Tips Agar Tak Terjebak Penipuan

Spread the love

Baru saja menonton berita kriminal di salah satu stasiun televisi swasta. Kali ini kasus yang jadi perhatian saya adalah mahasiswi UI yang dibunuh dengan motif perampokan. Korban dijebak para pelaku dengan penawaran jadi SPG mobil, lalu oleh para pelaku dibawa berkeliling dengan mobil si korban, dan korban pun dbunuh.

Yang membuat miris adalah para pelaku ini masih muda, usianya juga paling sebaya dengan si korban. Penampilan juga berantakan, gak ada tampang event organizer gitu. Entah darimana mereka bisa punya rencana jahat, merampok dan membunuh. Demi mendapatkan sebuah mobil Jazz yang dikendarai korban. Benar-benar bodoh. Betul-betul amatir. Mungkin mereka pikir menjual mobil hasil rampokan itu gampang. Para mafia penampung barang curian pun tidak sebodoh itu mau menerima dari amatiran yang bakal membuat usaha mereka terbongkar. Dan terbukti kan, kasus-kasus seperti ini selalu cepat dibongkar oleh polisi. Salut untuk pak polisi kita.

Herannya, kenapa si korban bisa membiarkan mobilnya disetiri orang lain yang belum begitu dikenalnya. Maybe itu sudah suratan si cewek, tapi buat cewek-cewek lain ini harus jadi pelajaran.

Mungkin ada sedikit nasihat buat teman-teman terutama cewek-cewek yang ingin mencari job berbau keartisan. Bila tiba-tiba ada yang menawari pekerjaan, jangan langsung girang, tapi coba untuk lebih waspada.

Minta no telp dan alamat kantor yang jelas. Coba kunjungi dahulu kantor tersebut sebelum benar-benar datang memenuhi panggilan. Kalo ada websitenya, coba kunjungi dan lihat testimoni yang ada.

Jangan lupa tanyakan balik, darimana mereka dapat nomor telp Anda.

Bila mereka memberikan no hp, pastikan bahwa nomor tersebut bukan nomor prabayar (no isi ulang). Biarpun sekarang no prabayar sudah di-register, setengahnya itu data palsu loh. Yakin deh. Mau tahu caranya mengetahui itu nomor prabayar ato berlangganan? Coba ke ATM, dan pilih menu untuk membayar tagihan telp. Masukkan nomor hp dimaksud, bila nomor itu benar no berlangganan, maka akan keluar nama pelanggan & jumlah tagihan. Kalopun jlh tgh tdk ada, nama pemilik akan tetap keluar. Lalu tekan saja cancel untuk membatalkan transaksi.

Jangan lupa sharing dengan teman tentang tawaran tersebut. Jadi kalo ada apa-apa, ada orang lain yang mengetahui.

Bila diajak bertemu empat mata di suatu tempat, pastikan tempat itu tempat yang ramai, dan akses transportasinya gampang. Dan tentukan juga waktunya, jangan mau kalo diajak ketemu malam hari.

Bila Anda membawa kendaraan sendiri (misal mobil), jangan biarkan orang lain yang tak dikenal semobil dengan Anda. Biar saja masing-masing jalan sendiri ke tempat dituju. Anda juga harus pastikan sekali lagi untuk menelepon teman Anda untuk memberi tahu tempat tujuan Anda. Kalau perlu minta teman Anda berjumpa di sana.

Yang paling terakhir adalah, percayalah pada insting. Kalo hati bilang ragu, sudah, jangan teruskan. Kan masih bisa dapat rejeki dari tempat lain.

Saya memang tidak berpengalaman melamar sebagai spg (tampang ga mendukung soalnya 😀) tapi mengalami percobaan penipuan pernah & syukurlah karena selalu berhati-hati, so far ga pnh kejadian. Beberapa tips di atas mungkin bisa diterapkan juga untuk jenis penipuan by sms.

Mudah-mudahan kalo semua selalu waspada, kita bisa lolos dari tindakan kejahatan. So, hati-hati ya..

by

About Zizy Damanik Passionate in traveling, photography, and digital content. I have a professional experience as a digital marketer and social media strategist at Telco and OTT. Drop your email to zizydamanik22@gmail.com to collaborate.

30 thoughts on “Tips Agar Tak Terjebak Penipuan

  1. wiiih serem banget…emang semua pekerjaan pasti ada risico-nya, tinggal tergantung dari ke-profesionalan kita aja untuk menghindari hal2 yang ga’ di-inginkan…

  2. saya nggak liat beritanya,
    bis suka nggak suka ma berita2 begituan bikin ngenyes. 🙁
    tapi tips nya keren banget
    berhati-hati mang harus dengan hati.

    polisi kadang2 memang masih bisa diandalkan
    😀

  3. liat beritanya juga yah?
    gw jadi serem makin lama makin banyak aja akal2an orang.
    insting?? well,,keknya gw juga ngandelin itu deh

  4. wah harus makin ekstra hati2 yah kalo diindonesia…bokap juga pernh kecopetan …pdhl masih diparkiran bank…kacau degh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *