Ada 7 Tips, Biar Bisa Liburan Nyaman Saat Weekend

Spread the love
  • 2
    Shares

Gak terasa sudah weekend lagi.

Tadi baru saja baca di salah satu situs berita, isunya adalah tentang mobilitas warga Jakarta yang semakin meningkat padahal masih pandemi. Lho kok mesti heran ya. Masa baru ngeh sekarang?

Jakarta ini sudah padat lagi lho. Sejak akhir tahun lalu, jalan sudah kembali macet, sama seperti masa-masa sebelum pandemi. Minggu lalu ketika saya keluar rumah, saya menghitung berapa lama saya terjebak macet untuk sampai ke Lapangan Ros. Apakah berkurang, tetap, atau bertambah. Dan hasilnya, butuh satu jam sepuluh menit hanya untuk sampai di Tebet. Itu adalah new normal yang normal, karena dua tiga tahun lalu juga begitu.

Artinya apa ya kira-kira? Ya bisa jadi karena memang aktivitas perkantoran sudah mulai normal dibuka. Lalu perekonomian perlahan menggeliat. Dan iya, kita memang harus keluar cari uang toh, karena gak semua orang bisa kerja dari rumah.

Belakangan juga teman-teman di grup cerita kalau mereka dan keluarga sudah mulai rutin jalan tiap weekend. Liburan atau bepergian saat weekend buat mereka karena sekarang bisa dibilang rutin dan wajib agar keluarga tidak stress karena hari-hari beraktivitas di rumah.

Teman-teman milenial saya pun termasuk yang suka bepergian di akhir pekan, dan mereka selalu memastikan segalanya dirancang dengan baik. Salah satunya adalah harus yakin kuota internet masih ada, agar selama liburan tetap terus bisa berkomunikasi.

liburan weekend

Berikut ini adalah tips liburan nyaman hasil dari sharing teman-teman yang suka melalak.

1. Terus terhubung dengan keluarga

Jangan mengabaikan keluarga yang menanti di rumah. Ataupun yang masih single tapi sudah tinggal terpisah dengan orang tua, tetap harus terus memberi kabar pada keluarga. Anak muda biasa suka santai merasa “Ah kan perginya dekat ini,” tapi orang tua atau keluarga di rumah pasti ada sedikit khawatir. Janganlah cuma mengandalkan menelepon pakai jaringan internet seperti WhatsApp call, karena kalau liburannya agak di pelosok susah sinyal kan? Beli saja paket nelpon dan SMS yang cocok dengan kebutuhan kalian. Rekomendasi saya untuk pengguna IM3 Ooredoo beli paket Freedom Combo, paket dengan kuota besar dan nelpon sepuasnya ke semua operator. Lalu kalau pengguna kartu Simpati, selain Combo Sakti Unlimited, bisa ditambah dengan beli paket TM Seharian All Operator.

Kalau yang liburan ke luar negeri, apalagi kalau bukan cari paket roaming sale di e-commerce. Biar ongkos liburan juga lebih hemat.

2. Jepret sebanyak mungkin momen selama liburan, dan unggah ke media sosial kalau memang sudah lowong waktunya dan kalau memang mau

Sebagian orang merasa liburan berarti wajib upload foto ke media sosial. Tapi ya gak perlu setiap menit juga sih update di Instagram stories, kapan menikmati liburannya dong. Gak mesti semuanya juga dipost. Kadang kenangan manis saat foto liburan cukup kalian sendiri yang merasakan dan menikmati.

Kalau mau upload secara real time saat liburan, pastikan tadi kuota internet ada, dan memang waktunya pas dan tidak mengganggu kenyamanan kalian selama di destinasi wisata. Yang penting liburan harus lancar dan menyenangkan.

tips liburan saat weekend

3. Baterai gadget dan kamera harus full

Gak mau kan kehabisan daya ponsel saat baru tiba di tempat tujuan. Disayang-sayanglah dulu, biar ponsel juga lebih awet. Kemudian bila membawa kamera juga pastikan sudah mengisi baterai hingga full (dan mengosongkan memory).


Baca juga: Menikmati Keindahan Bukit Gajah Bobok


Cuaca memang tidak bisa diprediksi keakuratannya, karena itu pastikan kalian selalu siap dengan segala perintilan kecil untuk memudahkan liburan. Sebelum berangkat, bukalah aplikasi cuaca di ponsel untuk mengetahui prakiraan cuaca di tempat tujuan. Kemudian bila ternyata kalian bepergian ke tempat wisata outdoor yang basah-basahan begitu, bawa tas kedap air atau plastik kedap air untuk ponsel.

Kalau kalian pergi dengan backpack, bekali juga dengan mantel pelindung tas biar aman sentosa.

5. Bawa barang-barang penting saja

Berakhir pekan kan hanya dua tiga hari paling lama ya, maka ini bisa jadi panduan ingin membawa barang berapa banyak. Bawa hanya yang pentin saja agar tidak membebani perjalanan, dan kalian juga bisa lebih ringkes bergerak selama liburan. Ya dua tiga setel baju cukuplah, dengan tambahan jaket, dan kotak toilettries mini. Kalau mendadak ingin punya setelan baru buat liburan, tinggal melipir ke store-store online, misalnya Berrybenka.

6. Bawa organize bag

Agar mudah mengambil barang-barang seperti ponsel, kamera, charger, dompet, atau lainnya, gunakan tas organize di dalam tas yang kalian pakai entah backpack atau koper, jadi semua terorganisir. Jadi bila butuh cepat, tidak perlu membongkar tas utama.

7. Bawa daya tambahan (powerbank)

Benda ajaib ini sekarang jadi barang yang tak boleh ketinggalan. Gak mau kan, smartphone atau kamera mendadak mati saat akan mengambil foto terbaik di tempat yang belum tentu bisa didatangi lagi nanti. Apalagi kalau mendadak kalain harus melakukan panggilan darurat. Bawalah lebih dari satu powerbank, untuk berjaga-jaga bila kalian harus seharian berada di luar hotel, sehingga tidak bisa mendapatkan colokan.

Semoga tips di atas berguna ya!

by

About Zizy Damanik Passionate in traveling, photography, and digital content. I have a professional experience as a digital marketer and social media strategist at Telco and OTT. Drop your email to zizydamanik22@gmail.com to collaborate.

2 thoughts on “Ada 7 Tips, Biar Bisa Liburan Nyaman Saat Weekend

  1. Zam

    kayanya tips ini ngga cuma cocok diterapkan saat weekend, tapi setiap liburan! ?

    soal kuota dan baterai gawai itu bener banget..

    • Zizy Dmk

      Iya, tapi khusus weekend itu biasanya orang suka go show dan tanpa perencanaan jadi kadang ada yang kelupaan. Lupa isi batre kamera or powerbank contohnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *