10 Teknik Ini Membantumu Belajar Bahasa Inggris Menjadi Lebih Cepat, Pelajari Yuk!

Spread the love
  • 1
    Share

Bahasa Inggris, rasanya semua sepakat bahwa belajar bahasa itu penting banget! Terlebih di era globalisasi seperti sekarang ini, komunikasi antar negara sepenuhnya menggunakan Bahasa Inggris yang merupakan bahasa Internasional. Ya, Bahasa Inggris menjadi bahasa resmi yang digunakan oleh 400 juta lebih penduduk di muka bumi.

Setiap harinya, berbagai keperluan mulai dari bisnis, ekonomi, sosial, pendidikan, hingga seni dan budaya yang melibatkan lintas negara pasti menggunakan Bahasa Inggris saat berkomunikasi. Tentunya, akan sangat merugi jika sampai detik ini orang masih memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang terbatas.

Bahasa Inggris Bermanfaat di Semua Bidang

Kamu juga pasti sepakat, Bahasa Inggris sangat bermanfaat untuk semua bidang. Untuk penggunaan secara personal dan sehari-hari, Bahasa Inggris memudahkan kamu dalam berbagai hal, mulai dari memudahkan kamu memahami teknologi, hingga up to date terhadap perkembangan zaman.

Untuk bisnis, Bahasa Inggris bukan hanya memudahkan komunikasi kamu dengan rekan yang ada di luar negeri, tetapi juga memungkinkan bisnis kamu berkembang lebih jauh lagi ketika mampu menjamah pasar internasional.

Untukmu yang saat ini sedang mengembangkan karir, menguasai Bahasa Inggris menjadi hal wajib. Bahkan, peningkatan karir kamu salah satunya dipengaruhi oleh kemampuan berbahasa asing, which is Bahasa Inggris.

Jika saat ini kamu masih sekolah atau kuliah, banyak sekali buku-buku bagus yang hanya tersedia dalam versi Bahasa Inggris, akan sangat sayang jika pesan di dalamnya tidak tersampaikan akibat kemampuan Bahasa Inggris yang terbatas.

Belum lagi jika kamu ingin mendapatkan beasiswa ke luar negeri, kemampuan Bahasa Inggris menjadi syarat wajib saat proses seleksi atau rekrutmen. Dengan demikian, Bahasa Inggris memudahkan kamu menggapai kampus impian di luar negeri.

Tak terbatas hanya pada bidang tersebut, kebudayaan dan seni juga sangat terbantu dengan kemampuan Bahasa Inggris. Sebagaimana para musisi Indonesia yang kini sudah berkarir di industri musik internasional.

Agnez Mo, Rich Brian, dan yang tak kalah hebat pianis cilik nan jenius yang masuk nominasi Grammy Award Joey Alexander, adalah sederet musisi tanah air yang sukses berkarir di internasional, salah satu faktor pendukungnya adalah kemampuan Bahasa Inggris.

Dunia akting Indonesia juga mengirimkan aktor-aktor berbakatnya untuk tampil di berbagai film hollywood. Sebut saja Iko Uwais, Yayan Ruhian, dan Joe Taslim, ketiga aktor tersebut sudah membintangi beberapa judul film hollywood. Of course, kemampuan Bahasa Inggris sangat membantu mereka.

Terbaru, berkat penyampaian lagu berbahasa Inggris, grup musik Indonesia Weird Genius berhasil membuat kamu netizen internasional dengan budaya Indonesia berkat single mereka yang berjudul “Lathi”.

Berkat lagu yang telah diputar lebih dari 100 juta kali itu pula, poster Weird Genius yang dikomandoi oleh Reza Arap, Gerald, dan Eka Gustiwana terpampang di Time Square New York, keren banget!

Poster Weird Genius di Time Square New York

Poster Weird Genius di Time Square New York via Instagram @weird.genius

Kamu pasti sudah tahu kan? Tidak hanya musisi, animator Indonesia juga tidak kalah keren karena mampu terlibat dalam berbagai film hollywood. Sebut saja Reynold Tagore yang terlibat dalam pembuatan film The Hobbit dan Mulan, serta Ronny Gani yang terlibat dalam pembuatan film superhero Marvel dan DC seperti Ant Man, Aquaman, dan Avengers: End Game, awesome!

Kesuksesan mereka berkarir internasional tak lepas dari kemampuan menguasai Bahasa Inggris. That’s why Bahasa Inggris menjadi satu hal yang penting banget untuk kamu kuasai! Apapun profesi dan impian yang kamu tuju, dengan kemampuan Bahasa Inggris semakin memudahkan kamu untuk mencapainya.

Sekarang, sudah semakin yakin kan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris kamu! Tidak ada kata terlambat untuk belajar, apalagi belajar dasar Bahasa Inggris. Kapanpun kamu memulai belajar Bahasa Inggris tentunya akan bermanfaat untuk kamu di masa yang akan datang.

Namun, terkadang kesibukan sehari-hari harus diakui menjadi faktor penghambat untuk belajar Bahasa Inggris. Kamu yang saat ini sudah dalam usia produktif bekerja dan berbisnis rasanya waktu semakin sedikit yang tersedia untuk belajar.

Begitupun yang saat ini sedang menempuh pendidikan, tugas dari sekolah atau kampus sudah cukup menyita waktu, sehingga untuk belajar meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris menjadi lebih sulit.

teknik cepat belajar bahasa inggris

Tak perlu khawatir, ada banyak metode dan teknik yang bisa membantu kamu belajar Bahasa Inggris menjadi lebih cepat. Kabar baiknya, teknik ini bisa kamu pelajari dan coba secara mandiri.

Berikut ini adalah 10 Teknik dan Tips yang akan membantu kamu belajar Bahasa Inggris dasar menjadi lebih cepat, check this out!

1.   Baca Apapun yang Ada Di Sekitarmu

Buku, novel, koran, artikel, berita, email, poster, Instagram post, tweet, manual book handphone, jika dalam Bahasa Inggris, bacalah! Tidak hanya baca, sempurnakan juga dengan reading aloud.

Caption: ilustrasi belajar Bahasa Inggris dasar dengan teknik reading aloud via freepik.com

Mengapa demikian? Konten tersebut akan menampilkan beberapa kosakata baru yang bisa kamu pelajari. Dengan membacanya, terlebih reading aloud, akan memperkuat vocabulary tersebut tertanam dalam memori kamu. Dengan begitu, kemampuan Bahasa Inggris kamu bisa berkembang lebih cepat.

2.   Siapkan Catatan Khusus Setiap Menemukan Kosakata Baru

Tidak cukup dengan reading aloud, siapkan juga buku catatan khusus yang kamu gunakan untuk mencatat setiap kosakata baru beserta artinya. Simpelnya, buku tersebut jadi vocab bank buat kamu. Dengan mencatat juga memantik pikiran kamu untuk lebih mengingatnya.

Teknik ini memang terdengar klasik, akan tetapi cukup work! Pasti sulit di awal karena harus membawa buku catatan kemanapun, tetapi kamu bisa menyiasatinya dengan membawa buku catatan yang kecil agar mudah dibawa.

Apakah bisa diganti dengan catatan di ponsel? Sebagian mungkin tidak setuju karena terlalu banyak distraksi jika disimpan di ponsel. Namun kalau kamu sendiri sudah belajar bahasa Inggris online, mungkin mencatat di ponsel justru lebih membantu.

 So, pilih yang menurutmu paling optimal untuk mencatat kosakata baru.

3.   Latihan Berbicara Secara Rutin

Belajar bahasa apapun termasuk Bahasa Inggris salah satu kuncinya adalah pembiasaan. Pembiasaan ini bisa kamu dapatkan dengan berbicara menggunakan Bahasa Inggris kepada teman, guru, atau siapapun, terlebih dengan foreigner.

Kini, kamu sangat terbantu dengan adanya teknologi. Banyak sekali aplikasi live conference yang memungkinkan kamu berkomunikasi dengan foreigner atau native speaker dengan aplikasi tersebut tanpa harus bertemu langsung.

Mulailah dengan conversation atau percakapan dasar seperti menanyakan kabar sehari-hari, hobi, aktivitas, makanan favorit, klub sepak bola favorit, dan lain sebagainya. Poin pentingnya adalah pembiasaan, oleh sebab itu wajib dilakukan secara rutin, ya!

Rentang waktunya bisa kamu sesuaikan, akan sangat optimal jika dilakukan setiap hari meskipun hanya 30 menit saja.

4.   Mendengarkan Podcast YouTube Berbahasa Inggris

Nah, ini salah satu teknik paling asik yang bisa kamu lakukan. Suka stand up comedy? Pengembangan diri? Atau isu-isu menarik lainnya? Mulai sekarang biasakanlah mendengarkan podcast YouTube berbahasa Inggris secara rutin.

belajar bahasa inggris dengan podcast

Kamu bisa mendengarkannya di rumah sambil melakukan berbagai aktivitas. Pada awalnya, mungkin akan terasa sulit, namun kamu harus ingat, cara belajar Bahasa Inggris terbaik adalah dengan pembiasaan.

Perlahan-lahan kamu pelajari isi percakapan dalam podcast tersebut dan catat berbagai kosakata baru yang kamu dengar. Maka, seiring berjalannya waktu kamu akan terbiasa mendengarkan percakapan Bahasa Inggris dari native speaker!

5.   Rajin Membaca Kamus Bahasa Inggris

Teknik ini juga terdengar klasik, namun cukup membantu kamu belajar Bahasa Inggris lebih cepat. Selain memiliki buku catatan yang berisi vocabulary, biasakan juga untuk membaca kamus Bahasa Inggris untuk memahami kosakata baru.

membaca kamus bahasa inggris

Kamu bisa memanfaatkan kamus Bahasa Inggris online untuk membantumu memahami kosakata baru yang masih asing di telinga. Kamu juga bisa belajar bagaimana cara pengucapannya dengan kamus Bahasa Inggris online.

Lalu, jangan lupa catat dan reading aloud sesuai dengan pronounciation yang dicontohkan. Hal tersebut membantumu mengingat kosakata tersebut lebih cepat dibandingkan hanya dilihat dan dibaca sesekali.

6.   Menghadiri Acara dengan Audience yang Berbahasa Inggris

Bila ada seminar atau acara apapun yang menggunakan Bahasa Inggris, hadirilah! Saat mendengar pembicara berkomunikasi dengan Bahasa Inggris, kamu akan dituntut untuk listen carefully dan sigap mencatat kosakata yang terdengar asing. Jadi, setiap ucapan yang selintas didengar wajib kamu perhatikan dengan baik.

Kamu bisa memilih ikut seminar Bahasa Inggris online maupun offline. Jika offline effort yang harus kamu keluarkan memang sedikit lebih banyak, namun hasilnya optimal. Kalaupun online kamu harus memastikan minim dari distraksi dan bisa fokus hingga akhir.

7.   Gabung ke Komunitas Bahasa Inggris

Bergabung dengan komunitas yang anggotanya passionate dengan Bahasa Inggris juga akan membantu kamu belajar Bahasa Inggris dasar lebih cepat. Namun, bergabung saja tidak cukup, kamu harus aktif dan berani membuka diskusi di dalamnya.

Dengan turut aktif dalam diskusi, tentu akan meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris kamu. Tidak hanya itu, kamu juga bakal banyak dapat insight, motivasi, dan inspirasi yang bisa kamu jadikan pelajaran agar lebih semangat belajar Bahasa Inggris.

Biasanya, jika sudah punya teman satu frekuensi momen belajar Bahasa Inggris menjadi sangat seru! Jika kamu dalam kondisi lelah, akan ada teman yang menyemangati untuk tetap semangat belajar dasar Bahasa Inggris tentunya!

gabung dengan komunitas bahasa inggris

8.   Jangan Paksa Diri Ketika Down

Ada masanya, diri mulai lelah berlatih Bahasa Inggris. Dalam kondisi seperti ini kamu perlu beristirahat sejenak dan jangan memaksakan diri. Cobalah, lakukan berbagai cara untuk menghibur diri atau mungkin melihat lagi mimpi-mimpi yang ingin kamu raih dengan kemampuan Bahasa Inggris.

Biasanya hal tersebut akan membantumu kembali semangat dalam belajar Bahasa Inggris.

9.    Ikuti Style Belajar Kamu

Hal ini juga penting banget untuk kamu! Pastikan kamu belajar Bahasa Inggris sesuai dengan style. Coba jawab, apakah kamu termasuk auditory learners, visual learners, atau kinesthetic learners? Ketiga style tersebut memiliki pendekatan belajar yang berbeda. Simak ulasannya berikut ini:

1.    Auditory Learners

Beberapa to do list yang bisa kamu lakukan jika kamu seorang auditory learners adalah sebagai berikut.

  • Mendengarkan apapun yang berbahasa Inggris, baik itu iklan, percakapan, Jadikan listening ini sebagai habit yang dilakukan setiap hari.
  • Mendengarkan musik dan bernyanyi. Kamu juga bisa belajar Bahasa Inggris dari mendengarkan lagu dan bernyanyi
  • Menonton film berbahasa Inggris dengan menggunakan subtitle. Perhatikan percakapan yang terjadi film dan lihat subtitlenya sambil kamu pahami secara perlahan.
  • Gunakan nada atau jingle pada poin-poin pembelajaran yang penting untuk kamu ingat.

2.    Visual Learners

Untuk kamu visual learners, biasanya akan lebih cepat belajar dengan sesuatu yang terlihat atau visual. Kamu bisa melakukan beberapa cara seperti berikut ini:

  • Highlight informasi penting yang telah kamu baca. Memberi warna, kode, atau catatan khusus akan membantu kamu untuk mengingatnya.
  • Visualisasikan kosakata baru yang sulit diingat dengan membuat gambar, ilustrasi, dan lain sebagainya.
  • Membuat vocabulary bank sesuai dengan kategorinya, seperti verb, noun, adjective, dan lain sebagainya. Dengan pencatatan yang rapi dan seperti ini biasanya akan memudahkan visual learners dalam belajar.
  • Setiap menemukan kosakata baru, buat kalimat baru dengan menggunakan kosakata tersebut di bawahnya. Dengan demikian kamu bisa memahami juga cara penggunaan kata tersebut.
  • Saat membaca artikel berbahasa Inggris, coba pahami secara utuh keseluruhan isi artikel lalu fokuslah kepada poin per poin.
  • Tonton video tutorial pembelajaran Bahasa Inggris yang divisualisasikan dengan motion graphic, chart, formula, images, etc) untuk mempelajari grammar. Dengan demikian belajar grammar menjadi lebih menyenangkan untuk visual learners.

3.    Kinesthetics Learners

Untuk tipe kinesthetics learners, kamu bisa melakukan teknik seperti berikut ini:

  • Membuat flashcards, tapi tidak dengan bantuan komputer. Buatlah secara manual dengan tanganmu sendiri agar lebih melekat di memori.
  • Bermain games Bahasa Inggris, kamu bisa bermain games untuk mempelajari grammar agar lebih menarik. Ajak teman belajarmu agar permainan menjadi lebih seru!
  • Memahami sebuah kalimat atau kosakata baru dengan gerakan tubuh. Dengan demikian kamu akan lebih mudah memahami cara penggunaannya.

10. Pilih Teknik yang Paling Efektif untuk Berlatih Bahasa Inggris

Terakhir, gunakan teknik yang paling efektif dalam belajar Bahasa Inggris. Jangan sampai effort yang sudah kamu keluarkan cukup besar namun tidak terlalu berdampak terhadap kemampuan Bahasa Inggris kamu.

Eng Breaking memiliki 3 teknik paling efektif untuk berlatih Bahasa Inggris yang bisa kamu lakukan secara mandiri di rumah.

1.    Teknik Deep Listening

Teknik ini membuat kamu aktif mendengarkan berbagai ucapan Bahasa Inggris yang diatur kecepatannya dari lambat ke cepat. Hal ini agar kamu memahami pengucapan dan intonasi dengan cepat serta memahami dengan mudah apa yang diucapkan oleh native speaker.

2.    Teknik Catching Up

Teknik ini untuk membantu kamu berlatih mengucapkan setiap kata dengan kecepatan yang diatur dari lambat ke cepat dengan benar. Selain itu, kamu juga berlatih menggunakan intonasi yang tepat di setiap kalimat.

3.    Teknik Rapid Response

Pada teknik ini, kamu akan berlatih untuk mendengarkan kalimat Bahasa Inggris, lalu memahami dan memberikan respons secara cepat tanpa harus membuang waktu untuk berpikir terlalu lama.

Well, itulah 10 teknik yang bisa membantu kamu untuk belajar Bahasa Inggris dasar lebih cepat. Teknik tersebut dapat kamu lakukan secara mandiri di rumah dan pastikan berlatih setiap hari, ya!

Lengkapi juga latihan kamu di rumah dengan materi pembelajaran yang komprehensif dari lembaga kursus yang sudah kamu ikuti. Bila kamu masih bingung memilih lembaga kursus Bahasa Inggris, khususynya kursus Bahasa Inggris online, kamu bisa baca di postingan sebelumnya: 10 Alasan Mengapa Belajar Bahasa Inggris Online Worth It Banget! Di situ, ada EF English Centers atau EngBreak yang mungkin saja bisa jadi rekomendasi kamu.

Semoga bermanfaat, dan tetap semangat belajar Bahasa Inggris!