review Dopod 900

Karena ada permintaan review dari Ajiep, jadi saya buat deh reviewnya. Penting gak siy ditulis soal fitur-2nya, soalnya ni gadget gak keluar lagi, jadi kalo minat agak susah cari yang masih gres. Klo beruntung akan dapat yang 2nd dgn kualitas bagus.

Spesifikasi
  1. Layar : 65K colours, touch screen, 3.6″, VGA Resolution
  2. Ukuran/Berat : 127.7 x 81 x 25 mm/295gr
  3. Jaringan : Triband with 3G (800/1800/1900) + WCDMA (2100)
  4. OS : Microsoft Window Mobile 5.0 for Pocket PC
  5. Processor : Intel 520MHz
  6. Memory : 128MB Flash ROM, 64 MB SDRAM
  7. Camera : 1,3MP
  8. Wireless Connectivity : GPRS, WiFi, Bluetooth, IrDA
  9. Ringtone : polyphonic + wav + wma + mp3
  10. Expansion Slote : SDIO + MM
  11. Standby Time : 220-260 hrs
  12. Talktime : QWERTY Keyboard, rotatable screen, automatic screen orientation

Ini salah satu gadget yang paling saya cinta dari semua hp yang pernah saya punya. Bukan karena harganya yang waktu itu masih selangit, tapi emang ini gadget keren punya. Saya siy dapatnya karena dikasih hubby sebagai hadiah ultah… 🙂 **klo untuk beli, masih mikir kali ya…mahalll…

dopod-900.jpg

Dari bentuknya dan warnanya, Dopod 900 ini kelihatan bukan di-design untuk kaum hawa, tapi lebih condong ke maskulinitas. Tapi bukankah penampilan tidak menjamin subnotebook ini khusus untuk cowok kan? Banyak kok cewek yang pakai ini, karena fiturnya lengkap.

Beberapa kelebihan yang saya suka :

  • Klo yang hobi video call, design Dopod 900 itu sangat membantu. Cukup diletakkan seperti webcam & tinggal ber-video call.
  • Layarnya bisa diputar 360 derajat (tp ga bs berkali2 putar tentunya), jadi bisa sms-an atau call sesuai selera. **dulu saya paling suka pamer puter-2 layarnya, untung aja ga copot :p
  • Browsing di sini cepet banged, even hanya pake3G. Pernah saya coba bandingkan dengan Nokia seri communicator, duh jauhhh….. **eh bukan ngeledek nokia loh ya. Tapi waktu dibandingkan sama U1000, kalah…kekekekke..
  • Setting kamera-nya 1.3MP, tp ternyata bisa di-set menjadi 2MP. Bisa di-edit juga. Dan hasil cetaknya juga oke kok.
  • Cuka ceting di hp? Di sini enak banged klo mo agile-2an or ber-wmIrc ria.
  • Ukurannya tidak terlalu kecil sehingga bisa dibawa juga untuk kerja. Saya sering menggunakan aplikasi Word-nya untuk menulis hasil workshop, bahkan kalo di jalan suka buat draft untuk blog. Jadi tidak ada hal-hal kecil yang missed.

Kekurangannya juga ada siy :

  • Jangan pernah melakukan setting connection secara manual. Dopod 900 ini sedikit tidak compatible dengan provider telekomunikasi, sehingga ketika di-set manual, lalu kita mulai browsing, ada beberapa situs yang tidak bisa diakses melalui smartphone ini. Even ketika saya waktu itu coba buka tehsusu.com dari dopod 900 melalui alamat ipnya, tetap saja alamat tidak dikenali. Beberapa kali setting connection didelete atau diganti, tapi tetep tidak bisa. Dan ternyata penyelesaiannya gampang sekali. Hard Reset ! Setelah hard reset, lakukan setting wizard dari smartphone, setelah itu semua masalah selesai. **semakin cintalah saya sama dia, secara mau akses apa-2 jadi lancarrrr….
  • Seperti halnya gadget berbasis Windows Mobile, terlalu banyak di-install program, maka akan sering hang lah dia. Jadi suka bolak balik soft reset.
  • Batrenya agak lemot. Cepet banged nge-drop, apalagi klo kita suka maen game, sms-an, foto2an, browsing.
  • Untuk sms-an sambil nyetir susah. Melihat “caller id” juga harus diangkat sedikit, karena di bagian luar tidak ada layar untuk menampilkan message.

Klo soal ukuran yang besar, buat saya sih tidak masalah. Cuma karena belakangan sering hang dan lemot, saya belum sempat bawa ke SisTech untuk di-service. Tapi masih disimpan juga, saking cintanya sama nie gadget 🙂

Berminat sama Dopod 900? Musti rajin hunting…

Sharing is Caring

by

About Zizy Damanik Passionate in travel, photography, and digital content. Drop your email to hello@tehsusu.com to collaborate.

39 thoughts on “review Dopod 900

  1. @novi
    serius masih bagus??
    emang masih ada barang yang garansi??
    trus,, kamera untuk video call nya masih bisa dipake ga?? (paling rawan)

  2. Novi

    Ada yang minat? dopod 900, Belum pernah dipake sama sekali, (layar masih dilaminating) tapi segel udah dibuka, garansi resmi sampai November 2008. Aku kasih 5.5 nego… Zee… salam kenal ya… maap nebeng di sini… 😀

  3. sama merekomendasikan pda phone ini ke kakak saya.
    dulu banget seh,.. dan harganya masih di langit,..
    dia bilang

    “dek, cara nelpnya gimana???”

  4. iya mba,, kmaren dah gitu, tapi ga bisa, trus,, akhirnya tuker perdananya pake XL ajah (tadinya telkomsel),, secara akuw dulu pernah kerja di XL, akuw masih bisa setting manual,, but thanks anyway *sudah memberitahu masuk jalan mana untuk setting nya* hihihihi 😀

  5. Zee

    Bisa coba dari Menu Start – Setting – tab Connection – Connections.
    Klik Add a new modem connection, lalu masukkan nama yg diinginkan, misalnya Satelindogprs. Ntar pilih Cellular Line (GPRS, 3G), lalu klik next dan nexttttttttt terus :D.
    Masukkan informasi yang diminta oleh Connection Wizard, lalu tinggal tekan Finish. Setelah itu harusnya sudah OK. Asal jgn masukkan ip address dll, nanti malah error.
    Klo settingan yg sekarang sdh ada tp masih ada trouble, lakukan Hard Reset dulu, lalu lakukan langkah spt di atas. Semoga berhasil.

  6. wah.. saya kmaren dapet dopod masih mulus,, tapi bingung setting GPRS ma 3G nya.. tau ga gimana caranya?? help me pliss..

    salam knall

    *salaman*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *