10 Alasan Mengapa Belajar Bahasa Inggris Online Worth It Banget!

Kamu mungkin sepakat, apapun resolusi yang dibuat tahun ini tentu banyak melibatkan aktivitas di rumah. Pandemi memberikan banyak sekali pelajaran bahwa banyak hal baru yang bisa yang harus kamu pelajari, contohnya seperti belajar Bahasa Inggris. It’s awesome, right? Bisa lancar berbahasa Inggris layaknya native speaker.

Sayangnya, pandemi masih ada di sekitar kita. Beberapa lembaga kursus Bahasa Inggris tutup dan tak menerima murid baru untuk belajar. Namun, kamu tak perlu risau, kamu tetap bisa belajar Bahasa Inggris online hanya dari rumah. Wait, Bagaimana bisa belajar Bahasa Inggris tanpa kelas tatap muka?

Bukan sesuatu yang sulit untuk dijawab. Saat pandemi, semua orang harus beradaptasi termasuk juga meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris kamu secara online. Belajar secara online maupun offline masing-masing bisa berhasil dengan metode pembelajaran yang tepat, termasuk belajar Bahasa Inggris online. Depends on, how you train yourself.

alasan kursus bahasa inggris online

Pastinya, belajar Bahasa Inggris online akan memberikan kamu banyak benefit. Sepuluh alasan ini mungkin menguatkan kamu untuk belajar Bahasa Inggris online. Apa saja, ya? Simak informasi selengkapnya berikut ini!

1.   Belajar Bisa dari Mana Aja yang Menurut Kamu Paling Nyaman

Salah satu alasan mengapa kursus Bahasa Inggris online itu worth it banget adalah bisa dilakukan di mana saja, termasuk di tempat favorit dan ternyaman buatmu, rumah. Ya, kamu bisa belajar Bahasa Inggris online di sofa atau tempat tidur kamu yang empuk dan nyaman. Semua distraksi juga bisa kamu atasi sendiri, semudah itu.

Dengan tempat belajar yang nyaman tentu akan memberikan mood yang lebih baik. Belajar dalam kondisi mood yang baik akan dengan mempermudah menerima setiap materi yang diajarkan. Hidangkan secangkir teh atau kopi lengkap dengan cemilan di hadapanmu biar suasana belajar semakin asik dan membuatmu lebih rileks.

manfaat kursus bahasa Inggris online

ilustrasi kursus Bahasa Inggris online via pexels.com

Siapkan juga playlist lagu favorit yang siap menemani kamu selama belajar bahasa Inggris online, seru banget ‘kan!

2.    Akses Berbagai Resources secara Bersamaan

Saat kursus Bahasa Inggris online, tentu kamu akan banyak menghabiskan waktu di depan ponsel, tablet, atau laptop. Dengan demikian, memungkinkan kamu untuk mengakses berbagai resources dan tools secara bersamaan.

Sebagai contoh, saat pengajar menyebutkan nama, tempat, ataupun ungkapan yang mungkin terasa asing bagi kamu sebelumnya, kamu bisa menggunakan mesin pencari seperti Google untuk mengetahui informasi tersebut lebih lengkap. Kamu bisa akses gambar, video, atau tulisan yang menjelaskan satu topik secara bersamaan dari berbagai resources atau sumber.

Tidak hanya itu, jika benar-benar tak mengerti kosakata yang diucapkan oleh pengajar, kamu bisa langsung mengakses kamus online untuk mengetahui arti kosa kata, sinonimnya, maupun cara penggunaannya dalam kalimat, memudahkan banget ‘kan!

3.   Meningkatkan Kemampuan Secara Mandiri

Alasan ketiga mengapa belajar Bahasa Inggris online itu berharga banget karena kamu bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris secara mandiri. Dengan demikian kamu tidak hanya terpaku dengan apa yang didapatkan di kelas, tetapi kamu juga bisa meningkatkan kemampuan seperti reading, speaking, listening, dan writing secara mandiri.

  • Meningkatkan Kemampuan Reading

Tingkatkan kemampuan reading kamu dengan banyak membaca artikel berbahasa Inggris di internet. Hal tersebut dapat membantu kamu mendapatkan banyak vocabulary baru yang langsung bisa kamu cari tahu artinya di kamus Bahasa Inggris online. Fleksibilitas seperti ini tentu hanya kamu dapatkan saat ikut kursus Bahasa Inggris online.

Tidak hanya artikel pembelajaran yang bisa kamu baca, kamu juga baca artikel Bahasa Inggris tentang review film misalnya. Seperti artikel dari Variety.com ini yang mengulas film terbaru, Godzilla vs Kong.

  • Meningkatkan Kemampuan Speaking

Untuk meningkatkan kemampuan speaking, tidak harus melalui physical classroom, kok. Kamu juga bisa meningkatkan kemampuan speaking kamu secara mandiri dengan memanfaatkan platform live conference seperti Zoom, Google Meet, atau mungkin Ome TV seperti yang dilakukan YouTuber Fiki Naki.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi messenger seperti WhatsApp untuk mengirim voice note kepada rekan belajar dan jangan lupa untuk saling mengoreksi dan memberi masukan terbaik.

  • Meningkatkan Kemampuan Listening

Bukan perkara rumit juga untuk meningkatkan kemampuan listening. Kamu bisa berlatih secara mandiri dengan banyak mendengarkan lagu, percakapan, atau podcast berbahasa Inggris. Di YouTube terdapat jutaan video berbahasa Inggris yang bisa kamu jadikan media belajar seperti TEDx Talks.

Jika kamu ingin belajar lewat lagu, cobalah dengarkan tanpa subtitle terlebih dahulu, kemudian kamu tulis apa yang kamu dengar dari lirik tersebut. Setelah berkali-kali, barulah kamu gunakan subtitle kemudian cocokkan dengan yang kamu tulis, coba deh!

  • Meningkatkan Kemampuan Writing

Untuk meningkatkan kemampuan writing tentu sangat mudah. Kamu bisa saling berkirim pesan dengan menggunakan Bahasa Inggris. Jika sudah terbiasa, tingkatkan ke level selanjutnya dengan menulis artikel 1-2 halaman. Setelah itu, mintalah pengajar untuk review tulisanmu, kamu akan tahu apa yang perlu ditingkatkan lagi.

Jangan lupa untuk install aplikasi pengoreksi grammar di keyboard dan browser kamu. Aplikasi tersebut memudahkan kamu memilih kata yang tepat dalam kalimat kamu dan tentunya meningkatkan readability tulisanmu.

4.   Ambil Bagian dalam Sesi Interaktif

Alasan selanjutnya kamu dapat ambil bagian dalam sesi pembelajaran interaktif. Biasanya dalam kelas akan diadakan sesi interaktif yang memungkinkan setiap murid untuk berinteraksi satu sama lain melalui percakapan, challenge, atau kuis.

Biasanya, sesi tersebut menjadi salah satu sesi favorit, selain dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, sesi interaktif ini juga membantu meningkatkan kepercayaan diri kamu dalam berkomunikasi dan mengemukakan pendapat dalam Bahasa Inggris. Terlebih jika ada hadiahnya, wah sesi ini jadi paling favorit, deh saat belajar bahasa Inggris online di rumah!

5.   Pencapaian yang Terukur

Salah satu hal paling penting mengapa belajar Bahasa Inggris online itu worth it banget karena pencapaian yang terukur. Dengan mengikuti kursus Bahasa Inggris online, kamu bisa mengetahui seberapa jauh, sih yang telah kamu pelajari, skill apa yang perlu ditingkatkan, dan apa yang perlu diperbaiki. Ketiga hal tersebut hanya kamu dapatkan jika mengikuti kelas Bahasa Inggris online di lembaga kursus.

Jangan sampai, kamu terdistraksi dan cenderung terus menyalahkan diri dan lingkungan sekitar saat belajar kamu tidak produktif karena tidak adanya teman atau pengajar. Pada akhirnya, teman dan pengajar sangat dibutuhkan dalam belajar Bahasa Inggris agar bisa mengukur pencapaian-pencapaian kamu dalam belajar dan menjadi mentor saat ingin menanyakan suatu topik.

6.   Bertemu dengan Orang Baru dan Online Community

Hal ini juga jadi benefit dari kursus Bahasa Inggris online yang sayang banget untuk kamu lewatkan. Dengan mengikuti kelas bahasa inggris online kamu bisa bertemu dengan orang-orang baru di dalam online community.

online community english course

berinteraksi dengan teman di kelas bahasa inggris online via pixabay

Adanya pembatasan sosial selama pandemi memang sedikit berpengaruh terhadap emosional. Manusia yang cenderung suka berinteraksi sosial kini harus melakukan self quarantine saat pandemi. Meskipun percakapan secara online mungkin tak bisa secara utuh menggantikan interaksi tatap muka, namun bergaul dengan orang-orang baru secara virtual menjadi satu  hal yang tidak kalah penting.

Terlebih untuk kamu yang sedang belajar Bahasa Inggris secara online, bergabung dalam online community dan belajar secara berkelompok adalah cara yang bagus untuk memudahkan proses belajar. Di sana kamu bisa saling belajar untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Hal terpenting, saat pandemi seperti sekarang ini kebutuhan kamu untuk berinteraksi sosial tetap terpenuhi meskipun melalui pembelajaran secara online.

7.   Materi Pembelajaran Dapat Diakses Kapanpun

Alasan ketujuh, yang bisa meyakinkan kamu untuk kursus Bahasa Inggris online adalah materi pembelajaran yang diberikan dapat kamu akses selama 24 jam penuh selama 7 hari! Itu artinya, meskipun nanti kamu telah selesai dari kelas Bahasa Inggris, kamu masih bisa mengulang pelajaran secara mandiri.

Dengan materi pembelajaran yang dapat diakses 24 jam penuh, kamu bisa belajar dari mana saja dan kapan saja, meski sedang melakukan pekerjaan lain sekalipun, fleksibel banget ‘kan!

8.   Harga yang Lebih Terjangkau

Sebagian besar kursus Bahasa Inggris online jika dibandingkan dengan kursus konvensional memiliki harga yang relatif lebih terjangkau. Selain berbagai benefit yang telah disebutkan di atas, mendapatkan harga kursus yang lebih terjangkau tentu sangat menyenangkan.

Meskipun terjangkau, bukan berarti hasilnya tidak maksimal. Dengan bantuan pengajar, teman, dan online community yang tadi telah disebutkan, belajar Bahasa Inggris secara online bisa berjalan dengan baik, kok!

Selain harga yang relatif terjangkau, kamu juga bisa menghemat biaya transportasi karena tak perlu berkunjung ke tempat kursus setiap harinya untuk tatap muka. Banyak dana yang bisa kamu save untuk keperluan lain bukan?

9.   Meningkatkan Kedisiplinan Pribadi

Belajar Bahasa Inggris online akan sangat membantu kamu dalam meningkatkan kedisiplinan pribadi. Layaknya belajar bersepeda, belajar Bahasa Inggris memerlukan latihan yang dilakukan secara rutin dan disiplin. Jika berlatih semaunya dan tidak disiplin, sampai kapanpun tidak akan bisa bersepeda dengan lancar. Begitupun dengan kemampuan Bahasa Inggris, kamu perlu melatihnya secara rutin.

Jika kamu sudah bisa disiplin terhadap hal-hal sederhana seperti belajar Bahasa Inggris, tentu kamu akan lebih siap untuk disiplin terhadap hal-hal yang lebih kompleks di kemudian hari.

10. Meningkatkan Technical Skill

Terakhir, mengapa belajar Bahasa Inggris online itu worth it banget, karena bisa membantu kamu meningkatkan technical skill. Dengan belajar Bahasa Inggris online kamu akan terbiasa research informasi secara online dan membantu meningkatkan literasi digital kamu.

Nyatanya, kemampuan ini perlu dilatih. Bagaimana menemukan sumber informasi yang valid dan layak dijadikan referensi mana yang sekira tidak layak dijadikan referensi untuk belajar. Tak hanya itu, semakin banyak tools yang kamu gunakan dalam belajar tentunya semakin meningkatkan kemampuan kamu secara teknis.

Setelah, mengetahui 10 alasan mengapa belajar Bahasa Inggris online worth it banget untuk kamu, sekarang saatnya kamu mulai memilih lembaga kursus untuk belajar Bahasa Inggris online yang recommended untuk kamu pilih. Dan untuk mendukung proses kursus Bahasa Inggris online dari rumah, support juga kelengkapan study dan office essential kamu dengan belanja di Starco.

Panduan Memilih Lembaga Kursus Bahasa Inggris Online

Memang, sih memilih tempat kursus bahasa Inggris online pada akhirnya tergantung dengan kebutuhan kamu. Namun, kamu juga harus bisa memastikan, lembaga kursus Bahasa Inggris yang kamu pilih memiliki metode pembelajaran yang memudahkan siapapun untuk belajar bahasa Inggris.

Biar tidak salah pilih, berikut ini adalah panduan untuk memilih lembaga kursus Bahasa Inggris online, simak informasinya, ya!

1.     Telah Dipercaya Ribuan Orang

Hal pertama yang harus kamu perhatikan saat memilih lembaga kursus bahasa Inggris online adalah lembaga tersebut telah dipercaya oleh ribuan orang. Mengapa demikian? Semakin banyak orang yang telah menggunakan, tentu semakin layak lembaga tersebut untuk kamu pilih.

Selain itu, kamu juga bisa mendengarkan berbagai testimoni untuk lebih meyakinkan. Pastikan juga lembaga tersebut memiliki kantor perwakilan di tempatmu, ya.

2.     Materi Pembelajaran yang Komprehensif

Selanjutnya, kamu juga harus memastikan lembaga kursus Bahasa Inggris yang kamu pilih memiliki materi pembelajaran yang komprehensif. Dengan materi pembelajaran yang komprehensif semakin meyakinkan kamu bahwa materi yang akan kamu pelajari lengkap dan sesuai dengan kebutuhan kamu.

3.     Materi Pembelajaran Bisa Dipelajari oleh Siapapun

Tidak hanya lengkap dan komprehensif, pastikan juga materi pembelajarannya mudah dipelajari oleh setiap kalangan. Bagaimanapun juga, setiap orang butuh belajar Bahasa Inggris jika ingin memiliki peluang lebih baik di masa depannya. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional, bahkan banyak perusahaan besar telah mewajibkan karyawannya untuk bisa berbahasa Inggris.

4.     Memberikan Garansi Waktu

Ini menjadi nilai lebih ketika kamu memilih lembaga kursus Bahasa Inggris online yang memberikan garansi waktu untuk setiap muridnya. Misalnya, dijamin lancar berbicara Bahasa Inggris dalam waktu 3 bulan. Dengan demikian, kamu bisa mengalokasikan waktu yang tepat untuk belajar Bahasa Inggris dan tentunya lebih efisien.

Singkatnya, semakin singkat waktu yang dibutuhkan untuk belajar, semakin banyak hal lain yang bisa kamu pelajari. Akan tetapi, dalam waktu yang singkat itu kamu juga harus tetap terus melatih kemampuanmu di luar waktu kursus, baca lagi tips di atas ya.

5.     Memberikan Harga yang Terjangkau

Poin terakhir ini juga menjadi nilai tambah. Ketika kamu bisa menemukan lembaga kursus Bahasa Inggris online dengan harga yang terjangkau pasti menyenangkan sekali. Kamu bisa tetap belajar tanpa khawatir kantong terkuras. Terlebih di tengah pandemi seperti ini, kamu harus pintar mengatur pengeluaran.

Nah, itulah panduan yang harus kamu perhatikan saat memilih lembaga kursus untuk belajar Bahasa Inggris online. Dari beberapa panduan tersebut, manakah di bawha ini yang bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu yang ingin kursus Bahasa Inggris online?

Ada Rekomen Gak, Belajar Bahasa Inggris Online di Mana?

Engbreaking

Engbreaking menjadi salah satu rekomendasi yang bisa kamu pilih sebagai teman belajar Bahasa Inggris kamu. Dilansir dari webnya, ada lebih dari 167.300 orang bahkan orang awam sekaligus sukses bisa berbahasa Inggris melalui Engbreaking.

Di Engbreaking kamu akan bisa memahami dan berbicara Bahasa Inggris dengan lancar seperti native speaker. Selain itu kamu hanya butuh berlatih 30 menit setiap hari untuk bisa berbicara Bahasa Inggris secara lancar. Pembelajarannya menerapkan 3 (tiga) teknik paling efektif dalam berlatih Bahasa Inggris.

Pertama, Teknik Deep Listening, Teknik ini akan membuat kamu aktif mendengarkan ucapan Bahasa Inggris yang diatur kecepatannya, mulai dari lambat sampai cepat agar kamu memahami pengucapan dan intonasi yang dikatakan oleh native speaker dengan mudah.

Kedua, Teknik Catching Up, kamu akan berlatih mengucapkan setiap kata dengan kecepatan yang diatur. Dengan demikian kamu akan mengerti bagaimana menggunakan intonasi yang tepat di setiap kalimat.

Ketiga, Teknik Rapid Response, Teknik ini akan mengajak kamu berlatih mendengarkan kalimat Bahasa Inggris, lalu memahami dan memberikan respon atau tanggapan secara cepat tanpa harus membuat waktu dan berpikir terlalu lama.

English First

Kemudian, ada pilihan lain yaitu English First. Ini tentu sudah banyak yang kenal karena EF sendiri telah memiliki lebih dari 500 sekolah dan kantor di 53 negara. Sebagai lembara pendidikan swasta terbesar di dunia, lembaga ini juga sangat serius dan intensif menyediakan program untuk dewasa maupun anak-anak. Dan, tentu saja tidak hanya kursus tatap muka, namun EF juga memiliki kursus belajar Bahasa Inggris online.

belajar bahasa Inggris online

ilustrasi belajar bahasa Inggris online via pixabay

Di EF English Centers, kamu akan belajar dengan metode Smart Online, aplikasi pembelajaran Inggris yang kuat, kapan pun dan di mana pun. Kursus Smart Online meliputi empat aspek: reading, writing, listening dan speaking.

EF mengklaim hal-hal berikut ini sebagai kelebihannya dibandingkan lembaga kursus Bahasa Inggris lainya:

  • Hanya guru bersertifikat: penutur asli dan lokal
  • Belajar online dengan guru – pribadi dan dalam kelompok
  • Metode komunikasi modern dan berbagai jenis kelas grup
  • Kelas tatap muka untuk fokus berlatih kemampuan berbahasa
  • Menyusun kursus individual dengan kelas-kelas yang menarik
  • Kelas dengan aktivitas di luar ruangan yang dipimpin oleh guru
  • Bebas memilih kelas kapanpun di salah satu dari 7 sekolah EF di Jakarta dan Surabaya
  • Komunitas siswa internasional disatukan oleh tujuan bersama

Menarik banget ‘kan? Yuk, wujudkan keinginan kamu lancar berbahasa Inggris seperti native speaker! Langsung kunjungi website kedua lembaga pendidikan Bahasa Inggris di atas untuk informasi lebih lanjut.

 

Sharing is Caring
  • 1
    Share