6 Tips Agar Hidup Lebih Tenang Menyambut 2021

Tips Menyambut 2021

Setiap individu pasti punya masalah masing-masing, dan bagaimana cara menyikapinya juga berbeda. Apalagi di tahun 2020 ini COVID-19 telah membuat begitu banyak perubahan drastis pada seisi dunia. Tidak bisa dipungkiri banyak yang merasa depresi di tahun ini. 

Kali ini Tehsusu.com akan membagikan tips mengenai bagaimana cara kita semua dapat menjalani hidup dengan lebih tenang dan menyenangkan. Tercetus untuk menulis ini agar menjadi catatan dan niat bagi diri sendiri juga agar bisa menjalani hidup dengan lebih tenang, kemudian agar siap pula menyambut tahun 2021.

Kunci utama agar bisa tenang menjalani hidup adalah dengan mengatur keseharian dan cara kita memandang sesuatu dengan lebih baik. Ini dia tipsnya.

Jangan gampang skeptis dan berpikiran negatif

Tahun 2020 sejatinya hanya 2 bulan, bukan? Sisanya adalah ketidakpastian, penuh dengan banyak peristiwa yang mengejutkan, pandemi, bencana, perang politik, dan lain-lain yang tidak menyenangkan, namun bukan berarti kalian bisa terus memandang segala sesuatunya negatif. Jangan selalu mencari kesalahan dalam hidup kalian ataupun orang lain, karena bila hal ini sudah menjadi kebiasaan maka akan mempengaruhi keadaan emosi.

Atur ulang cara pandang dan cara berpikir, jangan mencari negatifnya tapi pandanglah kemungkinan-kemungkinan terbaik yang bisa terjadi. Kita semua butuh kehidupan dan kesehatan mental yang baik, yang harus dimulai dari cara berpikir.

Baca juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental selama Pandemi COVID-19

Meski manusia makhluk sosial, tetap butuh batasan dengan orang lain

Bukan berarti kalian harus menjadi individualistis, tapi kalian harus tahu bahwa setiap orang adalah sosok pribadi yang pastinya unik dan berbeda dengan yang lain. Buatlah batasan atas diri kalian terhadap orang lain, termasuk pasangan ataupun anak.

Tujuannya agar kalian bisa mengatur hidup dengan lebih baik, dan agar semua saling menghormati batasan masing-masing. Dengan membuat batasan, kalian jadi punya waktu untuk mengatur hidup, dan mulai belajar menyayangi diri sendiri.

Kurangi membaca berita negatif

Televisi, dan juga media sosial penuh dengan berita, dan tahun ini memang semua berita negatif cukup menguasai. Banyak membaca atau menonton berita akan membuat otak berpikir keras dan memicu stress serta pikiran negatif seperti pada poin 1.

Bila menerima banyak forward-an pesan dengan judul provokatif, skip saja. Tidak usah dibaca. Selain berita itu belum tentu benar, juga bisa membuat kalian jadi marah dan depresi.

Bagaimana caranya agar tidak terpapar berita negatif? Kurangi mengonsumsi sosial media, bikin batasan kapan harus membaca dan berapa lama. Kapan juga saatnya membuka channel berita, aturlah prioritas untuk itu. Kurangi waktu untuk hal-hal yang membuat hidup tidak berkembang. Sebaliknya perbanyak membaca buku, melakukan hal yang memperkaya kualitas diri, dan mempelajari ilmu baru.

Lebih well-organized

Ketika seseorang tahu apa saja yang akan dia lakukan, baik hari ini, besok dan seminggu ke depan, maka hidupnya akan lebih tenang. Buatlah rencana apa yang akan dilakukan dalam hidup ini, dengan lebih teratur agar bisa membantu menjalani hidup dengan lebih mantap.

Matangkan perencanaan terkait keuangan, prioritas, dan juga manajemen waktu. Seperti kondisi di 2020 yang tidak terduga ini, sangat mungkin terjadi lagi, karena itu pengaturan keuangan mesti jelas.

Tentukan pula mana yang akan menjadi prioritas dalam pekerjaan agar waktu kalian tidak terbuang sia-sia. Menjadi well-organized adalah satu langkah paling penting untuk membuat hidup jadi minim stres.

Baca juga: 9 Tips Manajemen Waktu untuk Ibu Super Sibuk

Cari hobi dan minat baru

Bukan berarti kita tak boleh menekuni hobi lama, tapi hobi baru akan sangat menantang dan bisa memberikan pengalaman baru yang menyenangkan. Tahun 2021 nanti, cobalah cari apa saja hal baru yang menark yang bisa kalian tekuni.

Kalau sekarang ini, misalnya kalian sudah punya hobi menanam tanaman hias, maka tahun depan perdalamlah ilmu dan kegiatan ini agar hati lebih bahagia. Kalau kalian suka memasak, lakukan pula kegiatan ini secara konsisten agar suasana hati selalu tertata dengan baik.

Aktivitas baru yang dilakukan sepenuh hati pasti akan membuat hari-hari jadi lebih menyenangkan dan akan membuat suasana hati menjadi lebih positif, hidup pun lebih tenang.

Perbanyak jalan-jalan dan piknik

Mungkin di tahun 2021 kalian belum bisa traveling jauh-jauh, namun jalan-jalan di kota sendiri atau mungkin pula melakukan perjalanan darat dengan mobil, sangat bisa menjadi pilihan.

COVID-19 telah membuat otak kram sekian bulan, maka jalan-jalan akan membuat hati dan pikiran lebih fresh, minim stres.

Itu dia, tips singkat tentang bagaimana caranya menjalani hidup tanpa stress berlebih. Share di kolom komentar bila kalian juga punya tips lainnya.

-zd-

 

Sharing is Caring

by

About Zizy Damanik Passionate in traveling, photography, and digital content. I have a professional experience as a digital marketer and social media strategist at Telco and OTT. Drop your email to zizydamanik22@gmail.com to collaborate.