buat yang suka mandi di pantai berjemur sinar matahari, pulau ini juga punya banyak pantai cantik untuk itu.

Tips Traveling ke Nusa Penida

Tips Sebelum Traveling ke Nusa Penida

Untuk dapat berlibur di Nusa Penida, tentunya ada beberapa hal yang perlu disiapkan, karena meskipun pulau ini termasuk dekat dari pulau Bali, namun bukan berarti sama seperti Bali. Gampangnya adalah, kalau di Bali itu ramai dan sibuk, Nusa Penida belum tentu.

Karena itu, yuk simak tips berlibur di Nusa Penida yang akan saya share berikut ini.

  • Menginap di Sanur dan Naik Kapal Cepat

Untuk dapat mengunjungi Nusa Penida, kamu diharuskan menyeberang dari Pulau Bali. Ada banyak pilihan transportasi yang bisa kamu gunakan seperti fast boat, speed boat, kapal tradisional atau kapal feri.

Namun menurut hemat saya, sebaiknya kamu menyeberang ke Pulau Nusa Penida dengan menggunakan fast boat melalui pelabuhan Sanur dengan harga tiket sekitar Rp 75.000. Waktu keberangkatan dari Sanur ke Nusa Penida adalah setiap pukul 08.15, 10.45 dan 15.00 WITA. Soalnya sayang kalau menghabiskan waktu lebih lama di jalan, jadi sebaiknya naik kapal cepat.

Pengalaman saya terakhir ke sana dengan rombongan, kami mengambil hotel di seputaran Sanur juga agar paginya masih cukup santai untuk jalan-jalan di pantai. Kira-kira jam sembilan pagi baru kami tiba di Pelabuhan Sanur.

Kalau pergi dengan rombongan besar, sebaiknya beli tiket jauh-jauh hari agar tidak kehabisan. Bisa beli online juga di situs layanan tiket perjalanan dan akomodasi. Kalau saya biasanya cek-cek harga tiket itu di Traveloka.


Baca juga: Kalau ke Pantai Sanur, Bisa Ngapain Aja ya?


  • Pakai Pakaian Santai, Sandal Jepit, dan Dry Bag

Ini penting, hehe. Karena kalau kamu akan menyeberang dengan fast boat, maka belum tentu fast boat itu berhenti di dermaga. Kamu harus siap dengan arahan untuk naik ke kapal dari tepi pantai.

Maka pakailah celana pendek atau celana panjang dengan bahan quick dry, sandal jepit yang sudah dimasukkan ke dalam plastik, serta simpanlah barang-barang berharga seperti dompet, kamera dan lainnya di dalam drybag.

Bersiaplah untuk terkejut jika tiba-tiba ombak besar datang menghempas. Hehe. Jadi perhatikan arahan dari para abk, kapan waktu yang pas untuk naik ke kapal, ya. Kalau tidak, hempasan ombak bisa langsung membasahi sampai ke atas pinggang.

Dan bagi yang membawa backpack kamera, sebaiknya tutup dulu pakai rain coat ketika akan naik ke kapal.

  • Siapkan Uang Tunai

Nusa Penida tidak seperti Bali yang memiliki mesin ATM hampir di setiap titik keramaian. Tidak mudah menemukan mesin ATM di Nusa Penida, kalau pun ada letaknya cukup jauh. Karena itu, saya sarankan kamu menyiapkan uang tunai terlebih dahulu agar tidak perlu repot-repot mencari ATM.

Pastikan uang tunai kamu cukup untuk akomodasi, oleh-oleh, keperluan pribadi dan pengeluaran tidak terduga.

  • Pilih Waktu Keberangkatan Yang Pas

Waktu keberangkatan juga harus diperhatikan sebelum menentukan waktu traveling. Sebaiknya tidak pergi ke Nusa Penida saat sedang musim hujan, karena umumnya angin dan ombak akan cukup kencang. Apalagi yang penakut sama air, bisa deg-degan hebat sepanjang perjalanan.

Saya baca kalau bulan Juni bukanlah bulan yang direkomendasikan untuk ke Nusa Penida karena karena pada bulan tersebut angin dari Australia sedang berhembus kencang yang membuat ombak di sekitar Bali cukup besar.

Kemudian yang harus kamu perhatikan lagi adalah menyesuaikan jadwal berlibur ke Nusa Penida dengan jadwal hari raya umat Hindu. Sebab, hampir sepanjang tahun umat Hindu punya kegiatan ritual persembahyangan, sehingga sewaktu-waktu pemerintah daerah bisa menutup penyeberangan ke Nusa Penida atau pulau lainnya.

  •  Sewa Tour Guide

Jika ini pertama kalinya kamu mengunjungi Nusa Penida, saya sarankan kamu menyewa seorang Tour Guide. Hal itu untuk memudahkan kamu, karena sinyal di Nusa Penida masih terbilang jelek sehingga kamu akan kesulitan untuk membuka GPS.

Memakai jasa tour guide tentu sangat membantu karena mereka biasanya lebih tahu kapan waktu tepat untuk datang ke suatu tempat wisata, kemudian juga menjelaskan lebih jauh mengenai kearifan lokal.

  • Pertimbangkan penginapan yang menyediakan sarapan

Saat ini penginapan memang sangat mudah dicari menggunakan aplikasi. Namun pastikan penginapan yang akan kamu booking menyediakan sarapan atau ada fasilitas restorannya. Di Nusa Penida tidak ada banyak restoran, dan kalau pun ada, jaraknya lumayan jauh.

Jangan lupa juga untuk booking restoran kalau kamu datang dengan rombongan. Tapi kalau sekadar mencari pengganjal lapar, warung makan pinggir jalan juga bisalah. Meskpun hanya menyediakan makanan seadanya seperti mie instan dan makanan ringan.

  • Siapkan Perlengkapan

Wisata ke Nusa Penida bisa dikatakan wisata alam, jadi pastikan kamu tidak membawa perlengkapan yang tidak berguna ya. Yang pasti harus dibawa itu adalah topi, sunblock, dry bag, sandal gunung, juga jaket hoodie.

Tips Traveling ke Nusa Penida

Seperti kata saya tadi di atas, karena kemungkinan besar kita akan basah saat menyeberang, maka siapkan baju atau celana ganti di dalam dry bag kamu.

  • Pastikan Kondisi Tubuh Prima

Kamu harus memastikan kondisi tubuh kamu sedang dalam keadaan prima. Terutama jika kamu berwisata di daerah Nusa Penida bagian Timur yang harus melakukan trekking yang menguras tenaga. Bawa vitamin dan obat-obatan untuk berjaga-jaga. Dan yang paling penting, jangan paksakan perjalanan jika rasa-rasanya tubuh sudah merasa tidak sanggup.

Sekian tips yang saya berikan. Semoga bisa membantu liburanmu semakin lancar. Happy holiday!


Baca juga:

1. Wah! Ternyata Saya Memotret dari Pinggir Tebing!

2. Indahnya Nusa Penida Tak Terperi

3. Liburan Murah Bersama Keluarga dengan Promo Tiket Kereta Api


-ZD-

by

About Zizy Damanik | A Passionate Traveler and Photographer | Coffee Lovers | Beach Addicted |

One thought on “Informasi Penting Buat Kamu Yang Mau ke Nusa Penida

  1. Pingback: Slow Traveling Jadi Tren Traveling 2020 | | Mom Travel & Photography Blog - Zizy Damanik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.