Ada Apa Saja di Seaworld Ancol

Kali ini saya mau sharing tentang satu tempat yang jadi tempat terfavorit Vay, yang kalau sudah masuk liburan sekolah pasti ngajaknya ke tempat ini. Apalagi kalau bukan Seaworld Indonesia, di Ancol. Memang sebagian orang Jakarta pasti sudah tahu bahwa Ancol punya banyak wahana menarik untuk dikunjungi bersama keluarga, dan Seaworld adalah salah satunya.

Tapi sebenarnya ada apa saja sih di dalam, yang bikin saya Vay selalu betah ke sini? Simak yuk!

Koleksi Satwa Lautnya Buanyaaak!

Memiliki luas area kurang lebih 3 hektar, Seaworld memiliki koleksi puluhan ribu satwa air (baik satwa air laut maupun air tawar). Di dalam Seaworld, koleksi ini berada dalam akuarium-akuarium besar sesuai zonanya masing-masing. Sebut saja zona ubur-ubur, lalu zona hiu yang besar sekali, berisi berbagai jenis hiu. Salah satunya adalah hammer shark, favoritnya Vay.

Akuarium Utama

Ini adalah akuarium favorit pengunjung. Kalau saya sudah ke sini, saya memilih untuk duduk di tangga di depan akuarium utama, sambil membiarkan Vay keliling sendiri melihat-lihat ikan. Akuarium ini menampung lima juta liter air laut, dan ada puluhan ribu ikan laut di dalamnya. Akuarium utama ini merupakan akuarium air laut terbesar di Asia Tenggara lho.

Nah kenapa akuarium utama ini jadi favorit? Karena di sinilah tempat aktivitas utama Feeding Show dilakukan. Melihat ikan-ikan disuapi makanan oleh para penyelam Seaworld memiliki keseruan tersendiri. Sebenarnya feeding show juga ada di kolam lain, tapi tetap tak semenarik atraksi akuarium utama ini.

Bukan itu saja. Bagi yang punya sertifikat menyelam bisa fun dive di sini dengan membayar Rp500.000. Dulu ayahnya Vay saat baru dapat sertifikat pertamanya juga pernah latihan buoyancy di sini, saat itu Vay masih berusia dua tahun. Kalau lihat kolamnya sepertinya tidak seleluasa di laut karena di dalamnya ada banyak terumbu karang dan ikannya juga banyak ya, jadi diver pun harus ekstra hati-hati menyelam di dalam.

Sekarang ayahnya Vay sudah jadi instrukturnya instruktur, spesialis sidemount instructor, kalau ke laut mungkin tuh ikan-ikan di laut langsung negor, “Hai Bro,” karena ketemu teman lama.

Punya Museum

Seaworld juga dilengkapi dengan ragam fasilitas edukasi. Selain library kecil, juga ada museum berisi koleksi hewan laut yang diawetkan. Contohnya di sini kita bisa lihat jasad ikan yang hidup di laut dalam, juga jasad ikan pari raksasa.

Ada Koleksi Ikan Air Tawar

Kemarin kan sempat ada berita tuh ikan ariapama yang dilepas seorang kolektor ke sungai, namun kemudian ikan buas itu ditangkap lagi karena ikan ini adalah pemangsa sesama? Nah kalau penasaran seperti apa ikannya, bisa lihat di Seaworld Ancol. Ikan piranha pun ada di sini.

Antasena Tunnel Aquarium

Ini dia terowongan kaca dengan panjang 80 meter yang selalu padat merayap kalau sedang peak season. Ini wahana paling menyenangkan buat anak-anak karena bisa menyaksikan satwa laut berenang tepat di atas kepala, juga bisa menyaksikan diver yang lagi menyelam. Vay suka berulang kali masuk keluar tunnel ini sementara maminya menunggu di depan akuarium utama. Di setiap-tiap sisi terowongan ada papan informasi agar pengunjung bisa mencari tahu tentang jenis satwa yang sedang dilihat.

Touch Pool

Kolam kecil terbuka berisi ragam ikan kecil dan bintang laut ini juga salah satu wahana yang diminati pengunjung terutama anak-anak kalau ke Seaworld. Boleh lho menyentuh satwa-satwa ini, tapi tentu saja harus mengikuti aturan yang ditetapkan. Sering gak tega gitu kalau lihat ada pengunjung yang mengangkat bintang laut tinggi-tinggi padahal sudah ditulis jangan diangkat atau dikeluarkan. Kalau lagi sepi, Vay mau ke sini, tapi hanya untuk melihat, tidak mau pegang. Dia sadar bahwa tidak seharusnya tangan manusia menyentuh hewan laut, jadi sebisa mungkin dia tak mau menyentuhnya.

Jellyfish

Akuarium ubur-ubur termasuk yang terbaru di Seaworld. Melihat ubur-ubur naik turun mengembang mengempis begitu rasanya tak pernah bosan. Dengan latar lampu warna-warni, berfoto di sini jadinya keren juga. πŸ™‚

Merchandise Store & Restoran

Setiap kali ke Seaworld, pasti deh ada yang dibeli Vay dari merchandise store ini. Tapi saya biasa membelikan yang pasti bisa digunakan, contohnya pensil, topi, atau boneka yang bisa dijadikan bantal, yaitu boneka ikan pari.

Kalau sudah lapar, tinggal lanjut makan di area restoran, ada beberapa stand dengan pilihan menu sesuai selera. Tapi kalau sedang ramai pengunjung, harus sabar menunggu ya.

Nah itu dia isi dari Seaworld Ancol, yang bisa jadi salah satu tempat pilihan pembaca untuk liburan singkat saat weekend. Untuk HTM Rp120.000 per-orang. Tapi Ancol juga suka menjual bundling tiket, misalnya tiket Seaworld bundling tiket Dufan, atau bundling tiket Ocean Dream, jadi pastikan untuk membuat plan yang matang dulu sebelum memutuskan akan mengambil tiket bundling atau single. Kalau saya tidak pernah ambil tiket bundling karena dua alasan. Satu, Vay memang hanya mau main di Seaworld. Kedua, kalau ambil Seaworld dan Ocean Dream pasti ada salah satu aksi yang terlewatkan karena jam atraksinya bentrok. Jadi lebih suka beli single ticket saja.

Tiket bisa dibeli langsung di loket tiket Seaworld Ancol, atau juga via beberapa ecommerce yang suka kasih potongan harga.

Jadi, ayo main ke Seaworld Ancol!

-ZD-

Related Post

Sketsa Wajah di Kawasan Wisata Kota Tua Akhirnya jadi juga kemarin ajak Vay main ke museum. Dia memang sudah bilang sejak lama, kalau dia belum pernah masuk museum, dan pengen tahu museum itu seperti apa. Mumpung kemarin libur, sepulang cooking course di YCA, kita langsung cabut ke Kawasan...
Tersesat di Museum Angkut – #BrikPiknik Setelah menghabiskan waktu sekitar dua jam di Batu Secret Zoo, rombongan kami langsung menuju ke Museum Angkut, tempat wisata lain di Batu yang tersohor. Baruuuu saja meletakkan pantat dan men-charge handphone, bus sudah sampai. Tipe orang Jakarta...
Ayunan dari Surga di β€œThe Lodge MaribayaR... Rencana untuk mengunjungi satu tempat hits di Lembang ini mendadak muncul dua hari sebelum kami mau ke Bandung. Dan, karena kami memang menginap di daerah Lembang, maka yang paling tepat memang menjajal tempat-tempat wisata yang ada di Lembang. Gak t...
Melihat Penyu 70 tahun di Bali Mobil yang membawa kami berbelok ke salah satu penyedia jasa wisata air sekitar jam 10.30 pagi WITA. Begitu keluar dari mobil, panasnya udara langsung menyambar kulit. Tapi bukan Bali ya kalau gak panas, meskipun saat itu juga sedang musim hujan. ...
Menonton Kecak Dance di Uluwatu, Bali Secangkir teh susu: merindukan dua hal yang berbeda dalam saat bersamaan, adalah sesuatu. Lalu bagaimana caranya agar bisa memenuhi kerinduan akan kedua hal itu? Hanya kalian yang bisa menjawabnya. Mengunjungi Bali lagi setelah kepergian yang tera...

by

About Zizy Damanik | Mommy Vay | Digital Marketing Practitioner | A Passionate Traveler and Photographer | Coffee Lovers | Beach Addicted |

8 thoughts on “Ada Apa Saja di Seaworld Ancol

  1. Saya udah lama ga ke seawolrd Ancol, terakhir kayaknya 2014. Mbaca ulasan mba Zy jadi penasaran lagi.
    Vay terlihat menikmati kunjungannya ke tempat ini.

  2. Waaa luas juga ya Seaworld ini. So far saya belum pernah ke sana sih, kemarin itu pas ponakan dateng dan ke sana, saya nggak ikut, haha… Iya mending beli single ticket aja kalau di 1 tempat gini aja udah luas banget. Khawatir energi udah abis pas ke tempat selanjutnya, haha…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.