Tips Biar Hemat Saat Traveling ke Luar Negeri

Spread the love
  • 1
    Share

Tips Biar Hemat Saat Traveling ke Luar Negeri

Masih pandemi kok sudah ngomongin traveling ke luar negeri? Ya gpp sih, siapapun sebenarnya tetap bisa ke luar negeri di tahun 2021 ini selama mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh tiap negara.

Memiliki hobi jalan-jalan mengunjungi banyak destinasi keren di seluruh dunia pasti menyenangkan. Tak heranlah orang banyak yang ingin jadi traveler, ya kan? Traveling tidak hanya memberikan banyak pengalaman baru, namun juga akan menambah wawasan kita, mulai dari sejarah, kebudayaan, termasuk yang bisa didapat langsung ketika kita ada di negeri orang.

Namun traveling ke luar negeri membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Salah satunya adalah akses komunikasi agar bisa tetap online selama traveling di luar negeri.


Baca juga: Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Traveling di 2021


Beberapa waktu lalu ada komentar yang masuk di salah satu video di channel YouTube saya yang lain. Itu adalah video edukasi mengenai paket internasioal roaming IM3 Ooredoo yang saya upload di channel saya, sebagai portfolio sebagai produser dan director untuk video itu.

Jadi ybs bertanya, apakah dia masih bisa mengaktifkan paket roaming saat sudah berada di luar negeri? Kebetulan dia saat itu sudah tiba di luar negeri dan baru sadar kalau dia belum mengaktifkan paket roaming? Dan lucky me, dia mungkin browsing dan menemukan video di channel saya itu.

Jawabannya? Bisa. Caranya? Langsung saja cek di websitenya, di halaman paket internasional roaming.

Coba Aja Beli Paket Data Roaming di e-Commerce, Biasanya Lebih Hemat!

Sebenarnya agar lebih mudah dan praktis, sebelum berangkat traveling ke luar negeri, pastikan sudah mengaktifkan paket data roaming. Dan kalau gak mau repot banget ya bisa langsung beli di e-commerce.

Saya coba cek di Tokped, semua paket data roaming dari berbagai operator ada di sana. Indosat Ooredoo, XL, Telkomsel, ada semua paketnya. Beli di e-commerce biasanya ada harga khusus, jadi harus cepet-cepetan sebelum kuotanya habis.

roaming sale di eccomerce

Tapi benar kan, paket roaming ini memang wajib kalau kita mau traveling. Jangan hanya mengandalkan Wi-Fi lah. Apalagi kalau kita termasuk orang yang aktif online, seperti upload foto di media sosial, video-call-an dengan keluarga di tanah air, atau yang aktif buka email setiap saat. Wajib ada paket roaming biar tidak was-was kehilangan koneksi internet. Jadi saat eksplor kota di destinasi negara tujuan, aman!

Tips Travelling Hemat Tanpa Khawatir Dompet Koyak

Oke, selain tips bagaimana bisa hemat dengan mencari roaming sale di e-commerce, berikut ini beberapa tips traveling ekonomis yang bisa dicoba:

1. Pergi Travelling Saat off-season

Sebaiknya hindari traveling saat musim liburan, peak seaon. Umumnya saat peak-season semua harga naik, dan meskipun beberapa penyedia layanan jasa perjalanan suka memberi harga khusus di peak-season, sebenarnya itu masih termasuk mahal juga dibandingkan kalau kalian pergi saat off-seaon.

Harga tiket pesawa terbang, tiket hotel, makanan, biasanya semuanya naik menjelang masa-masa peak, seperti saat libur Natal dan Tahun baru, Paskah, Idul Fitri, dan termasuk juga saat liburan sekolah.

Kalian bisa menghemat uang lebih banyak bila pergi travelling saat rate penerbangan dan rate hotel sedang turun. Selain itu, kalian juga menikmati tempat destinasi dengan lebih leluasa tanpa kerumunan wisatawan. Ingat ya, karena masih pandemi, berlibur saat off-season bisa jadi pilihan.

2. Bijak memilih maskapai penerbangan

Saat menyiapkan perjalanan jauh, tiket pesawat terbang sebaiknya harus sudah dibooking sejak jauh hari. Kalau bisa pesan 3-4 bulan sebelumnya, karena maskapai sewaktu-waktu suka memberi promo tiket. Harga yang sangat khusus memang biasanya ada charge pula untuk seberapa banyak barang bagasi, jadi mesti ekstra teliti saat memilih maskapai. Kalau kalian memang tidak ingin membayar lebih untuk barang, maka sebaiknya tetap bawa barang yang ringkas dan tidak berlebihan biar anggaran traveling tetap aman dan hemat.

Pesan tiket pesawat

Pesan tiket pesawat (made with Canva)

3. Jajal makanan lokal atau street food

Memang tidak mudah membiasakan lidah dengan taste makanan di negeri orang. Namun salah satu tips berhemat adalah dengan mencoba makanan lokal, yang bisa kamu lihat atau ditemui sepanjang jalan. Tentunya setelah observasi dan melihat bahwa makanan lokal itu merupakan makanan favorit orang lokal, artinya makanan itu memang enak.

Makan di kafe atau restoran pasti bisa membuat ongkos liburan bengkak, kan sayang kalau uang habis hanya untuk dipakai makan di restoran mahal. Mencoba makanan lokal sekaligus akan mendapatkan pengalaman mencicipi makanan otentik yang juga nikmat. 

4. Pilih hotel dan akomodasi yang murah tapi tidak murahan

Kalau kalian adalah solo traveler, maka mencari hotel akomodasi yang murah akan memberikan manfaat lain, seperti bertemu teman baru. Sekarang mau mencari akomodasi yang terjangkau dengan isi dompet lebih gampang karena banyak situs akomodasi yang bisa membantu. Kalian pasti sudah tahulah Airbnb, RedDoorzm atau aplikasi lainnya. Tidak hanya ekonomis, kalian juga bisa mendapatkan menginap di local guest house yang pastinya lebih otentik.

pesan akomodasi di airbnb

Pesan akomodasi di airbnb, (made with Canva)

Kemudian, yang sudah pasti adalah, agar bisa hemat traveling ke luar negeri, gunakan tranportasi umum untuk mencapai destinasi wisata, atau berjalan kaki untuk mengeksplor kota di malam hari misalnya. Ini bukan hanya menghemat banyak, tapi pastinya pengalamannya terasa sangat berbeda karena kalian jadi bisa bertemu dan bergaul langsung dengan warga lokal.

Sekian tips dari kami. Sebagai penutup, jangan lupa pula untuk tetap giat menabung agar nanti bisa puas traveling ke luar negeri.

-zd- 

by

About Zizy Damanik Passionate in traveling, photography, and digital content. I have a professional experience as a digital marketer and social media strategist at Telco and OTT. Drop your email to zizydamanik22@gmail.com to collaborate.

One thought on “Tips Biar Hemat Saat Traveling ke Luar Negeri

  1. Pingback: 7 Tips Liburan Nyaman Saat Weekend | Life & Travel Journal Blogger Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *