Seindah Apa Sih Wisata Pantai di Kuta Bali?

Wisata Kuta Bali memang sangat populer. Saya yakin, setiap kali ada yang menyebut tentang Bali, yang paling sering disebut pertama kali adalah Kuta Bali. Kita bisa lihat sendiri bagaimana kawasan Kuta dipadati oleh wisatawan setiap harinya, baik wisatawan dalam negeri maupun wisatawan mancanegara. Seperti tak kenal kata sepi.

Kuta adalah sebuah kecamatan yang berada dalam wilayah administratif Kabupaten Badung, Bali, Indonesia. Memiliki luas areal secara keseluruhan 17 kilometer persegi. Kalau sering ke Bali, dan menggunakan jasa pemandu wisata, mereka akan menjelaskan lebih detail bahwa Kuta sendiri terbagi dalam 3 (tiga) kecamatan yang berbeda: Kuta, Kuta Utara, dan Kuta Selatan.

Kalau di Kecamatan Kuta ada 5 kelurahan atau desa yaitu Kedonganan, Tuban, Kuta, Legian dan Seminyak, Kuta Utara punya 7 desa yaitu Kerobokan Kelod, Kerobokan, Kerobokan Kaja, Tibubeneng, Canggu dan Dalung. Sementara yang termasuk wilayah Kuta Selatan itu adalah Pecatu, Ungasan, Kutuh, Benoa, Tanjung Benoa dan Jimbaran.

Saya adalah satu dari sekian banyak orang Indonesia yang tak pernah bosan liburan ke Bali. Aura Bali itu membawa perasaan senang dan rileks gitu, jadi meskipun kita semua sama-sama tahu bahwa Bali tak pernah lepas dari macet saat liburan, buat saya tetap tempting lho buat dikunjungi.

Nah meski termasuk sudah beberapa kali ke Bali, saya masih selalu harus browsing benar-benar ketika mencari tempat wisata yang mau dikunjungi, biar nanti bisa menentukan dengan tepat hotel untuk menginap.

Dulu, saat belum terlalu hafal nama-nama tempat di Bali, saya suka asal sebut saja kalau ditanya mau menginap di mana. Jawabnya singkat kalau ditanya sama rekan ahensi yang lagi cari akomodasi buat para pelanggan yang mau diajak ke Bali. “Cari yang dekat Kuta.” Lalu saat dikasih tahu bahwa kita akan menginap di Legian, saya heran. “Kok bukan Kuta?” Jadi dulu itu saya gak tahu lho kalau Legian itu juga masuk wilayah Kuta. Hahaha..

So harus jelas, ya. Soalnya Kuta itu luas. Misalnya nih, tujuan utama kita adalah wisata pantai di Kuta, maka carilah hotel dekat pantai Kuta. Jangan sampai salah pilih lokasi hotel, nanti malah jadi lama di jalan.

Kalau saya, biar pencarian lebih mudah, saya akan cari di Traveloka. Lebih gampang dan lebih jelas karena nama desa atau kelurahannya terpampang nyata begitu kita ketik “Kuta” dan klik “Search”.

“Kuta, Kuta.”

“Legian, Kuta.”

“Seminyak, Kuta.”

“Tuban, Kuta.”

Silahkan dilanjutkan dengan pilihan akomodasi yang diinginkan. Mau vila, hotel, homestay, atau resort. Ada juga pilihan “Pay at Hotel” lho, lumayan nih untuk mengatur cash flow. Jadi bisa booking sekarang untuk bulan depan, bayarnya ya pas di hotel saja.

Pilihan pembayaran lainnya yang juga akan sangat membantu cash flow adalah Traveloka PayLater. Ini adalah adalah fasilitas baru dari Traveloka, jadi kita dapat melakukan cicilan tanpa kartu kredit dengan biaya cicilan yang rendah. Ini aplikasi yang bisa mewujudkan keinginan liburan mendadak dengan nyaman. Proses pendaftarannya juga cepat dan mudah, dan tidak ada biaya tambahan seperti biaya tahunan dan uang muka.

Dan, Traveloka PayLater ini didukung oleh Danamas sebagai mitra resmi yang terdaftar dan pertama kali memiliki izin beroperasi dari OJK.

Jadi, ada yang ngajak liburan dadakan? Sikaattt…!

Tempat Wisata Pantai di Kuta Bali

Sekarang kita bahas tentang wisata alam khususnya wisata pantai yang berada di desa Kuta Bali yang famous.

Pantai Kuta

Ini dia pantai yang menjadi destinasi primadona turis mancanegara. Sejak tahun 1970-an, Pantai Kuta sudah menjadi wisata utama Pulau Bali, dan tetap tak surut pesonanya sampai hari ini. Ini adalah pantai yang wajib dikunjungi bagi yang baru pertama kali traveling ke Bali.

Daya tarik utamanya adalah bisa menikmati indahnya matahari terbenam, sehingga disebut juga sebagai pantai matahari terbenam. Kebalikan dari Pantai Sanur yang merupakan pantai matahari terbit.

Daya tarik lain dari pantai ini adalah ombaknya yang bagus bagi mereka para penggemar olahraga surfing.

Pantai Canggu atau Echo Beach

Saya pernah menulis tentang Echo Beach, pantai indah yang berada di kecamatan Kuta Utara ini.

Daya tarik pantai ini terletak pada hamparan pasirnya yang berwarna abu rokok. Dengan air laut hijau kebiruan, pantai ini juga punya gelombak air laut yang cukup tinggi. Tak heran Pantai Canggu ini juga jadi pilihan para peselancar.

Terakhir saya ke sini dengan teman-teman sesama tukang foto. Saat itu matahari masih cukup terik, sehingga saya memutuskan untuk ngadem bentar di atas. Eh tapi kok bosan juga ya.

Saat turun ke pantai, baru saya lihat banyak sekali biota laut bertebaran di antara karang-karang. Pemandangan yang indah untuk sebuah pantai yang bisa dikatakan sudah jadi pantai wisata. Pantai Echo ini juga tergolong pantai yang bersih, bisa jadi karena jumlah wisatawan yang ke sini tak sebanyak di Pantai Kuta.

Jadi bagi yang suka bersantai di pantai dengan suasana nyaman, Echo Beach ini bisa jadi pilihan. Di sini jauh lebih tenang dari pada pantai-pantai lain yang jadi tetangganya, seperti Seminyak, Legian, sampai Kuta. Lebih sepi, dan lebih privat.

Secret Beach Pandawa

Ini adalah salah satu pantai yang sudah ramai hampir sama seperti Pantai Kuta. Bedanya di sini terlihat lebih banyak turis Asia-nya. Dikatakan secret beach karena letak pantai ini berada di balik tebing. Untuk mencapai Pantai Pandawa, kita akan berjalan melewati dinding-dinding tinggi yang terbuat dari kapur.

Pantai Pandawa Bali

Ini adalah pandangan pantai idaman yang sesungguhnya dalam versi saya, hahaha…

Pantai Pandawa memiliki pasir yang putih bersih. Airnya jernih dan bibir pantainya juga cukup jauh. Yang menarik lagi, tidak banyak karang besar (seperti di Pantai Canggu) sehingga kalau bawa anak-anak wisata pantai, maka pantai ini bisa jadi pilihan.

Pantai Tanjung Benoa

Ini adalah pantai yang terletak di Kuta Selatan. Pantai ini lebih dikenal sebagai pusatnya wisata water sport. Jadi kalau suka main air dan suka berpacu dengan adrenalin, pergilah ke Tanjung Benoa.

Sebut saja parasailing, surfing, kite surfing, scuba dive, sea walker, sampai yang standar: snorkeling. Semua aktivitas bisa dipilih, tentu saja harus yakin dulu dengan kemampuan diri ya.

Saya sudah beberapa kali ke Tanjung Benoa ini, untuk main wahana air. Namun yang terakhir kali, ke sini bareng Dek Vay, saya ajak dia untuk melihat penangkaran penyu di Turtle Island. Nyebrangnya ya dari dermaga Tanjung Benoa juga.

Pantai Tanjung Benoa Bali

So, itulah sebagian dari keindahan wisata pantai di seputaran Kuta, Bali. Kalau mau dikulik-kulik lagi jelas masih banyak wilayah lain di Bali yang punya wisata dengan sejuta keindahan, tapi itu lebih enak dibahas di lain waktu.

Selamat berlibur ke Bali!

-ZD-

by

About Zizy Damanik | A Passionate Traveler and Photographer | Coffee Lovers | Beach Addicted |

5 thoughts on “Seindah Apa Sih Wisata Pantai di Kuta Bali?

  1. Pingback: Weekend Seru di Pesona Alam Resort And Spa Cisarua | | Mom Travel & Photography Blog - Zizy Damanik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.